RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP …………………
Mata Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas / Semester : VIII (Dua) / 1
Materi Pokok : Teks
Cerita Moral/ Fabel
Pertemuan : 2x40 menit
Alokasi Waktu : 1
Pertemuan
A.
KOMPETENSI
INTI
KI
1: Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai,
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI
3: Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang
tampak mata).
KI
4: Mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret(
menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori).
B.
KOMPETENSI
DASAR
·
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
·
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
·
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis
Indikator: Siswa dapat menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
·
Memiliki
perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi
hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
·
Memiliki
perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas
karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna
·
Memiliki
perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam mendebatkan sudut pandang
tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada masyarakat
Indikator: Siswa dapat menghargai, dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
·
Memiliki
perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk
linear
·
Memiliki
perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi
peristiwa jangka pendek
Indikator: Siswa dapat memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait
penomena dan kejadian yang tampak mata).
·
Menyusun
teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita
biografi sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan
maupun tulisan.
Indikator: Siswa dapat mencoba,mengolah, dan menyaji, dalam ranah konkret(
menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori)
C.
MATERI
PEMBELAJARAN
Langkah
menyusun teks cerita moral/fabel
·
Menemukan
bahan untuk menulis cerita moral/fabel
·
dari
berbagai sumber (pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi,
koran majalah, dll.)
·
Mengembangkan
garis besar kerangka/alur cerita moral/fabel
·
Menulis
pembuka cerita moral/fabel (orientasi/ perkenalan tokoh dan peristiwahya)
·
Menghidupkan
tokoh dengan dialog
·
Mengembangkan
latar untuk menghidupkan cerita
·
Menulis
penyelesaian
D.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative
Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan,
Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah
E.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
·
Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali
kegiatan pembelajaran)
·
Melakukan komunikasi tentang
kehadiran siswa
·
Guru Mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik
maupun psikologis.
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang
akan dicapai.
·
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan
tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
|
10 %
|
Inti
|
Mengamati
·
Mengidentifikasi sifat-sifat
baik dan buruk yang berkaitan dengan moral dalam kehidupan sehari-hari
Menanya
·
Menanya cara menyusun cerita
moral dengan memanfaatkan informasi dari lingkungan sekitar
Mengeksplorasikan
·
Menemukan bahan untuk menulis cerita moral/fable dari berbagai sumber
(pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi, koran
majalah, dll.)
·
Mengembangkan garis besar kerangka/alur cerita moral/fabel
·
Menulis pembuka cerita moral/fabel
(orientasi/perkenalan tokoh dan
peristiwahya)
·
Menghidupkan tokoh dengan dialog
·
Mengembangkan latar untuk menghidupkan
cerita
·
Menulis penyelesaian
2.
(individu)
·
Menemukan bahan untuk menulis cerita moral/fabel
·
dari berbagai sumber (pengalaman
pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi, koran majalah, dll.)
·
Mengembangkan garis besar
kerangka/alur cerita moral/fabel
·
Menulis pembuka cerita moral/fabel
·
(orientasi/perkenalan tokoh dan
peristiwahya)
·
Menghidupkan tokoh dengan dialog
·
Mengembangkan latar untuk menghidupkan
cerita
·
Menulis penyelesaian
|
75%
|
Penutup
|
·
Guru bersama-sama dengan peserta didik atau sendiri membuat
rangkuman/simpulan pelajaran,
·
Melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran,
·
Memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar pesrta didik.
|
15 %
|
F.
PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.
Jenis
Tagihan:
· Tugas individu, menyusun teks cerita
moral/fabel
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
Maksimal
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
Lanjut
|
||||
Struktur teks
|
Isi Cerita
|
Penggunaan bahasa
|
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ketangan :
T : Tuntas mencapai nilai (disesuaikan dengan nilai
KKM)
TT :
Tidak Tuntas jika dinilai yang diperoleh kurang dari KKM
R : Remidial
P : Pengayaan
2.
Bentuk
Instrumen:
·
Uji
petik kerja, menyusun teks cerita moral/fabel
·
Format
pengamatan sikap untuk menilai kreativitas dalam menyusun teks cerita
moral/fabel
G.
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VII/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan : Selama proses pembelajaran
Sikap yang diintegrasikan
dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun
Indikator
perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun
1.
BT (belum tampak) jika sama sekali tidak
menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.
MT (mulai tampak) jika sudah menunjukkan
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum
ajeg/konsisten
3.
MB ( mulai berkembang) jika sudah
menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering
dan mulai ajeg/konsisten
4.
MK ( membudaya) jika sudah menunjukkan
usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Bubuhkan
tanda pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No
|
Nama
siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung
jawab
|
santun
|
||||||||||||
|
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
H.
Sumber
Belajar
Kemendikbud.2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan, Jakarta: Pusat Kurikulum dan
Balitbang Kemendikbud.
Bahasa Indonesia Kurikulum 2013,
Bahan Ajar Smart
I.
Media
Pembelajaran
1.
Media
2.
Buku Teks (LKS)
Mengetahui
Kepala Sekolah SMP
(.........................................)
NIP ..................................
|
|
Depok, 14 November 2014
Guru Mapel Bahasa Indonesia
( NURRASUL HABBY, S,Pd)
NIP ..................................
|