Kamis, 20 November 2014

Contoh RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mapel Bahasa Indonesia (revisi) kelas VIII, Kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan          :     SMP …………………
Mata Pelajaran               :     Bahasa Indonesia
Kelas / Semester             :     VIII (Dua) / 1
Materi Pokok                  :     Teks Cerita Moral/ Fabel
Pertemuan                       :     2x40 menit
Alokasi Waktu                :     1 Pertemuan

A.          KOMPETENSI INTI
KI  1:  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :   Menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI  3:   Memahami  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu   pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak  mata).
KI  4:   Mencoba,mengolah,  dan menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)   dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori).

B.           KOMPETENSI DASAR
·         Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya
·         Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis
·         Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis

Indikator: Siswa dapat menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.

·         Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
·         Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Indonesia yang penuh makna
·         Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun dalam mendebatkan sudut pandang tertentu tentang suatu masalah yang terjadi pada masyarakat
Indikator: Siswa dapat menghargai, dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli(toleransi,gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
·         Memiliki perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear
·         Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon secara pribadi peristiwa jangka pendek
Indikator: Siswa dapat memahami  pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang  ilmu   pengetahuan,teknologi, seni budaya terkait penomena dan kejadian yang tampak  mata).
·         Menyusun teks cerita moral/fabel, ulasan, diskusi, cerita prosedur, dan cerita biografi  sesuai dengan karakteristik teks  yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
Indikator: Siswa dapat mencoba,mengolah,  dan menyaji, dalam ranah konkret( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)   dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan  sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori)

C.          MATERI PEMBELAJARAN
Langkah menyusun teks cerita moral/fabel
·         Menemukan bahan untuk menulis  cerita moral/fabel
·         dari berbagai sumber (pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi, koran majalah, dll.)
·         Mengembangkan garis besar kerangka/alur cerita moral/fabel
·         Menulis pembuka cerita moral/fabel (orientasi/ perkenalan tokoh dan peristiwahya)
·         Menghidupkan tokoh dengan dialog
·         Mengembangkan latar untuk menghidupkan cerita
·         Menulis penyelesaian

D.          Metode Pembelajaran
Pendekatan        : Scientific
Strategi               : Cooperative Learning
Teknik                : Example Non Example
Metode               : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

E.           KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
·              Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
·              Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa
·              Guru Mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·              Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai.
·              Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
10 %
Inti
Mengamati
·              Mengidentifikasi sifat-sifat baik dan buruk yang berkaitan dengan moral dalam kehidupan sehari-hari
Menanya
·              Menanya cara menyusun cerita moral dengan memanfaatkan informasi dari lingkungan sekitar
Mengeksplorasikan
  1. (berkelompok)
·              Menemukan bahan untuk menulis  cerita moral/fable dari berbagai sumber (pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi, koran majalah, dll.)
·              Mengembangkan garis besar kerangka/alur cerita moral/fabel
·              Menulis pembuka cerita moral/fabel
 (orientasi/perkenalan tokoh dan peristiwahya)
·              Menghidupkan tokoh dengan dialog
·              Mengembangkan latar untuk menghidupkan cerita
·              Menulis penyelesaian

2.      (individu)
·              Menemukan bahan untuk menulis  cerita moral/fabel
·              dari berbagai sumber (pengalaman pribadi, pengalaman orang lain, berita di televisi, koran majalah, dll.)
·              Mengembangkan garis besar kerangka/alur cerita moral/fabel
·              Menulis pembuka cerita moral/fabel
·               (orientasi/perkenalan tokoh dan peristiwahya)
·              Menghidupkan tokoh dengan dialog
·              Mengembangkan latar untuk menghidupkan cerita
·              Menulis penyelesaian
75%
Penutup
·              Guru bersama-sama dengan peserta didik atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran,
·              Melakukan penilaian dan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram,
·              Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran,
·              Memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar pesrta didik.
15 %




F.           PENILAIAN Proses dan Hasil Belajar
1.      Jenis Tagihan:
·      Tugas individu, menyusun teks cerita moral/fabel
No.
Nama
Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Maksimal
Nilai
Ketuntasan
Tindak
Lanjut
Struktur teks
Isi Cerita
Penggunaan bahasa

T
TT
R
P













































Ketangan :
T              : Tuntas mencapai nilai (disesuaikan dengan nilai KKM)
TT            : Tidak Tuntas jika dinilai yang diperoleh kurang dari KKM
R              : Remidial
P              : Pengayaan
2.      Bentuk Instrumen:
·         Uji petik kerja, menyusun teks cerita moral/fabel
·         Format pengamatan sikap untuk menilai kreativitas dalam menyusun teks cerita moral/fabel
G.          LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester        : VII/1
Tahun Pelajaran        : 2013/2014
Waktu Pengamatan  : Selama proses pembelajaran

Sikap yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun
1.      BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.      MT (mulai tampak) jika sudah menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.      MB ( mulai berkembang) jika sudah menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.      MK ( membudaya) jika sudah menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus dan  ajeg/konsisten




Bubuhkan tanda pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan
No
Nama siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
santun


BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
1

















2

















3

















4

















5


















H.          Sumber Belajar
Kemendikbud.2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Balitbang Kemendikbud.
Bahasa Indonesia Kurikulum 2013,  Bahan Ajar Smart
I.             Media Pembelajaran
1.      Media
2.      Buku Teks (LKS)


Mengetahui
Kepala Sekolah SMP



(.........................................)
NIP ..................................

Depok,     14 November 2014
Guru Mapel Bahasa Indonesia



( NURRASUL HABBY, S,Pd)
NIP ..................................