Minggu, 21 Juli 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SENI BUDAYA SMK KELAS XI SEMESTER 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran         : Seni Rupa
Kelas/Semester        : XI/1
Standar Kompetensi: 1.  Mengapresiasi karya seni kriya

Kompetensi Dasar   :
1.1.  Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
      1.2.  Menampilkan sikap aprsiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni  kriya di wilayah Nusantara

Indikator                     :

1.    Menjelaskan  kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
2.    Mendeskripsikan  dan menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya
3.    Mampu mengapresiasi karya seni kriya Nusantara
4.    Mendeskripsikan teknik membuat karya seni kriya Nusantara

Alokasi Waktu          :  Tiap materi masing-masing 1 x 45 menit

A.   Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
  • Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
  • Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya

B.   Materi Pembelajaran
·         Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
·         Teknik membuat karya seni kriya di wilayah Nusantara

C. Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni kriya yang memiliki khas Nusantara.
2.    Guru meminta siswa berdiskusi tentang kecenderungan gagasan yang kira-kira melatarbelakangi penciptaan karya itu. 
3.    Siswa mencari informasi di internet tentang proses penciptaan/pembuatan karya seni tersebut.
4.    Siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu.
5.    Siswa mempelajari teknik pembuatan karya seni tersebut dengan meniru membuat karya tersebut.
6.    Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya tersebut dalam beberapa kalimat ringkas. 
7.    Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni kriya khas Nusantara.

C.   Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI - ESIS
·         Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI – ESIS
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

D.   Contoh Penilaian
Format Penilaian


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan



Kemampuan siswa  mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu



Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut



Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas



Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan



Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1



Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                  Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran         : Seni Rupa
Kelas/Semester        : XI/1
Standar Kompetensi: 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni kriya

Kompetensi Dasar   :
o   Merancang karya seni kriya dengan memanfatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
o   Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara
o   Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah
o   Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran  di kelas atau di sekolah 

Indikator                     :

·         Mampu menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya Nusantara dan merancangnya
·         Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya  dengan kandungan unsur corak seni Nusantara
·         Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan teknik yang telah dirancang
·         Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan corak yang telah direncanakan
·         Menyiapkan karya seni rkriya untuk dipamerkan
·         Mengatur dan menata karya seni kriya dalam pameran

Alokasi Waktu          : tiap materi masing-masing 1 x 45 menit

Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
  • Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
  • Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya

Materi Pembelajaran
·         Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
·         Teknik membuat karya seni kriya di wilayah Nusantara

Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.    Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni kriya yang memiliki khas Nusantara.
2.    Guru meminta siswa berdiskusi tentang kecenderungan gagasan yang kira-kira melatarbelakangi penciptaan karya itu. 
3.    Siswa mencari informasi di internet tentang proses penciptaan/pembuatan karya seni tersebut.
4.    Siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu.
5.    Siswa mempelajari teknik pembuatan karya seni tersebut dengan meniru membuat karya tersebut.
6.    Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya tersebut dalam beberapa kalimat ringkas. 
7.    Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni kriya khas Nusantara.

Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI - ESIS
·         Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI – ESIS
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

Contoh Penilaian
Format Penilaian


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan



Kemampuan siswa  mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu



Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut



Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas



Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan



Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1



Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                  Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................






















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran         : Seni Musik
Kelas/Semester        : XI/1
Standar Kompetensi: 2.  Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni musik
Alokasi Waktu          : 32 x 45 menit

Kompetensi Dasar   :
2.1.        Memainkan musik

Indikator         :
·         Musik dimainkan dengan mengggunakan vokal dan alat yang ada disekitarnya secara individual maupun kelompok.
·         Musik dimainkan dengan menggunakan prinsip kebersamaan dan sikap saling menghormati antar pemainnya.
·         Musik dimainkan dengan penghayatan sesuai dengan makna yang terdapat pada syair lagu.

Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk: memainkan musik

Materi Pembelajaran
o   Praktek bermain musik/vokal:
1.    Individual
2.    Kelompok (unisono, paduan suara)

Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
·         Mendengarkan lagu yang baru populer atau lagu-lagu standar yang dikenal siswa dalam berbagai jenis irama (pop, rock, dangdut, jazz, dll.).
·         Menirukan lagu dengan minus one atau diiringi dengan alat musik secara individu atau kelompok.
·         Menyanyikan lagu yang sudah diaransemen secara sederhana dalam bentuk paduan suara atau vocal group
·         Menganalisis harmonisasi yang terdapat pada melodi maupun iringan
·         Menjelaskan teknik sederhana dan mudah dalam menyanyi atau bermain musik yang dikuasai siswa.
·         Memainkan musik/menyanyi secara individu atau kelompok dengan mempertimbangkan ekspresi (penghayatan) sesuai makna lagu yang terdapat pada syair.

Sumber Belajar
·         Banu, Pono. (1994), Kamus Musik, Kanisius, Yogyakarta.
·         Mack, Dieter. (1995), Sejarah Musik, PML, Yogyakarta.
·         Rekaman musik audio/audio visual : Klasik, Modern.
·         Rekaman musik: hiburan, bisnis, dan amal.
·         Koran, majalah, media elektronik, dll
·         Contoh beberapa hasil aransemen musik

Contoh Penilaian
Format Penilaian


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan



Kemampuan siswa  mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu



Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut



Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas



Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan



Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1



Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                  Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran         : Seni Tari
Kelas/Semester        : XI/1
Standar Kompetensi: 2.  Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni tari
Alokasi Waktu          : 32 x 45 menit

Kompetensi Dasar   :
2.1 Mengidentifikasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok
Indikator         :
·         Gagasan tari dijelaskan berdasarkan konsep garapan
·         Gagasan dieksplorasi ke dalam bentuk kraesi tari tunggal, berpasangan atau kelompok.
·         Kreasi tari tunggal, berpasangan atau kelompok ditampilkan dengan penghayatan

Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk : mengidentifikasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/kelompok

Materi Pembelajaran
·         Gagasan tari.
·         Koreografi.
·         Pergelaran tari.

Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
·         Menjelaskan gagasan (tema) tari:
  Cerita rakyak
  Kehidupan sehari hari
  Dongeng
  Legenda
·         Naskah tari
  Sinopsis
  Skenario
·         Menemukan gagasan dasar tari
·         Mengeksplorasi gerak
·         Menyusun gerak
 Ruang
 Waktu
 Tenaga
·         Menyusun pola lantai
·         Menyusun karya tari tunggal, berpasangan atau kelompok sederhana
·         Mempergelarkan karya tari tunggal, berpasangan atau kelompok secara sederhana di sekolah.

Sumber Belajar
·         Buku koreografi
·         Buku cerita rakyat
·         Buku komposisi tari

Contoh Penilaian
Format Penilaian


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan



Kemampuan siswa  mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu



Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut



Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas



Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan



Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1



Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                  Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah         :
Mata Pelajaran         : Seni Teater
Kelas/Semester        : XI/1
Standar Kompetensi: 2.  Mengekspresikan diri berkaitan dengan seni teater
Alokasi Waktu          : 32 x 45 menit

Kompetensi Dasar   :
2.1     Merancang persiapan pergelaran teater.
Indikator         :
·         Unsur-unsur pergelaran teater dijelaskan sesuai bidang dan fungsinya.
·         Pergelaran teater dirancang berdasar kerja  dan fungsi bidang dalam manajemen pergelaran (produksi) teater
·         Rancangan pergelaran teater dilaksanakan dengan mematuhi prinsip kerja bidang dalam manajemen pergelaran (produksi) teater

Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk : merancang persiapan pergelaran teater .

Materi Pembelajaran
Manajemen Pergelaran (Produksi) Teater
·         Bidang Produksi
·         Bidang Artistik.
Perancangan produksi/pergelaran Teater.
·         Bidang Produksi.
·         Bidang Artistik.
Praktek manajemen pergelaran (produksi) teater

Metode Pembelajaran
Pendekatan life skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
·     Menjelaskan manajemen (produksi) pergelaran teater
·     Menjelaskan fungsi manajemen (produksi) pergelaran teater
·     Menjelaskan bagian/bidang dalam manajemen (produksi) pergelaran teater yang terdiri dari bidang produksi dan bidang artistik
·     Menjelaskan bagian dan fungsi bagian dalam bidang produksi yang terdiri dari;
o Ketua produksi
o Sekretaris
o Bendahara
o Sie. Dokumentasi
o Sie. Publikasi
o Sie. Perlengkapan, dll.
·     Menjelaskan bagian dan fungsi bagian dalam bidang artistik;
o Sutradara
o Pemain
o Penata musik
o Penata busana
o Penata rias
o Penata panggung
o Penata cahaya
o Penata suara
·     Menjelaskan metode perancangan pergelaran (produksi) teater sesuai kebutuhan/event
·     Menentukan lakon/cerita yang akan dipergelarkan
·     Membagi tugas ke dalam bidang produksi dan artistik
·     Menentukan tugas dan peran sesuai bagian dalam bidang organisasi pergelaran
·     Membuat rancangan produksi pergelaran sesuai dengan tugas dan peran bagian yang telah ditentukan
·    Mencobakan rancangan yang telah dibuat sesuai dengan peran dan tugasnya masing-masing:
o Bidang produksi: bekerja sesuai dengan tugas yang telah diberikan (ketua produksi, sekretaris, bendahara, sie. Dokumentasi, dll)
o Bidang artistik:
bekerja untuk merancang dan mencobakan rancangan tata artistik (tata panggung, busana, rias, cahaya, suara, dan musik ilustrasi)
o Bidang artistik khusus pemain dan sutradra:
melaksanakan latihan improvisasi sesuai dengan tokoh dalam cerita yang akan dimainkan (gerak, ekspresi, dialog, pesan moral, penghayatan).
·      Mempergelarkan teater secara sederhana berdasar racangan yang telah dibuat di depan kelas dengan mematuhi prinsip kerja bidang dalam manajemen pergerlaran (produksi) teater

Sumber Belajar
·         Buku Manajemen Produksi Teater
·         Buku Tata Teknik Pentas (Pramana Padmodarmaya)
·         Rancangan produksi
·         Naskah/lakon teater







Contoh Penilaian
Format Penilaian


Aspek yang dinilai
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Keragaman data kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan



Kemampuan siswa  mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu



Kemampuan siswa membuat karya serupa dengan karya seni tersebut



Kemampuan siswa merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas



Laporan disusun secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan



Laporan ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar



Jumlah Nilai




Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1



Mengetahui,                                                                         ........., ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                  Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar