RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/1
Standar
Kompetensi: 1. Mengapresiasi karya seni
kriya
Kompetensi Dasar :
1.1.
Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah
Nusantara
1.2. Menampilkan sikap aprsiatif terhadap keunikan
gagasan dan teknik dalam karya seni
kriya di wilayah Nusantara
Indikator :
1.
Menjelaskan
kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya
di Nusantara
2.
Mendeskripsikan
dan menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya
3.
Mampu mengapresiasi karya seni kriya Nusantara
4.
Mendeskripsikan teknik membuat karya seni kriya
Nusantara
Alokasi Waktu : Tiap materi masing-masing 1 x 45 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
- Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
- Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya
B.
Materi Pembelajaran
·
Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
·
Teknik membuat karya seni kriya di wilayah
Nusantara
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan life
skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni
kriya yang memiliki khas Nusantara.
2. Guru meminta siswa berdiskusi tentang kecenderungan gagasan yang
kira-kira melatarbelakangi penciptaan karya itu.
3. Siswa mencari informasi di internet tentang proses penciptaan/pembuatan
karya seni tersebut.
4. Siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk
membuat karya seni semacam itu.
5. Siswa mempelajari teknik pembuatan karya seni tersebut dengan meniru
membuat karya tersebut.
6. Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya
tersebut dalam beberapa kalimat ringkas.
7. Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni
kriya khas Nusantara.
C.
Sumber Belajar
·
Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·
Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI -
ESIS
·
Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI
– ESIS
·
Peta konsep
·
OHP
·
Buku-buku penunjang yang relevan
·
Internet
D.
Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Keragaman data
kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan
|
|
|
|
Kemampuan
siswa mengidentifikasi dan menyiapkan
bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu
|
|
|
|
Kemampuan siswa
membuat karya serupa dengan karya seni tersebut
|
|
|
|
Kemampuan siswa
merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas
|
|
|
|
Laporan disusun
secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan
|
|
|
|
Laporan ditulis
dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|
|
|
Jumlah
Nilai
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
:
Kriteria
Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, .........,
………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Rupa
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi: 2. Mengekspresikan diri melalui
karya seni kriya
Kompetensi Dasar :
o Merancang karya seni kriya dengan memanfatkan teknik dan corak di
wilayah Nusantara
o Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah
Nusantara
o Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau
di sekolah
o Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah
Indikator :
·
Mampu menjelaskan teknik membuat suatu karya seni
kriya Nusantara dan merancangnya
·
Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya dengan kandungan unsur corak seni Nusantara
·
Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan
teknik yang telah dirancang
·
Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan
corak yang telah direncanakan
·
Menyiapkan karya seni rkriya untuk dipamerkan
·
Mengatur dan menata karya seni kriya dalam pameran
Alokasi Waktu : tiap materi masing-masing 1 x 45
menit
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
- Mencari definisi dan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
- Mempelajari teknik membuat berbagai karya seni kriya
Materi Pembelajaran
·
Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
·
Teknik membuat karya seni kriya di wilayah
Nusantara
Metode Pembelajaran
Pendekatan life
skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Guru membuka kegiatan belajar dengan menunjukkan sebuah hasil karya seni
kriya yang memiliki khas Nusantara.
2. Guru meminta siswa berdiskusi tentang kecenderungan gagasan yang
kira-kira melatarbelakangi penciptaan karya itu.
3. Siswa mencari informasi di internet tentang proses penciptaan/pembuatan
karya seni tersebut.
4. Siswa mengidentifikasi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk
membuat karya seni semacam itu.
5. Siswa mempelajari teknik pembuatan karya seni tersebut dengan meniru
membuat karya tersebut.
6. Siswa mencatat serta membuat deskripsi bahan dan cara membuat karya
tersebut dalam beberapa kalimat ringkas.
7. Siswa dan guru menyimpulkan gagasan dan teknik membuat suatu karya seni
kriya khas Nusantara.
Sumber Belajar
·
Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·
Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI -
ESIS
·
Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas XI
– ESIS
·
Peta konsep
·
OHP
·
Buku-buku penunjang yang relevan
·
Internet
Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Keragaman data
kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan
|
|
|
|
Kemampuan
siswa mengidentifikasi dan menyiapkan
bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu
|
|
|
|
Kemampuan siswa
membuat karya serupa dengan karya seni tersebut
|
|
|
|
Kemampuan siswa
merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas
|
|
|
|
Laporan disusun
secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan
|
|
|
|
Laporan ditulis
dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|
|
|
Jumlah
Nilai
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
:
Kriteria
Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, .........,
………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Musik
Kelas/Semester : XI/1
Standar Kompetensi:
2. Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni musik
Alokasi Waktu :
32 x 45 menit
Kompetensi Dasar :
2.1.
Memainkan
musik
Indikator :
·
Musik
dimainkan dengan mengggunakan vokal dan alat yang ada disekitarnya secara
individual maupun kelompok.
·
Musik
dimainkan dengan menggunakan prinsip kebersamaan dan sikap saling menghormati
antar pemainnya.
·
Musik
dimainkan dengan penghayatan sesuai dengan makna yang terdapat pada syair lagu.
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk: memainkan musik
Materi Pembelajaran
o
Praktek
bermain musik/vokal:
1.
Individual
2. Kelompok (unisono, paduan suara)
Metode Pembelajaran
Pendekatan life
skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
·
Mendengarkan
lagu yang baru populer atau lagu-lagu standar yang dikenal siswa dalam berbagai
jenis irama (pop, rock, dangdut, jazz, dll.).
·
Menirukan
lagu dengan minus one atau diiringi
dengan alat musik secara individu atau kelompok.
·
Menyanyikan
lagu yang sudah diaransemen secara sederhana dalam bentuk paduan suara atau vocal group
·
Menganalisis
harmonisasi yang terdapat pada melodi maupun iringan
·
Menjelaskan
teknik sederhana dan mudah dalam menyanyi atau bermain musik yang dikuasai
siswa.
·
Memainkan
musik/menyanyi secara individu atau kelompok dengan mempertimbangkan ekspresi
(penghayatan) sesuai makna lagu yang terdapat pada syair.
Sumber Belajar
·
Banu, Pono.
(1994), Kamus Musik, Kanisius,
Yogyakarta.
·
Mack,
Dieter. (1995), Sejarah Musik, PML,
Yogyakarta.
·
Rekaman
musik audio/audio visual : Klasik, Modern.
·
Rekaman musik:
hiburan, bisnis, dan amal.
·
Koran,
majalah, media elektronik, dll
·
Contoh
beberapa hasil aransemen musik
Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Keragaman data
kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan
|
|
|
|
Kemampuan
siswa mengidentifikasi dan menyiapkan
bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu
|
|
|
|
Kemampuan siswa
membuat karya serupa dengan karya seni tersebut
|
|
|
|
Kemampuan siswa
merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas
|
|
|
|
Laporan disusun
secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan
|
|
|
|
Laporan ditulis
dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|
|
|
Jumlah
Nilai
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
:
Kriteria
Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, .........,
………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Tari
Kelas/Semester : XI/1
Standar
Kompetensi: 2. Mengekspresikan diri berkaitan dengan karya seni tari
Alokasi Waktu :
32 x 45 menit
Kompetensi Dasar :
2.1 Mengidentifikasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi dalam bentuk
tari tunggal atau berpasangan/kelompok
Indikator :
·
Gagasan tari
dijelaskan berdasarkan konsep garapan
·
Gagasan
dieksplorasi ke dalam bentuk kraesi tari tunggal, berpasangan atau kelompok.
·
Kreasi tari
tunggal, berpasangan atau kelompok ditampilkan dengan penghayatan
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk : mengidentifikasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi dalam bentuk
tari tunggal atau berpasangan/kelompok
Materi Pembelajaran
·
Gagasan tari.
·
Koreografi.
·
Pergelaran
tari.
Metode Pembelajaran
Pendekatan life
skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
·
Menjelaskan
gagasan (tema) tari:
Cerita rakyak
Kehidupan sehari
hari
Dongeng
Legenda
·
Naskah tari
Sinopsis
Skenario
·
Menemukan
gagasan dasar tari
·
Mengeksplorasi
gerak
·
Menyusun
gerak
Ruang
Waktu
Tenaga
·
Menyusun
pola lantai
·
Menyusun
karya tari tunggal, berpasangan atau kelompok sederhana
·
Mempergelarkan
karya tari tunggal, berpasangan atau kelompok secara sederhana di sekolah.
Sumber Belajar
·
Buku
koreografi
·
Buku cerita
rakyat
·
Buku
komposisi tari
Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Keragaman data
kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan
|
|
|
|
Kemampuan
siswa mengidentifikasi dan menyiapkan
bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu
|
|
|
|
Kemampuan siswa
membuat karya serupa dengan karya seni tersebut
|
|
|
|
Kemampuan siswa
merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas
|
|
|
|
Laporan disusun
secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan
|
|
|
|
Laporan ditulis
dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|
|
|
Jumlah
Nilai
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
:
Kriteria
Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, .........,
………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Seni Teater
Kelas/Semester : XI/1
Standar
Kompetensi: 2. Mengekspresikan diri berkaitan dengan seni teater
Alokasi Waktu :
32 x 45 menit
Kompetensi Dasar :
2.1
Merancang
persiapan pergelaran teater.
Indikator :
·
Unsur-unsur
pergelaran teater dijelaskan sesuai bidang dan fungsinya.
·
Pergelaran
teater dirancang berdasar kerja dan
fungsi bidang dalam manajemen pergelaran (produksi) teater
·
Rancangan
pergelaran teater dilaksanakan dengan mematuhi prinsip kerja bidang dalam
manajemen pergelaran (produksi) teater
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk : merancang persiapan pergelaran teater .
Materi Pembelajaran
Manajemen Pergelaran (Produksi) Teater
·
Bidang
Produksi
·
Bidang
Artistik.
Perancangan produksi/pergelaran Teater.
·
Bidang
Produksi.
·
Bidang
Artistik.
Praktek manajemen pergelaran (produksi) teater
Metode Pembelajaran
Pendekatan life
skill, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
·
Menjelaskan
manajemen (produksi) pergelaran teater
·
Menjelaskan
fungsi manajemen (produksi) pergelaran teater
·
Menjelaskan
bagian/bidang dalam manajemen (produksi) pergelaran teater yang terdiri dari
bidang produksi dan bidang artistik
·
Menjelaskan
bagian dan fungsi bagian dalam bidang produksi yang terdiri dari;
o Ketua produksi
o Sekretaris
o Bendahara
o Sie. Dokumentasi
o Sie. Publikasi
o Sie. Perlengkapan, dll.
·
Menjelaskan
bagian dan fungsi bagian dalam bidang artistik;
o Sutradara
o Pemain
o Penata musik
o Penata busana
o Penata rias
o Penata panggung
o Penata cahaya
o Penata suara
·
Menjelaskan
metode perancangan pergelaran (produksi) teater sesuai kebutuhan/event
·
Menentukan
lakon/cerita yang akan dipergelarkan
·
Membagi
tugas ke dalam bidang produksi dan artistik
·
Menentukan
tugas dan peran sesuai bagian dalam bidang organisasi pergelaran
·
Membuat
rancangan produksi pergelaran sesuai dengan tugas dan peran bagian yang telah
ditentukan
· Mencobakan rancangan yang telah dibuat sesuai dengan
peran dan tugasnya masing-masing:
o Bidang produksi: bekerja sesuai dengan tugas yang telah
diberikan (ketua produksi, sekretaris, bendahara, sie. Dokumentasi, dll)
o Bidang artistik:
bekerja untuk merancang dan mencobakan rancangan tata
artistik (tata panggung, busana, rias, cahaya, suara, dan musik ilustrasi)
o Bidang artistik khusus pemain dan sutradra:
melaksanakan latihan improvisasi sesuai dengan tokoh
dalam cerita yang akan dimainkan (gerak, ekspresi, dialog, pesan moral,
penghayatan).
· Mempergelarkan teater secara sederhana berdasar racangan
yang telah dibuat di depan kelas dengan mematuhi prinsip kerja bidang dalam
manajemen pergerlaran (produksi) teater
Sumber Belajar
·
Buku
Manajemen Produksi Teater
·
Buku Tata
Teknik Pentas (Pramana Padmodarmaya)
·
Rancangan
produksi
·
Naskah/lakon
teater
Contoh Penilaian
Format Penilaian
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Keragaman data
kemungkinan sebab karya seni itu diciptakan
|
|
|
|
Kemampuan
siswa mengidentifikasi dan menyiapkan
bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya seni semacam itu
|
|
|
|
Kemampuan siswa
membuat karya serupa dengan karya seni tersebut
|
|
|
|
Kemampuan siswa
merumuskan/membuat deskripsi cara membuat karya seni kriya dengan jelas
|
|
|
|
Laporan disusun
secara teratur sesuai konvensi penulisan laporan
|
|
|
|
Laporan ditulis
dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|
|
|
Jumlah
Nilai
|
|
|
|
Kriteria Penilaian
:
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai
Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, .........,
………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar