RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pelajaran : Cinta Lingkungan Hidup
Pertemuan : 2 x 40 menit
Alokasi
Waktu : 1 x Pertemuan
A. Kompetensi
Inti:
KI.1: Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
KI.2: Memahami pengetahuan (factual,
konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampakmata
KI. 3 Memahami pengetahuan
(factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
KI.4: Mencoba, mengolah, dan menaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1
Menghargai
dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
Indikator :
1) Menggunakan
Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam
bentuk lisan
2) Menggunakan
bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam
bentuk tulis
2.1 Memiliki
perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi
hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
Indikator :
1) Menunjukkan
prilaku jujur dalam pembelajaran teks observasi
2) Menunjukkan
prilaku tanggung jawab dalam mempelajarai teks observasi
3) Menunjukkan
prilaku percaya diri dalam menanggapi
teks observasi secara pribadi
3.1 Memahami teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui
lisan mau pun tulisan
Indikator :
1) Menentukkan
ide-ide pokok setiap paragraf
2) Menentukan
isi teks observasi
3) Menentukan
ciri-ciri bahasa teks observasi secara tulis
4.1 Menangkap makna teks hasil
observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik
secara lisan maupun tulisan
Indikator :
1) Menemukan
kata-kata yang belum diketahui maknanya secara tulis
2) Menentukan
proses pembentukan kelompok kata yang terdapat dalam teks observasi secara
tulis
C.
Materi Pembelajaran
MATERI
PEMBELAJARAN
CINTA
LINGKUNGAN HIDUP
Bacalah puisi di bawah ini!
Tanah Kelahiran
Seruling di pasir ipis, merdu
antara gundukan pohonan pina
tembang menggema di dua kaki,
Burangrang – Tangkubanprahu.
Jamrut di pucuk-pucuk,
Jamrut di air tipis menurun.
Membelit tangga di tanah merah
dikenal gadis-gadis dari bukit
Nyanyikan kentang sudah digali,
kenakan kebaya merah ke pewayangan.
Jamrut di pucuk-pucuk,
Jamrut di hati gadis menurun.
Ramadhan K.H.
Dapatkah kamu membayangkan
gambaran alam dalam puisi itu? Ternyata, alam yang menjadi lingkungan hidup
kita sangat indah. Keindahan lingkungan tidak hanya tampak pada gunung, sungai,
lautan, teluk, hutan, dan kolam; tetapi juga pada planet, langit, awan, dan
kicauan burung. Tegakah kita melihat lingkungan yang begitu indah itu rusak?
Betapa Tuhan menciptakan alam yang dapat menjadikan kita manusia yang
bertanggung jawab, disiplin, dan peduli lingkungan. Sebagai makhluk Tuhan, kita
harus menjaga keindahan lingkungan, seperti yang tergambar dalam puisi
"Tanah Kelahiran" karya Ramadhan K.H. itu.
Gambar 1 Lingkungan Alam
1.
Pengertian Lingkungan Hidup
Lingkungan hidup
adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan memiliki hubungan timbal
balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup, seperti manusia, hewan,
tumbuhan, dan benda mati, seperti tanah, air, api, batu, dan udara. Jika
terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang
sehat, aman, tenteram, lahir dan batin. Semua yang ada di dalam lingkungan itu
saling berpengaruh. Lingkungan hidup di sekitar kita merupakan kekayaan yang
harus dipelihara dan dilestarikan. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan
mencintainya. Kita tidak boleh mengotorinya, seperti membuang sampah dan
menebang pohon seenaknya.
2.
Mengenal Struktur Teks Laporan Hasil Observasi
Struktur tersebut adalah unsur-unsur dalam laporan
hasil observasi yang terdiri atas definisi umum yang menjadi pembukaan,
deskripsi bagian yang menjadi isi, dan deskripsi kegunaan yang menjadi bagian
penutup. Untuk memahami hal itu, kamu perhatikan struktur teks laporan hasil
observasi pada bagan berikut!
D. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
Pendahuluan (10%)
1.
Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan
berdoa bersama dipimpin oleh salah seorang siswa
2.
Siswa merespon pertanyaan guru sebelum memulai pelajaran
dengan mengabsen siswa terlebih dahulu
3.
Siswa merespon
guru memberikan motivasi dan menjawab
pertanyaan dari guru secara komunikatif yang berkaitan dengan materi
cinta lingkungan.
4.
Siswa merespon guru menyampaikan kompetensi inti,
kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai
5.
Siswa mendengarkan pembacaan puisi berjudul Tanah
Kelahiran karya Ramadhan K.H yang dibacakan oleh temannya, untuk menggugah
kesadaran mencintai lingkungan.
6.
Siswa membentuk kelompok berdasarkan nomor yang sama.
Kegiatan
Inti (75%)
Mengamati
1.
Siswa
memahami keadaan alam melalui
pembacaan puisi oleh siswa.
2.
Siswa
mengamati gambar atau tayangan
yang terkait dengan lingkungan hidup berupa pemandangan alam yang hijau dan
asri dengan cermat.
3.
Siswa
menjawab pertanyaan dan memberi komentar tentang gambar yang ditayangan
menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.
Siswa
membaca teks hasil observasi bertema Cinta Lingkungan dengan cermat dan
menjawab pertanyaan-pertanyaan.
Menanya
1.
Siswa
bertanya tentang struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup.
2.
Siswa
bertanya tentang bagian-bagian struktur laporan hasil observasi: Cinta
Lingkunngan Hidup, meliputi bagian pendahuluan, bagian isi dan bagian penutup.
Mengumpulkan Informasi/Mengeksplorasikan
1.
Siswa
mendiskusikan struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungnan Hidup.
2.
Siswa
mendiskusikan struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup bagian
pendahuluan.
3.
Siswa
mendiskusikan struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup bagian
isi.
4.
Siswa
mendiskusikan struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup bagian
penutup.
Mengasosiasikan
5.
Siswa menuliskan struktur laporan hasil observasi:
Cinta Lingkungan Hidup dengan kalimat yang runtun
6.
Siswa
menuliskan struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup, meliputi:
pendahuluan, isi, dan penutup dengan kalimat runtun.
Mengomunikasikan
1.
Siswa mempresentasikan hasil diskusi tentang
struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup meliputi: bagian
pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup dengan penuh percaya diri.
2.
Siswa
lain menanggapi hasil presentasi secara santun.
3.
Siswa
mengajukan dan menjawab pertanyaan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup
meliputi: bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup dengan santun.
4.
Siswa
saling menilai kebenaran jawaban teman dengan jujur.
Kegiatan Penutup (15%)
1.
Guru
bersama – sama siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah
dilaksanakan
2.
Guru
memberikan penjelasan tentang materi pada pertemuannya
3.
Guru
bersama para siswa menutup pelajaran dengan berdoa
1.
Penilaian
Guru melakukan
penilaian terhadap peserta didik dalam :
1.
Penilaian
Esai
No.
Soal
|
Intrumen
Penilaian
|
Skor
|
Jumlah
|
1.
|
Untuk membangun konteks dan pemahaman kamu tentang lingkungan
hidup, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1)
Ceritakanlah keadaan lingkungan yang ada di sekitar rumahmu!
2)
Bagaimanakah menurutmu alam Indonesia yang kita cintai?
3)
Kekayaan apakah yang ada di dalam bumi Indonesia?
4)
Kekayaan alam seperti apakah yang sudah kamu nikmati?
5)
Binatang apa saja yang ada di daerah asalmu?
6)
Apakah kamu bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup yang ada di sekitarmu?
7)
Kedisplinan seperti apa yang dapat kamu lakukan dalam menjaga
lingkungan di sekitarmu?
|
5
|
35
|
2.
|
Setelah menemukan
bagian-bagian stuktur laporan hasil observasi teks: Cinta Lingkungan Hidup,
tentukan yang termasuk bagian-bagian:
1.
Pembukaan
2.
Bagian isi
3.
Bagian penutup
|
10
|
30
|
3.
|
Tulislah
dengan kalimat efektif bagian
pembukaan teks: Cinta Lingkungan Hidup?
|
10
|
10
|
4.
|
Tulislah dengan kalimat efektif bagian
isi teks: Cinta Lingkungan Hidup?
|
15
|
15
|
5.
|
Tulislah dengan kalimat efektif bagian
penutup teks: Cinta Lingkungan Hidup?
|
10
|
10
|
Jumlah
|
|
100
|
1.
Penilaian
pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi kelompok
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
Maksimal
|
Nilai
|
Ketuntasan
|
Tindak
Lanjut
|
||||
1
|
2
|
3
|
|
T
|
TT
|
R
|
P
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ketangan :
T : Tuntas mencapai nilai ….(disesuaikan
dengan nilai KKM)
TT : Tidak Tuntas jika dinilai yang diperoleh
kurang dari KKM
R : Remidial
P : Pengayaan
LEMBAR
PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester : VII/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan : Selama proses pembelajaran
Sikap yang diintegrasikan dan
dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun
Indikator perkembangan sikap perilaku
religius, jujur, tanggung jawab, dan santun
1. BT
(belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas
2. MT
(mulai tampak) jika sudah menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3. MB
( mulai berkembang) jika sudah menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam
menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4. MK
( membudaya) jika sudah menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan
tugas secara terus menerus dan
ajeg/konsisten
Bubuhkan tanda pada kolom-kolom sesuai hasil
pengamatan
No
|
Nama
siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung
jawab
|
santun
|
||||||||||||
1
|
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
BT
|
MT
|
MB
|
MK
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
E. Sumber
Belajar
Kemendikbud.2014. Bahasa Indonesia
Wahana Pengetahuan, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Balitbang Kemendikbud.
F. Media
Pembelajaran
1. Media
2.
Video
3. Power
Point
4. Buku
Teks
G.
Alat Dan Bahan
1.
Laptop
2.
LCD Proyektor
… , ………………. 2014
Kepala
Sekolah Mapel Guru Bahasa Indonesia
(……………………………) (…………………………….)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar