Kamis, 20 November 2014

Contoh RPP (Revisi) Mapel Bahasa Indonesia Kelas VII, Kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan   : SMP
Mata Pelajaran         : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester        : VII/1
Materi Pelajaran       : Cinta Lingkungan Hidup
Pertemuan                : 2 x 40 menit
Alokasi Waktu         : 1 x Pertemuan

A.      Kompetensi Inti:
    KI.1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
    KI.2: Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya 
    tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampakmata
KI. 3 Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
             tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak  mata.
KI.4: Mencoba,  mengolah, dan menaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang sesuai dengan yang dipelajari di sekolah  dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1    Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mempersatukan bangsa Indonesia di tengah keberagaman bahasa dan budaya.
Indikator :
1)       Menggunakan Bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentuk lisan
2)       Menggunakan bahasa Indonesia untuk sarana kegiatan belajar di lingkungan sekolah dalam bentuk tulis
2.1 Memiliki perilaku jujur, tanggung jawab, dan santun dalam menanggapi secara pribadi hal-hal atau kejadian berdasarkan hasil observasi
Indikator :
1)       Menunjukkan prilaku jujur dalam  pembelajaran  teks observasi
2)       Menunjukkan prilaku tanggung jawab dalam mempelajarai teks observasi
3)       Menunjukkan prilaku percaya diri dalam menanggapi  teks observasi secara pribadi
3.1    Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan mau pun tulisan
Indikator :
1)       Menentukkan ide-ide pokok setiap paragraf
2)       Menentukan isi teks observasi
3)       Menentukan ciri-ciri bahasa teks observasi secara tulis

4.1    Menangkap makna teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik secara lisan maupun tulisan
Indikator :
1)       Menemukan kata-kata yang belum diketahui maknanya secara tulis
2)       Menentukan proses pembentukan kelompok kata yang terdapat dalam teks observasi secara tulis

C.     Materi  Pembelajaran
MATERI PEMBELAJARAN
CINTA LINGKUNGAN HIDUP
Bacalah puisi di bawah ini!
Tanah Kelahiran
Seruling di pasir ipis, merdu
antara gundukan pohonan pina
tembang menggema di dua kaki,
Burangrang – Tangkubanprahu.

Jamrut di pucuk-pucuk,
Jamrut di air tipis menurun.
Membelit tangga di tanah merah
dikenal gadis-gadis dari bukit

Nyanyikan kentang sudah digali,
kenakan kebaya merah ke pewayangan.
Jamrut di pucuk-pucuk,
Jamrut di hati gadis menurun.
Ramadhan K.H.

Dapatkah kamu membayangkan gambaran alam dalam puisi itu? Ternyata, alam yang menjadi lingkungan hidup kita sangat indah. Keindahan lingkungan tidak hanya tampak pada gunung, sungai, lautan, teluk, hutan, dan kolam; tetapi juga pada planet, langit, awan, dan kicauan burung. Tegakah kita melihat lingkungan yang begitu indah itu rusak? Betapa Tuhan menciptakan alam yang dapat menjadikan kita manusia yang bertanggung jawab, disiplin, dan peduli lingkungan. Sebagai makhluk Tuhan, kita harus menjaga keindahan lingkungan, seperti yang tergambar dalam puisi "Tanah Kelahiran" karya Ramadhan K.H. itu.

Gambar 1 Lingkungan Alam
1.       Pengertian Lingkungan Hidup
            Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan memiliki hubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan benda mati, seperti tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tenteram, lahir dan batin. Semua yang ada di dalam lingkungan itu saling berpengaruh. Lingkungan hidup di sekitar kita merupakan kekayaan yang harus dipelihara dan dilestarikan. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan mencintainya. Kita tidak boleh mengotorinya, seperti membuang sampah dan menebang pohon seenaknya.

2.       Mengenal Struktur Teks Laporan Hasil Observasi
Struktur tersebut adalah unsur-unsur dalam laporan hasil observasi yang terdiri atas definisi umum yang menjadi pembukaan, deskripsi bagian yang menjadi isi, dan deskripsi kegunaan yang menjadi bagian penutup. Untuk memahami hal itu, kamu perhatikan struktur teks laporan hasil observasi pada bagan berikut!

Organization Chart










D.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

               Pertemuan 1
               Pendahuluan (10%)
1.         Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama dipimpin oleh salah seorang siswa
2.         Siswa merespon pertanyaan guru sebelum memulai pelajaran dengan mengabsen siswa terlebih dahulu
3.         Siswa merespon guru memberikan motivasi dan menjawab  pertanyaan dari guru secara komunikatif yang berkaitan dengan materi cinta lingkungan.
4.         Siswa merespon guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai
5.         Siswa mendengarkan pembacaan puisi berjudul Tanah Kelahiran karya Ramadhan K.H yang dibacakan oleh temannya, untuk menggugah kesadaran mencintai lingkungan.
6.         Siswa membentuk kelompok berdasarkan nomor yang sama.

              Kegiatan Inti (75%)
                         Mengamati
1.     Siswa memahami keadaan  alam melalui pembacaan  puisi  oleh siswa.
2.     Siswa mengamati  gambar atau  tayangan yang terkait dengan lingkungan hidup berupa pemandangan alam yang hijau dan asri dengan cermat.
3.     Siswa menjawab pertanyaan dan memberi komentar tentang gambar yang ditayangan menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.     Siswa membaca teks hasil observasi bertema Cinta Lingkungan dengan cermat dan menjawab pertanyaan-pertanyaan.

                        Menanya
1.     Siswa bertanya tentang struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup.
2.     Siswa bertanya tentang bagian-bagian struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkunngan Hidup, meliputi bagian pendahuluan, bagian isi dan bagian penutup.

Mengumpulkan Informasi/Mengeksplorasikan
1.     Siswa mendiskusikan struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungnan Hidup.
2.     Siswa mendiskusikan struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup bagian pendahuluan.
3.     Siswa mendiskusikan struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup bagian isi.
4.     Siswa mendiskusikan struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup bagian penutup.

Mengasosiasikan
5.     Siswa  menuliskan struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup dengan kalimat yang runtun
6.     Siswa menuliskan struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup, meliputi: pendahuluan, isi, dan penutup dengan kalimat runtun.

Mengomunikasikan
1.     Siswa  mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur laporan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup meliputi: bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup dengan penuh percaya diri.
2.     Siswa lain menanggapi hasil presentasi secara santun.
3.     Siswa mengajukan dan menjawab pertanyaan hasil observasi: Cinta Lingkungan Hidup meliputi: bagian pendahuluan, bagian isi, dan bagian penutup dengan santun.
4.     Siswa saling menilai kebenaran jawaban teman dengan jujur.



Kegiatan Penutup (15%)
1.    Guru bersama – sama siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan 
2.    Guru memberikan penjelasan tentang materi pada pertemuannya
3.    Guru bersama para siswa menutup pelajaran dengan berdoa

1.               Penilaian
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam :
1.    Penilaian Esai
No.
Soal
Intrumen Penilaian
Skor
Jumlah
1.
Untuk membangun konteks dan pemahaman kamu tentang lingkungan hidup, jawablah beberapa pertanyaan berikut!
1)      Ceritakanlah keadaan lingkungan yang ada di sekitar  rumahmu!
2)      Bagaimanakah menurutmu alam Indonesia yang kita  cintai?
3)      Kekayaan apakah yang ada di dalam bumi Indonesia?
4)      Kekayaan alam seperti apakah yang sudah kamu nikmati?
5)      Binatang apa saja yang ada di daerah asalmu?
6)      Apakah kamu bertanggung jawab terhadap lingkungan  hidup yang ada di sekitarmu?
7)      Kedisplinan seperti apa yang dapat kamu lakukan dalam menjaga lingkungan di sekitarmu?
5
35
2.





Setelah menemukan bagian-bagian stuktur laporan hasil observasi teks: Cinta Lingkungan Hidup, tentukan yang termasuk bagian-bagian:
1.                  Pembukaan
2.                  Bagian isi
3.                  Bagian penutup

10





30


3.
Tulislah dengan kalimat efektif bagian  pembukaan teks: Cinta Lingkungan Hidup?
10
10
4.
Tulislah dengan kalimat efektif bagian isi teks: Cinta Lingkungan Hidup?
15
15
5.
Tulislah dengan kalimat efektif bagian penutup teks: Cinta Lingkungan Hidup?
10
10
Jumlah

100

1.         Penilaian pengamatan pada saat pelaksanaan diskusi kelompok

No.
Nama
Siswa
Aspek yang dinilai
Skor
Maksimal
Nilai
Ketuntasan
Tindak
Lanjut
1
2
3

T
TT
R
P













































Ketangan :
T     : Tuntas mencapai nilai ….(disesuaikan dengan nilai KKM)
TT   : Tidak Tuntas jika dinilai yang diperoleh kurang dari KKM
R     : Remidial
P     : Pengayaan



LEMBAR PENGAMATAN SIKAP
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester         : VII/1
Tahun Pelajaran          : 2013/2014
Waktu Pengamatan    : Selama proses pembelajaran

Sikap yang diintegrasikan dan dikembangkan adalah perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun
Indikator perkembangan sikap perilaku religius, jujur, tanggung jawab, dan santun
1.    BT (belum tampak) jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.    MT (mulai tampak) jika sudah menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.    MB ( mulai berkembang) jika sudah menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.    MK ( membudaya) jika sudah menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus menerus dan  ajeg/konsisten





Bubuhkan tanda pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan

No
Nama siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
santun
1

BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
BT
MT
MB
MK
2

















3

















4






















































E.     Sumber Belajar
Kemendikbud.2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Balitbang Kemendikbud.
F.      Media Pembelajaran
1.  Media
2.     Video
3.    Power Point
4.    Buku Teks

G.      Alat Dan Bahan
1.     Laptop
2.     LCD Proyektor








… , ………………. 2014
Kepala Sekolah                                                                             Mapel Guru Bahasa Indonesia



(……………………………)                                                          (…………………………….)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar