1.
Bacalah penggalan hikayat “Indera Bangsawan”
berikut!
Maka baginda pun bimbanglah, tida tahu
siapa yang patut dirayakan dalam negeri karena anaknya kedua orang itu
sama-sama gagah. Jikalau baginda pun mencari muslihat, iya menceritakan kepada
kedua anaknya bahwa ia bermimpi bertemu dengan seorang pemuda dan berkata
kepadanya: barang siapa yang dapat mencari buluh perindu yang dipegangnya,
ialah yang patut menjadi raja di dalam negeri.
Sumber teks: Buku Kesusastraan Melayu
Klasik
Nilai yang terkandung pada penggalan
hikayat di atas yaitu...
A. nilai
moral
B. nilai
agama
C. nilai
budaya
D. nilai
pendidikan
E. nilai
sosial
2.
Bacalah penggalan hikayat “Indera Bangsawan”
berikut!
Maka anakanda baginda yang dua orang itu
pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian.
Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga
saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.
Nilai yang terkandung pada penggalan
hikayat di atas yaitu...
A. nilai moral
B. nilai
agama
C. nilai
budaya
D. nilai
pendidikan
E. nilai
sosial
3.
Bacalah penggalan hikayat “Indera Bangsawan”
berikut!
Maka anakanda baginda yang dua orang itu
pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada
Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul,
fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.
Sumber teks: Buku Kesusastraan Melayu
Klasik
Kata arkais yang digarisbawahi pada
penggalan hikayat di atas memiliki makna...
A. diusir
B. diminta
C. diperintah
D. diizinkan
E. diharapkan
4.
Bacalah penggalan hikayat “Bunga Kemuning”
berikut!
Istri sang raja sudah meninggal ketika
melahirkan anaknya yang bungsu, sehingga anak sang raja diasuh oleh inang
pengasuh. Putri-putri Raja menjadi manja dan nakal. Mereka hanya suka bermain
di danau. Mereka tak mau belajar dan juga tak mau membantu ayah mereka.
Sumber teks: Kesusastraan Melayu Klasik
dengan penyesuaian
Nilai yang terkandung pada penggalan
hikayat di atas yaitu...
A. nilai moral
B. nilai
agama
C. nilai
budaya
D. nilai
pendidikan
E. nilai
sosial
5.
Diambilnya pisau, lalu ditorehnya gendang itu.
Maka Putri Ratna Sari keluar dari gendang itu.
Karakteristik hikayat pada penggalan teks
di atas yaitu...
A. kemustahilan
B. kesaktian
C. anonym
D. istana
sentris
E. bahasa
6.
Maka beberapa di antara itu ia juga membeli
seekor tiung betina, lalu dibawanya ke rumah dan ditaruhnya hampir
sangkaran bayan juga.
Kata arkais yang digarisbawahi pada kalimat
di atas memiliki makna...
A. burung
B. ayam
C. angsa
D. kayu
E. emas
7.
Selain memperhatikan
struktur, dalam membuat teks negosiasi juga harus memperhatikan kaidah....
a. penilsan
b. penyusun kata
c. keterampilan menulis
d. kebahasaannya
e. kemampuan merangkai kata
a. penilsan
b. penyusun kata
c. keterampilan menulis
d. kebahasaannya
e. kemampuan merangkai kata
8.
Perhatikan
kutipan teks negosiasi berikut!
Pengusaha: Langsung saja, saya keberatan atas aksi mogok yang kalian lakukan! Perusahaan bisa merugi kalau karyawan terus-terusan mogok begini!
Karyawan: Aksi yang kami lakukan bukan tanpa alasan, pak!
Pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: Kami meminta kanaikan upah, pak! Hari ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
Topik yang tepat untuk teks negosiasi tersebut adalah....
Pengusaha: Langsung saja, saya keberatan atas aksi mogok yang kalian lakukan! Perusahaan bisa merugi kalau karyawan terus-terusan mogok begini!
Karyawan: Aksi yang kami lakukan bukan tanpa alasan, pak!
Pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: Kami meminta kanaikan upah, pak! Hari ini harga kebutuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
Topik yang tepat untuk teks negosiasi tersebut adalah....
a. teks
negosiasi antara perwakilan karyawan dan pengusaha.
b. kemarahan karyawana terhadap pengusaha.
c. pengusaha tidak mau bertemu dengan karyawan.
d. kekeslan karyawan terhadap kenaikan upah.
e. keinginan karyawan untuk berdiskusi dengan pengusaha tentang kenaikan upah.
b. kemarahan karyawana terhadap pengusaha.
c. pengusaha tidak mau bertemu dengan karyawan.
d. kekeslan karyawan terhadap kenaikan upah.
e. keinginan karyawan untuk berdiskusi dengan pengusaha tentang kenaikan upah.
9.
Kalimat
berikut yang termasuk bagian isi dari teks negosiasi adalah
a. karyawan: selamat siang, pak!
Pengusaha: Siang. Ada yang bisa saya bantu?
b. karyawan: saya mewakili karyawan lain ingin menyampaikan aspirasi kami kepada Bapak.
Pengusaha: ya, silakan.
c. pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: kami meminta kenaikan upah, karna kebuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
d. karyawan: Saya meminta komitmennya, Pak!
Pengusaha: Iya saya janji, minimal 7 persen, akan diusahakan goal. Nanti perwakilan kalian akan kami libatkan dalam rapat direksi.
e. karyawan: Baik pak, terima kasih. Selamat siang.
Pengusaha: Selamat siang.
a. karyawan: selamat siang, pak!
Pengusaha: Siang. Ada yang bisa saya bantu?
b. karyawan: saya mewakili karyawan lain ingin menyampaikan aspirasi kami kepada Bapak.
Pengusaha: ya, silakan.
c. pengusaha: Alasan apa?
Karyawan: kami meminta kenaikan upah, karna kebuhan pokok semakin meningkat, sementara penghasilan kami tetap!
d. karyawan: Saya meminta komitmennya, Pak!
Pengusaha: Iya saya janji, minimal 7 persen, akan diusahakan goal. Nanti perwakilan kalian akan kami libatkan dalam rapat direksi.
e. karyawan: Baik pak, terima kasih. Selamat siang.
Pengusaha: Selamat siang.
10.
Berikut ini
kaidah teks negosiasi yang baik, kecuali....
a. Tidak menyajikan lebih dari tiga argumen dalam satu waktu.
b. Mulai dengan argumen yang paling kuat dan didukung dengan fakta.
c. Bangun argumen secara logis, rapat, mengikat, dan hati-hati.
d. Menjelaskan pendapat orang lain.
a. Tidak menyajikan lebih dari tiga argumen dalam satu waktu.
b. Mulai dengan argumen yang paling kuat dan didukung dengan fakta.
c. Bangun argumen secara logis, rapat, mengikat, dan hati-hati.
d. Menjelaskan pendapat orang lain.
e.
Jabarkan kembali pokok bahasan pihak mitra negosiasi untuk menunjukan bahwa
kamu telah mengerti.
11.
Berikut ini
termasuk sturktur teks negosiasi secara kompleks, kecuali....
a. orientasi
b. permintaan
c. pemenuhan
d. penwaran
e. pemanfaatan
a. orientasi
b. permintaan
c. pemenuhan
d. penwaran
e. pemanfaatan
12.
struktur yang
pertama kali muncul dan menjadi pembuka dari percakapan sebuah negosiasi.
Pernyataan tersebut merupakan bagian dari struktur kompleks teks negosiasi
berupa....
a. orientasi
b. permintaan
c. persetujuan
d. pembelian
e. penutup
a. orientasi
b. permintaan
c. persetujuan
d. pembelian
e. penutup
13.
Bagian teks
negosiasi yang berisikan pernyataan mengenai barang atau masalah yang sedang
dihadapi adalah....
a. uraian
b. permintaan
c. interaksi
d. penawaran
e. kesepakatan
a. uraian
b. permintaan
c. interaksi
d. penawaran
e. kesepakatan
14.
Terjadinya
interaksi berdasarkan kesepakatan yang telah disetujui bersama. Dalam teks
negosiasi, pernyataan tersebut terjadi pada bagian....
a. pemenuhan
b. penawaran
c. persetujuan
d. pembelian
e. penutup
a. pemenuhan
b. penawaran
c. persetujuan
d. pembelian
e. penutup
15.
Dalam teks
negosiasi, bagian pemenuhan biasanya memberitahukan tentang barang atau
permasalahan agar lawan intraksi menjadi lebih paham. Bagian ini juga menjelaskan
serta menjawab pertanya dari
a. pembeli
b. permintaan yang telah diajukan
c. permintaan
d. pedagang
e. lawan bicara
a. pembeli
b. permintaan yang telah diajukan
c. permintaan
d. pedagang
e. lawan bicara
16.
Kegiatan yang
dilakukan untuk mempeebaiki teks yang telah ada. Pernyataan tersebut merupakan
pengertian dari....
a. mengeritik teks
b. mengevaluasi teks
c. menelaah teks
d. menilai teks
e. mengabtraksi teks
a. mengeritik teks
b. mengevaluasi teks
c. menelaah teks
d. menilai teks
e. mengabtraksi teks
17.
Teks negosiasi
berikut yang termasuk bagian persetujuan adalah....
a. Anak: Uang sya tidak cukup, bagaimana kalo Rp.48.000,00 Saja?
Penjaga: itu terlalu murah, bagimana kalau Rp.55.000,00 saja?
b. Anak: Tapi uang saya hanya Rp50.000,00.
Penjaga: Begini saja, saya akan berikan bku ini seharga Rp.50.000,00. Bagimana?
c. Anak: Baiklah, Pak! Saya beli bukunya.
Penjaga: ini bukunya.
d. Anak: Ini uangnya pas ya pak, terima kasih sudah mau membatu saya.
Penjaga: iya, sama-sama. Terima kasih juga sudah membeli buku di toko saya.
e. Anak: Selamat siang, Pak.
Penjaga: selamat siang.
a. Anak: Uang sya tidak cukup, bagaimana kalo Rp.48.000,00 Saja?
Penjaga: itu terlalu murah, bagimana kalau Rp.55.000,00 saja?
b. Anak: Tapi uang saya hanya Rp50.000,00.
Penjaga: Begini saja, saya akan berikan bku ini seharga Rp.50.000,00. Bagimana?
c. Anak: Baiklah, Pak! Saya beli bukunya.
Penjaga: ini bukunya.
d. Anak: Ini uangnya pas ya pak, terima kasih sudah mau membatu saya.
Penjaga: iya, sama-sama. Terima kasih juga sudah membeli buku di toko saya.
e. Anak: Selamat siang, Pak.
Penjaga: selamat siang.
18.
Bagian
orientasi pada teks berikut adalah....
a. pembeli: Selamat siang, Pak.
Penjual: Selamat siang kembali. Maaf ada yang bisa saya bantu?
b. pembeli: Saya ingin beli jaket.
Penjual: Wah, ada mas, silakan tinggal pilih saja yang paling cocok.
c. pembeli: Kalau yang ini boleh saya tawar, pak?
Penjual: Ooh, boleh mas, memangnya mau ditawar berapa?
d. pembeli: 450 ribu boleh, pak?
Penjual: Wah, maaf mas, harga pasnya 700 ribu, mas. Itu sudah diskon 10%.
e. pembeli: 600 ribu gimana,pak?
Penjual: maaf, mas, masih belum boleh. Ya sudah penawaran terakhir 650 ribu.
a. pembeli: Selamat siang, Pak.
Penjual: Selamat siang kembali. Maaf ada yang bisa saya bantu?
b. pembeli: Saya ingin beli jaket.
Penjual: Wah, ada mas, silakan tinggal pilih saja yang paling cocok.
c. pembeli: Kalau yang ini boleh saya tawar, pak?
Penjual: Ooh, boleh mas, memangnya mau ditawar berapa?
d. pembeli: 450 ribu boleh, pak?
Penjual: Wah, maaf mas, harga pasnya 700 ribu, mas. Itu sudah diskon 10%.
e. pembeli: 600 ribu gimana,pak?
Penjual: maaf, mas, masih belum boleh. Ya sudah penawaran terakhir 650 ribu.
19.
Teks laporan hasil
observasi memuat informasi yang disajikan harus sesuai dengan ..... yang
didapatkan dari hasil penelitian. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik di
atas asdalah....
a. opini
b. fakta
c. pendapat
d. argumentasi
e. penjelasan
a. opini
b. fakta
c. pendapat
d. argumentasi
e. penjelasan
20.
Teks laporan hasil
observasi adalah teks yang berisi penjabaran umum/melaporkan sesuatu berupa
hasil dari...
a. pengamatan
b. penilaian
c. koreksi
d. penulisan
e. peluang
a. pengamatan
b. penilaian
c. koreksi
d. penulisan
e. peluang
21.
Jenis teks laporan
hasil observasi mendeskripsikan atau menggambarkan bentuk, ciri, atau sifat
umum, seperti hal-hal berikut, kecuali....
a. benda
b. hewan
c. tumbuh-tumbuhan
d. peristiwa
e. keindahan bumi
a. benda
b. hewan
c. tumbuh-tumbuhan
d. peristiwa
e. keindahan bumi
22.
Berikut ini termasuk
ciri-ciri dari teks laporan hasil observasi, kecuali....
a. bersifat objektif
b. mengandung pendapat tokoh ahli
c. harus ditulis sempurna dan lengkap
a. bersifat objektif
b. mengandung pendapat tokoh ahli
c. harus ditulis sempurna dan lengkap
d. tidak memasukkan
hal-hal yang menyimpangm mengandung prasangka, atau pemihakan
e. disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis
e. disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis
23.
Dalam teks laporan
hasil observasi, informasi harus disampaikan secara.....
a. nyata
b. berdasarkan kenyataan
c. global atau menyeluruh
d. opini publik
e. baik dan terarah
a. nyata
b. berdasarkan kenyataan
c. global atau menyeluruh
d. opini publik
e. baik dan terarah
24.
Teks laporan hasil
observasi harus disajikan dengan menggunakan bahasa yang jelas, mudah dipahami,
dan tidak berbelit-belit. Hal ini dilakukan untuk menghindari....
a. kesalahpahaman pembaca
b. keterlibatan tokoh masyarakat
c. kesalahan penulisan
d. salah tafsir
e. salah menguraikan pendapat/opini
a. kesalahpahaman pembaca
b. keterlibatan tokoh masyarakat
c. kesalahan penulisan
d. salah tafsir
e. salah menguraikan pendapat/opini
25.
Salah satu tujuan
pembuatan teks laporan hasil observasi adalah untuk....
a. melaporkan hasil observasi
b. melaporkan hasil observasi secara sistematis dan objektif
c. menafsirkan hasil observasi
d. menginterpretasi hasil observasi
e. menganalisis teks laporan hasil obsrvasi
a. melaporkan hasil observasi
b. melaporkan hasil observasi secara sistematis dan objektif
c. menafsirkan hasil observasi
d. menginterpretasi hasil observasi
e. menganalisis teks laporan hasil obsrvasi
26.
Sebuah teks laporan
hasil observasi dapat dikatakan ideal, jika memenuhi kriteria-kriteria berikut,
kecuali....
a. memiliki struktur teks yang lengkap
b. memanfaatkan konjungsi atau kata penghubung yang tepat
c. memiliki tata bahasa yang lengkap
d. pengelompokkan kata dilakukan berdasarkan kriteria tertentu
e. memfungsikan kelompok kata dan jenis kata sesuai keperluan
a. memiliki struktur teks yang lengkap
b. memanfaatkan konjungsi atau kata penghubung yang tepat
c. memiliki tata bahasa yang lengkap
d. pengelompokkan kata dilakukan berdasarkan kriteria tertentu
e. memfungsikan kelompok kata dan jenis kata sesuai keperluan
27.
Teks laporan disebut
juga....
a. teks
b. teks bacaan
c. teks klasifikasi
d. teks deskripsi
e. teks observasi
Jawaban: c
a. teks
b. teks bacaan
c. teks klasifikasi
d. teks deskripsi
e. teks observasi
Jawaban: c
28.
Dalam kegiatan
debat, kita diberi kesepakatan untuk menyampaikan pendapat atau snggahan yang
ditujukan pada....
a. narasumber
b. lawan debat
c. moderator
d. pembicara
e. penengah
a. narasumber
b. lawan debat
c. moderator
d. pembicara
e. penengah
29.
Pentingnya
membuat kerangka (bagan) untuk sebuah acara perdebatan merupakan salah satu
kewajiaban seseorang .... sebelum melakukan debat.
a. tim debat
b. panelis
c. lawan debat
d. moderator
e. narasumber
a. tim debat
b. panelis
c. lawan debat
d. moderator
e. narasumber
30.
Dalam kegiatan debat, moderator layaknya
seorang wasit dalam pertandingan. Untuk itu, moderator yang dipilih harus....
a. baik
b. memihak salah satu peserta
c. tidak mau peduli terhadap jalannya debat
d. memebuat suasana memanas
e. netral atau tidak memihak salah satu peserta debat
a. baik
b. memihak salah satu peserta
c. tidak mau peduli terhadap jalannya debat
d. memebuat suasana memanas
e. netral atau tidak memihak salah satu peserta debat
31.
Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan
masalah dan perbedaan, yang dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara
perorangan maupun kelompok. Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. debat
b. argumen
c. diskusi
d. seminar
e. symposium
a. debat
b. argumen
c. diskusi
d. seminar
e. symposium
32.
Kegiatan debat yang dilakukan oleh anggota
parlemen termasuk jenis debat....
a. informal
b. formal
c. terstruktur
d. ada aturannya
e. terencana
a. informal
b. formal
c. terstruktur
d. ada aturannya
e. terencana
33.
Mungkin sebagian dari kita berfikir bahwa debat
merupakan kegiatan mematahkan pendapat lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana
cara kita (debater) membuat orang lain....
a. membela kita
b. memberikan yang terbaik
c. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
d. membuat audiens terpukau karna kita mampu menjatuhkan lawan debat
e. membuat lawan debat mengamuk.
a. membela kita
b. memberikan yang terbaik
c. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
d. membuat audiens terpukau karna kita mampu menjatuhkan lawan debat
e. membuat lawan debat mengamuk.
34.
Salah satu metode yang dapat digunakan dalam
debat adalah metode....
a. langka
b. menjatuhkan lawan
c. mengkritik lawan
d. terpatahkan
e. logika
a. langka
b. menjatuhkan lawan
c. mengkritik lawan
d. terpatahkan
e. logika
35.
Salah
satu manfaat membuat kerangka debat adalah....
a. memudahkan menjatuhkan lawan debat
b. menilai kerja lawan
c. membuat argumen-argumen yang tepat
d. memudahkan dalam menentukan sebuah topik
e. memilih cara damai
a. memudahkan menjatuhkan lawan debat
b. menilai kerja lawan
c. membuat argumen-argumen yang tepat
d. memudahkan dalam menentukan sebuah topik
e. memilih cara damai
36.
Biografi
berasal dari bahasa Yunani, bios berarti hidup dan graphien berarti....
a. lisan
b. kata
c. tulis
d. kalimat
e. indah
a. lisan
b. kata
c. tulis
d. kalimat
e. indah
37.
Dengan adanya
biografi, kita dapat menemukan hubungan, sebuah mistri yang melingkupi hidup
seseorang, dan penjelasan mengenai tindakan atau perilaku dalam hidupnya.
Berdasarkan uraian tersebut dapat dikatakan bahwa biografi adalah....
a. Buku yang didalamnya menceritakan kejadian-kejadian hidup seseorang.
b. Buku tentang kisah manusia.
c. Buku keindahan alam.
d. Buku tentang kejadian indah yang dirasakan seseorang.
e. Buku tentang kesengajaan sosial dalam masyarakat.
a. Buku yang didalamnya menceritakan kejadian-kejadian hidup seseorang.
b. Buku tentang kisah manusia.
c. Buku keindahan alam.
d. Buku tentang kejadian indah yang dirasakan seseorang.
e. Buku tentang kesengajaan sosial dalam masyarakat.
38.
Biografi
berasal dari kata bios berati hidup dan graphien berarti tulis. Berdasarkan kata dasarnya,
biografi berasal dari bahasa....
a. Inggris
b. Turki
c. Latin
d. Yunani
e. Arab
a. Inggris
b. Turki
c. Latin
d. Yunani
e. Arab
39.
Biografi
memuat informasi berupa fakta serta disajikan dalam bentuk....
a. cerita
b. kisah
c. kehidupan
d. narasi
e. deskripsi
a. cerita
b. kisah
c. kehidupan
d. narasi
e. deskripsi
40.
Sebuah teks
biografi dikatakan faktual jika berdasarkan...
a. pengalaman penulis
b. Keinginan penulis menuangkan ide.
c. Pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut.
d. Keutuhan teks bacaan
e. keakuratan data dilapangan
a. pengalaman penulis
b. Keinginan penulis menuangkan ide.
c. Pengalaman hidup seseorang yang diceritakan dalam tokoh biografi tersebut.
d. Keutuhan teks bacaan
e. keakuratan data dilapangan
41.
Biografi dapat
mengisahkan tentang kehidupan seorang tokoh penting atau terkenal maupun tidak
terkenal. Namun kebanyakan biografi bercerita tentang....
a. tokoh sejarah
b. kehidupan pribadi penulis
c. pengalaman pribadi tokoh idola
d. kehidupan nyata tokoh
e. pengalaman tokoh dalam mengarungi hidupnya
a. tokoh sejarah
b. kehidupan pribadi penulis
c. pengalaman pribadi tokoh idola
d. kehidupan nyata tokoh
e. pengalaman tokoh dalam mengarungi hidupnya
42.
Penulis
biografi dapat berbentuk hanya beberapa baris kalimat, bahkan dalam bentuk
buku. Biografi yang hanya menjelaskan tentang fakta-fakta dari kehidupan
seseorang serta peran pentingnya adalah....
a. biografi
b. teks biografi
c. biografi singkat
d. biografi panjang
e. biografi tokoh
a. biografi
b. teks biografi
c. biografi singkat
d. biografi panjang
e. biografi tokoh
43.
Dari biografi
kita dapat menemukan kejadian-kejadian hidup seseorang atau misteri hidup
seseorang dengan penjelasan berupa....
a. kisah hidupnya
b. pengalamannya dalam menjalani hidup
c. kehidupan sehari-hari
d. kehidupan perih seseorang
e. tindakan atau perilaku dalam hidupnya
a. kisah hidupnya
b. pengalamannya dalam menjalani hidup
c. kehidupan sehari-hari
d. kehidupan perih seseorang
e. tindakan atau perilaku dalam hidupnya
44.
Dalam membuat
teks biografi, diperlukan berbagai bahan utama dan bahan pendukung. Yang
termasuk bahan utama pembuatan teks biografi adalah....
a. buku referensi
b. buku sejarah yang memaparkan peranan orang dalam biografi tersebut, dan sebagainya
c. buku referensi, atau sejarah yang memaparkan peranan orang dalam biografi tersebut, dan sebagainya
d. buku kehidupan tokoh
e. buku harian, surat-surat, kliping koran, dan sebagainya
a. buku referensi
b. buku sejarah yang memaparkan peranan orang dalam biografi tersebut, dan sebagainya
c. buku referensi, atau sejarah yang memaparkan peranan orang dalam biografi tersebut, dan sebagainya
d. buku kehidupan tokoh
e. buku harian, surat-surat, kliping koran, dan sebagainya
45.
Puisi lama
merupakan puisi yang...
a. bebas
b. penyampaiannya terencana
c. berdiri sendiri
d. masih terikat oleh aturan-aturan
e. lugas dan konkret
a. bebas
b. penyampaiannya terencana
c. berdiri sendiri
d. masih terikat oleh aturan-aturan
e. lugas dan konkret
46.
Bentuk karya
sastra dari hasil ungkapan dan perasaan penyair dengan bahasa yang terikat
irama, matra, rima, penyusun lirik dan bait, serta penuh makna. Pernyataan
tersebut merupakan pengertian dari....
a. prosa
b. cerita pendek
c. karya sastra
d. puisi
e. gurindam
a. prosa
b. cerita pendek
c. karya sastra
d. puisi
e. gurindam
47.
Buku yang
memuat kumpulan puisi, baik dari seorang penyair atau beberapa penyair,
pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. pembacaan puisi
b. memahami puisi
c. antologi puisi
d. penilaian puisi
e. menulis puisi
a. pembacaan puisi
b. memahami puisi
c. antologi puisi
d. penilaian puisi
e. menulis puisi
48.
Memahami isi
puisi adalah upaya awal yang harus dilakukan oleh pembaca puisi untuk
mengungkap makna yang...
a. indah
b. tersirat
c. tersurat
d. menarik
e. imajinatif
a. indah
b. tersirat
c. tersurat
d. menarik
e. imajinatif
49.
Puisi
mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan
mengonsentrasikan kekuatan bahasa dengan....
a. strukturnya
b. unsur pembangunannya
c. unsur intrinsik
d. unsur ekstrinsik
e. struktur fisik dan struktur batinnya
a. strukturnya
b. unsur pembangunannya
c. unsur intrinsik
d. unsur ekstrinsik
e. struktur fisik dan struktur batinnya
50.
Puisi berjudul
“aku“ merupakan karya dari....
a. Goenawan Muhammad
b. Chairil Anwar
c. Acep Zamzam
d. H.B. Jasin
e. Sitor Situmorang
a. Goenawan Muhammad
b. Chairil Anwar
c. Acep Zamzam
d. H.B. Jasin
e. Sitor Situmorang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar