RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Seni Rupa
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
8 x 45 menit
Standar
Kompetensi :
1. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar :
1.1. Mengidentifikasi dan
mengapresiasikeunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah
setempat
Indikator :
· Mendeskripsikan karya seni rupa terapan
daerah setempat secara lisan atau tertulis berdasarkan sejarahnya
· Menganalisis karya seni terapan daerah setempat berdasarkan fungsi
· Membedakan bentuk-bentuk seni berdasarkan fungsi sosisal masyarakat.
· Mendeskripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat secara lisan atau
tertulis berdasarkan sosial budaya dan klasifikasinya.
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
- mendeskripsikan pengertian seni rupa Nusantara
- mendeskripsikan seni rupa zaman prasejarah di Nusantara (gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di daerah setempat)
- mendeskripsikan generalisasi, periodisasi, dan kronologi
- mendeskripsikan seni rupa zaman Islam
- mendeskripsikan pengaruh seni rupa Cina terhadap seni rupa di Nusantara (arsitektur, pola wastra, dan perabot atau benda-benda rumah tangga)
- mendeskripsikan pengaruh seni rupa Kolonial terhadap seni rupa di Nusantara (arsitektur, busana, dan perabot rumah tangga)
- mendeskripsikan latar belakang sosial budaya seni rupa Nusantara
Materi Pembelajaran
v Karya seni rupa terapan daerah setempat
·
Pengertian seni rupa
·
Sifat-sifat dasar seni
rupa
·
Unsur seni rupa
·
Fungsi dan tujuan seni
rupa
·
Cabang-cabang seni rupa.
·
Seni terapan daerah
setempat
Contoh :
seni anyaman daerah Jawa Barat dan pakaian adat Betawi
(disesuaikan dengan daerah masing-masing)
Metode Pembelajaran
Pendekatan life
skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Guru membuka kegiatan belajar dengan menerapkan permainan “Sedang Apa”.
Caranya adalah dengan menggambar sebuah jam dinding besar di papan tulis. Lalu,
guru menunjuk setiap angka jam dan siswa secara bergiliran menyebutkan aktivitas
yang biasa mereka lakukan pada hari Minggu sesuai angka jam yang ditunjuk.
Dengan demikian, siswa memiliki pandangan tentang hal-hal yang berlangsung
secara kronologis.
2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Guru menjelaskan arti “seni rupa Nusantara” dengan peta konsep (hlm. 2).
4. Siswa ditugasi mencari informasi dengan kata kunci “seni rupa Nusantara” di
www.yahoo.com, www.wikipedia.com, www.google.com.
5. Siswa mengumpulkan hasil pencarian informasi dari internet.
6.
Siswa dan guru mempersiapkan pertemuan selanjutnya. Guru memperingatkan
siswa untuk memperkaya sumber/bahan bacaan tentang seni rupa Nusantara.
Pertemuan kedua
- Siswa menyiapkan hasil temuan informasi tentang seni rupa Nusantara dari berbagai sumber.
- Siswa bertanya-jawab dan diskusi berdasarkan hasil temuan siswa dari internet dan mencermati pembagian sejarah seni rupa Nusantara yang ada di buku teks (hlm. 3–18), kemudian mencatat hasil diskusi.
- Siswa mengumpulkan hasil diskusi.
Pertemuan ketiga
- Siswa berkumpul dalam kelompok untuk mendiskusikan latihan II dan III (hlm. 30—31).
- Siswa melengkapi tabel pada Latihan II dan III.
Pertemuan keempat
- Siswa secara individual mengerjakan latihan V (hlm. 31).
- Siswa mengumpulkan tugas.
Pertemuan kelima
- Siswa secara individual mengerjakan latihan VII (hlm. 32). Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
- Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas dalam lima pertemuan terakhir.
- Menarik kesimpulan materi.
Sumber Belajar
·
Kurikulum KTSP dan
perangkatnya
·
Pedoman Khusus
Pengembangan Silabus KTSP SMA X - ESIS
·
Buku sumber Seni Rupa
SMA & MA kelas X – ESIS (hlm. 1–34)
·
Peta konsep
·
OHP
·
Buku-buku penunjang yang
relevan
·
Internet
Penilaian
- Latihan II dan III hlm. 30—31.
Format Penilaian
Latihan
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
II
|
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati
|
|
|
|
Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya
|
|
|
|
|
III
|
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah
|
|
|
|
Jumlah karya seni yang diamati di rumah
|
|
|
|
|
Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya
|
|
|
|
|
Profil rumah mudah dipahami
|
|
|
|
|
Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
- Latihan V (hlm. 31).
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Kelengkapan semua periode seni
|
|
|
|
Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya
|
|
|
|
Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada
pada setiap karya
|
|
|
|
Komentar bersifat apresiatif dan subjektif
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
- Latihan VII (hlm. 32)
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah
|
|
|
|
Kedalaman pengetahuan tentang istilah
|
|
|
|
Ketepatan definisi untuk tiap istilah
|
|
|
|
Definisi bersifat objektif
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, ......
……….................
Kepala Sekolah.......... Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Seni Rupa
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
10 x 45 menit
Standar
Kompetensi :
1. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar :
1.2.
Menampilkan sikap
apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan
daerah setempat
Indikator :
·
Mengidentifikasi
tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa terapan daerah
setempat
· Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa
terapan daerah setempat.
· Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa
terapan daerah setempat.
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang keunikan gagasan dan
teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat.
B.
Materi Pembelajaran
Keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan
daerah setempat.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, praktik, bermain, mengerjakan latihan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
1. Guru menanyakan pengalaman pribadi siswa jika mereka pernah melihat karya
seni masa kini yang memiliki pengaruh budaya masa lalu, atau karya seni di
Indonesia yang memiliki pengaruh budaya dari luar Indonesia.
2. Menyampaikan tujuan pembelajaran.
3. Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk mengunjungi museum atau
pameran seni (Latihan VI dan VII hlm. 32).
4. Siswa mengamati berbagai karya seni dan membuat portofolio secara
berkelompok berupa dokumentasi dan catatan-catatan. Hasil portofolio
dikumpulkan pada pertemuan selanjutnya.
5. Guru menugaskan siswa untuk memikirkan karya seni yang akan mereka buat
sendiri (seni dengan pengaruh budaya tertentu) dan membawa bahan-bahan untuk
berkarya pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan kedua
1. Siswa mengumpulkan portofolio yang mereka kerjakan pada pertemuan
sebelumnya.
2. Siswa membuat karya seni dengan nuansa budaya tertentu (Latihan V hlm. 31).
3. Siswa dapat melanjutkan pekerjaannya di rumah.
Pertemuan ketiga
1. Siswa melajutkan pengerjaan hasil karya, lalu mengumpulkan hasil karya
tersebut pada akhir pelajaran.
2. Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
3. Siswa menarik kesimpulan materi yang dipelajari dalam 3 pertemuan terakhir.
E. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X - ESIS
- Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas X – ESIS (hlm. 1–34)
- Peta konsep
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
Lembar Penilaian Portofolio Kelompok
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Nama Kelompok :
.................................................................................
No.
|
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|||
Penilaian kelompok
|
||||||
1.
|
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik
|
|
|
|||
2
|
Kerjasama kelompok
|
|
|
|||
3
|
Hasil tugas
|
|
|
|||
Jumlah Nilai Kelompok
|
|
|||||
Penilaian Individu siswa
|
||||||
1.
|
Terlibat dalam pengerjaan portofolio
|
|
|
|||
2.
|
Inisiatif
|
|
|
|||
Jumlah Nilai Individu
|
|
|||||
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
·
Latihan V halaman 31
(membuat karya seni dengan pengaruh budaya tertentu).
Format Penilaian
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Deskripsi
|
|
Hasil karya
|
|
|
|
Siswa memiliki hasil karya yang konkret yang orisinil
|
Keindahan dan kreativitas pada karya
|
|
|
|
Karya seni menimbulkan kesan estetis dalam diri penikmat karya
|
Kandungan unsur budaya
|
|
|
|
Karya mengandung satu unsur budaya tertentu
|
Hubungan dan kesesuaian antara
jenis benda dan unsur budaya
|
|
|
|
Ciri khas budaya dan benda hasil karya dapat berhubungan atau tidak /
dapat sesuai atau tidak sesuai satu sama lain, tergantung apresiasi penikmat
karya
|
Orisinalitas gagasan
|
|
|
|
Karya seni merupakan hasil buatan sendiri
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, ......
……….................
Kepala Sekolah.......... Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Seni Rupa
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
18 x 45 menit
Standar Kompetensi:
2. Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar :
2.1 Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak
daerah setempat
2.2 Membuat
karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
Indikator :
·
Mengidentifikasi
gambar karya seni rupa terapan daerah setempat
· Mempresentasikan karya seni terapan daerah setempat
· Mendesain gambar seni rupa
terapan yang digali dari karya seni rupa daerah setempat sesuai dengan
kebutuhan masyarakat dan budayanya.
· Membuat karya seni rupa terapan dua dimensi :
·Menentukan alat dan bahan
·
Mengidentifikasi fungsi seni
terapan daerah setempat
·
Mendesain motif Anyaman
·
Membuat karya seni
terapan contoh : Daerah Jawa Barat
·
Membuat karya seni cetak
sablon dengan motif gambar khas Jakarta/Betawi
Contoh : motif Ondel-ondel dan monas
A.
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
- membuat karya seni hias dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat karya seni patung dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat karya seni bangunan dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat karya seni anyaman dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat karya seni tembikar dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat karya seni ukir dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat karya seni sesajen dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat karya seni lukisan wayang dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
- membuat ilustrasi naskah dengan memanfaatkan teknik dan corak Nusantara.
B.
Materi Pembelajaran
v Berekspresi karya seni rupa terapan daerah setempat :
·
Penjelasan prosedur pembuatanDesain
·Prinsisp-prinsip desain
·Bentuk – bentuk desain
·
Menggambar sketsa karya
v Berekspresi karya seni rupa daerah setempat :
·Persiapan bahan dan alat
·Fungsi seni terapan daerah setempat
·Desain karya / sketsa
·
Proses pembuatan karya
terapan dua atau tiga dimensi
Contoh: seni anyaman daerah Jawa
Barat dan DKI Jakarta
(disesuaikan dengan daerah setempat)
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, pemberian tugas penyusunan kronologi dan peta konsep.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
- Siswa membaca ulasan tentang berbagai jenis karya seni pada buku teks halaman 36—45.
- Siswa membuat kesimpulan tentang karya-karya seni rupa Nusantara dalam 5 kalimat singkat dan padat.
- Siswa mengumpulkan tugas.
Pertemuan kedua
- Siswa berkumpul dalam kelompok untuk mengerjakan latihan V halaman 57.
- Siswa mencari situs-situs tentang pusat seni yang ada di Indonesia melalui media internet.
- Siswa membuat kliping berdasarkan informasi yang berhasil mereka temukan
Pertemuan ketiga
- Siswa mengumpulkan tugas kliping yang mereka kerjakan pada pertemuan sebelumnya.
- Siswa mengerjakan latihan I halaman 48, nomor 1—20.
Pertemuan keempat
- Siswa mengumpulkan latihan yang telah mereka kerjakan pada pertemuan sebelumnya.
- Siswa melanjutkan mengerjakan latihan I nomor 21—41.
Pertemuan kelima
- Siswa mengumpulkan latihan yang telah mereka kerjakan pada pertemuan sebelumnya.
- Siswa mengerjakan latihan VII pada halaman 58.
- Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok untuk kegiatan pertemuan selanjutnya.
Pertemuan keenam
- Siswa berkumpul dalam kelompok.
- Siswa mengunjungi pusat kerajinan dan membuat profil lengkap pusat kerajinan tersebut (latihan VI halaman 57).
- Guru memberi pekerjaan rumah kepada siswa, yaitu mengerjakan latihan III halaman 56 (menginventarisasi benda seni yang ada di rumah siswa).
Pertemuan ketujuh
- Siswa mengumpulkan dua tugas yang telah diamanatkan guru pada pertemuan sebelumnya.
- Siswa mengerjakan latihan halaman 58—60.
- Guru menugaskan siswa membawa peralatan dan perlengkapan untuk mengerjakan tugas IV pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan kedelapan
- Siswa mengerjakan tugas IV halaman 57 dengan peralatan yang mereka persiapkan.
Pertemuan kesembilan
- Siswa melanjutkan mengerjakan tugas IV hingga selesai.
- Siswa mengumpulkan tugas.
- Siswa bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
- Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA X - ESIS
- Buku sumber Seni Rupa SMA & MA kelas X – ESIS (hlm. 36—60)
- Peta konsep
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
·
Penilaian latihan IV
Aspek Penilaian
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Siswa
dapat membuat karya kreatif
|
|
|
|
Siswa
dapat membuat karya imajinatif
|
|
|
|
Karya
memiliki bentuk rapi dan mengandung estetika
|
|
|
|
Karya
memiliki fungsi tertentu
|
|
|
|
Karya
memiliki nilai dan makna tertentu
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, ......
……….................
Kepala Sekolah.......... Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Seni Musik
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
14 x 45 menit
Standar
Kompetensi :
1. Mengapresiasi karya seni Musik
Kompetensi Dasar :
1.1.
Mengidentifikasi
fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat
setempat.
1.2.
Mengungkapkan
pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional
setempat.
1.3.
Menunjukkan
nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui
pertunjukan musik tradisional setempat.
Indikator :
1. Mendiskripsikan latar belakang musik
tradisional sesuai dengan kehidupan masyarakat..
2.
Menjelaskan fungsi musik
tradisional sesuai dengan kehidupan masyarakat. Setempat.
3.
Mendemonstrasikan
bernyanyi dan bermain alat musik karya musik tradisional setempat., secara
perorangan atau kelompok.
4. Mendeskripsikan jenis-jenis musik tradisional setempat.
5. Mendeskripsikan unsur / elemen musik Tradisional setempat.
6. Mendeskripsikan karya musik
tradisional setempat.
7. Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik karya musik tradisional
setempat secara perorangan atau kelompok.
8. Mendeskripsikan karakteristik
/keunikan karya musik Tradisional setempat.
9. Mendeskripsikan jenis – jenis alat musik Tradisional setempat.
10. Mendeskripsikan isi lagu tradisional setempat kedalam bahasa Indonesia.
11.
Mendemonstrasikan
bernyanyi dan bermain alat musik karya musik tradisional setempat ecara
perorangan atau kelompok.
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
·
Mendiskripsikan latar
belakang musik tradisional sesuai dengan
kehidupan masyarakat..
·
Menjelaskan fungsi musik
tradisional sesuai dengan kehidupan masyarakat. Setempat.
·
Mendemonstrasikan
bernyanyi dan bermain alat musik karya musik tradisional setempat., secara
perorangan atau kelompok.
·
Mendeskripsikan
jenis-jenis musik tradisional setempat.
·
Mendeskripsikan unsur /
elemen musik Tradisional setempat.
·
Mendeskripsikan karya musik tradisional setempat.
·
Mendemonstrasikan
bernyanyi dan bermain alat musik karya musik tradisional setempat secara
perorangan atau kelompok.
·
Mendeskripsikan karakteristik /keunikan karya musik
Tradisional setempat.
·
Mendeskripsikan jenis –
jenis alat musik Tradisional setempat.
·
Mendeskripsikan isi lagu
tradisional setempat kedalam bahasa Indonesia.
·
Mendemonstrasikan
bernyanyi dan bermain alat musik karya musik tradisional setempat ecara
perorangan atau kelompok.
Materi Pembelajaran
Sejarah dan perkembangan musik tradisional.
-
Latar
belakang musik tradisional
-
Fungsi
musik tradisional
-
Karya-karya
musik tradisional.
Contoh :
- Musik Tradisional setempat dari Jawa Tengah (kesenian Karawitan , alat musiknya Gamelan, dan karya lagu “Tembang Jawa/Lagu daerah Jawa.
- Musik Tradisional setempat dari Minahasa (alat musiknya Kolintang dan karya lagunya “Sipatokaan”) Musik tradisional ini merupakan kekayaan budaya nasional.
- Musik DKI Jakarta (Betawi) “Gambang Kromong”
Musik
tradisional setempat.
-
Jenis-jenis
musik Tradisional setempat.
-
Unsur/elemen
musik Tradisional setempat.
-
Karya-karya musik
Tradisional setempat.
Contoh :
- Musik Tradisional setempat dari Jawa Tengah (kesenian Karawitan , alat musiknya Gamelan, dan karya lagu “Tembang Jawa/Lagu daerah Jawa.
- Musik Tradisional setempat dari Minahasa (alat musiknya Kolintang dan karya lagunya “Sipatokaan”) Musik tradisional ini merupakan kekayaan budaya nasional.
- Musik DKI Jakarta (Betawi) “Gambang Kromong”
Tanggapan
terhadap musik tradisional
-
Keunikan /karakteristik
karya musik Tradisional.
-
Jenis alat musik
Tradisional setempat.
-
Syair lagu karya musik
Tradisional setempat.
Contoh :
- Musik tradisio- nal setempat dari Jawa te- ngah (keseni- an Karawitan , alat musiknya Gamelan, dan karya lagu “Tembang Jawa/Lagu daerah Jawa.
- Musik Tradisional setempat dari Minahasa (alat musiknya Kolintang dan karya lagunya “Sipatokaan”) Musik tradisional ini merupakan kekayaan budaya nasional.
Musik
DKI Jakarta (Betawi) “Gambang Kromong”
Metode Pembelajaran
Pendekatan life
skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
7. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
8. Guru menjelaskan arti “seni teater tradisional daerah setempat” dengan peta
konsep
Pertemuan Inti
1. Siswa mendeskripsikan karakteristik
/ keunikan karya musik tradisional setempat.
2. Siswa mendeskripsikan keunikan alat-alat musik tradisional setempat.
3. Siswa mendeskripsikan teknik
memainkan alat musik Tradisional Setempat
4. Siswa mendeskripsikan syair lagu tradisional setempat ke dalam bahasa
Indonesia.
5. Siswa mendemonstrasikan bernyanyi
dan bermain alat musik karya musik tradisional setempat.
6. Mengidentifikasi teknik mengaransir / merancang
karya musik tradisional setempat.
7. Mendeskripsikan teknik mengaransir / merancang
karya musik tradisional setempat.
8. Mendemonstrasikan teknik mengaransir /merancang
karya musik tradisional setempat.
9. Mengidentifikasi prosedur yang digunakan dalam mengaransir /
merancang karya musik tradisional setempat.
10. Mendeskripsikan prosedur yang digunakan dalam
mengaransir / merancang karya musik
tradisional setempat.
11. Mendemonstrasikan prosedur dalam merancang /
mengaransir lagu tradisional setempat.
12.
Mengaransir / merancang karya musik tradisional setempat .
13.
Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik lagu tradisional hasil aransir / rancangan untuk menunjukan
sikap menghargai.
Pertemuan Akhir
- Siswa berkumpul dalam kelompok untuk mendiskusikan latihan
- Siswa menarik kesimpulan materi.
Sumber Belajar
Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik).
Kumpulan lagu-lagu Tradisional.
Alat Musik
1.Gitar.
2.
Organ
3.
Gamelan
Lesung
Kentongan.
Tape, OHP, LCD, VCD.
Penilaian
Format Penilaian
Latihan
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
II
|
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati
|
|
|
|
Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya
|
|
|
|
|
III
|
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah
|
|
|
|
Jumlah karya seni yang diamati di rumah
|
|
|
|
|
Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya
|
|
|
|
|
Profil rumah mudah dipahami
|
|
|
|
|
Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
- Latihan
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Kelengkapan semua periode seni
|
|
|
|
Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya
|
|
|
|
Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada
pada setiap karya
|
|
|
|
Komentar bersifat apresiatif dan subjektif
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
- Latihan
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah
|
|
|
|
Kedalaman pengetahuan tentang istilah
|
|
|
|
Ketepatan definisi untuk tiap istilah
|
|
|
|
Definisi bersifat objektif
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, ......
……….................
Kepala Sekolah.......... Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Seni Musik
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit
Standar
Kompetensi :
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni Musik
Kompetensi Dasar :
2.1. Mengembangkan gagasan kreatif
serta mengaransir lagu dengan beragam
teknik, media, dan materi musik/lagu tradisional setempat.
2.2. Menampilkan lagu yang telah diaransir di
kelas.
Indikator :
·
Mengidentifikasi teknik mengaransir / merancang karya musik tradisional
setempat.
·
Mendeskripsikan teknik mengaransir / merancang karya musik tradisional
setempat.
·
Mendemonstrasikan teknik mengaransir /merancang karya musik tradisional
setempat.
·
Mengidentifikasi prosedur yang
digunakan dalam mengaransir / merancang
karya musik tradisional setempat.
·
Mendeskripsikan prosedur yang digunakan dalam mengaransir / merancang
karya musik tradisional setempat.
·
Mendemonstrasikan prosedur dalam merancang / mengaransir lagu tradisional
setempat.
·
Mengaransir / merancang karya musik tradisional setempat.
·
Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik lagu tradisional hasil aransir / rancangan untuk menunjukan
sikap menghargai.
·
Mendeskripsikan
bentuk-bentuk penampilan musik.
·
Mendeskripsikan teknik-teknik penampilan musik vocal hasil aransir.
·
Mendeskripsikan teknik-teknik
penampilan musik instrumental hasil aransir.
·
Mendemonstrasikan musik
vokal dan instrumental dengan
teknik yang benar secara peroragan atau
kelompok.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
·
Mengidentifikasi teknik mengaransir / merancang karya musik tradisional
setempat.
·
Mendeskripsikan teknik mengaransir / merancang karya musik tradisional
setempat.
·
Mendemonstrasikan teknik mengaransir /merancang karya musik tradisional
setempat.
·
Mengidentifikasi prosedur yang
digunakan dalam mengaransir / merancang
karya musik tradisional setempat.
·
Mendeskripsikan prosedur yang digunakan dalam mengaransir / merancang
karya musik tradisional setempat.
·
Mendemonstrasikan prosedur dalam merancang / mengaransir lagu tradisional
setempat.
·
Mengaransir / merancang karya musik tradisional setempat.
·
Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik lagu tradisional hasil aransir / rancangan untuk menunjukan
sikap menghargai.
·
Mendeskripsikan
bentuk-bentuk penampilan musik.
·
Mendeskripsikan teknik-teknik penampilan musik vocal hasil aransir.
·
Mendeskripsikan teknik-teknik
penampilan musik instrumental hasil aransir.
·
Mendemonstrasikan musik
vokal dan instrumental dengan
teknik yang benar secara peroragan atau
kelompok.
Materi Pembelajaran
Karya musik berdasarkan gagasan musik tradisional.
-
Teknik-teknik
mengaransir /merancang karya musik Tradisional.
-
Prosedur mengaransir / merancang karya musik
Tradisional.
Apresiasi hasil karya mengaransir / merancang musik-musik Tradisional.
Pergelaran
musik
-
Wawasan penampilan musik
di kelas.
-
Teknik
penampilan musik vokal.
-
Teknik
penampilan musik instrument.
Teknik penampilan musik vocal dan instrument.
Metode Pembelajaran
Pendekatan life
skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
1. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Guru menjelaskan arti “seni musik tradisional daerah setempat.
Pertemuan Inti
·
Siswa Mengidentifikasi teknik mengaransir /
merancang karya musik tradisional setempat.
·
Siswa Mendeskripsikan teknik mengaransir /
merancang karya musik tradisional setempat.
·
Siswa Mendemonstrasikan teknik mengaransir
/merancang karya musik tradisional setempat.
·
Siswa Mengidentifikasi prosedur yang digunakan dalam mengaransir /
merancang karya musik tradisional setempat.
·
Siswa Mendeskripsikan prosedur yang digunakan
dalam mengaransir / merancang karya musik
tradisional setempat.
·
Siswa Mendemonstrasikan prosedur dalam merancang /
mengaransir lagu tradisional setempat.
·
Siswa Mengaransir / merancang karya musik
tradisional setempat .
·
Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik lagu tradision-al hasil aransir / rancangan untuk menunjukan
sikap menghargai.
Pertemuan Akhir
Siswa berkumpul dalam kelompok untuk mendiskusikan latihan
Siswa menarik kesimpulan materi.
Sumber Belajar
Buku-buku Seni Budaya (Seni Musik).
Kumpulan lagu-lagu Tradisional.
Alat Musik
1.Gitar.
2.
Organ
3.
Gamelan
Lesung
Kentongan.
Tape, OHP, LCD, VCD.
Penilaian
Format Penilaian
Latihan
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
II
|
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati
|
|
|
|
Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya
|
|
|
|
|
III
|
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah
|
|
|
|
Jumlah karya seni yang diamati di rumah
|
|
|
|
|
Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya
|
|
|
|
|
Profil rumah mudah dipahami
|
|
|
|
|
Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
- Latihan
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Kelengkapan semua periode seni
|
|
|
|
Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya
|
|
|
|
Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada
pada setiap karya
|
|
|
|
Komentar bersifat apresiatif dan subjektif
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
- Latihan
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah
|
|
|
|
Kedalaman pengetahuan tentang istilah
|
|
|
|
Ketepatan definisi untuk tiap istilah
|
|
|
|
Definisi bersifat objektif
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, ......
……….................
Kepala Sekolah.......... Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Seni Tari
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit
Standar
Kompetensi :
1. Mengapresiasi karya seni tari
Kompetensi Dasar :
1.1 Mengidentifikasi jenis,peran dan perkembangan tari tunggal Nusantara darah
setempat dalam konteks budaya masyarakat daerah Setempat.
1.2 Mengidentifikasi Keunikan gerak, kostum,iringan tari Nusantara daerah
setempat
dalam bentuk tari
tunggaldalam konteks budaya masyarakat daerah setempat
Indikator :
·
Mendeskripsikan fungsi tari daerah setempat dalam kehidupan
masyarakat dan budayanya
·
Mengelompokan jenis tari
tunggal putra dan tari tunggal putri daerah setempat berdasarkan pengamatan
pertunjukan
·
Mengidentifikasi unsur
pendukung tari tunggal daerah setempat berdasarkan pengamatan
·
Menyebutkan ciri sikap
alur gerak dan pola lantai tari
bentuk tunggal daerah setempat
·
Mendeskripsikani
keunikan kostum,iringan,gerak,dan pola lantai
tari tunggal daerah setempat.
·
Membuat laporan tertulis
hasil analisis keunikan gerak pola lantai,irigan.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
·
Mendeskripsikan
fungsi tari daerah setempat dalam
kehidupan masyarakat dan budayanya
·
Mengelompokan jenis tari
tunggal putra dan tari tunggal putri daerah setempat berdasarkan pengamatan
pertunjukan
·
Mengidentifikasi unsur
pendukung tari tunggal daerah setempat berdasarkan pengamatan
·
Menyebutkan ciri sikap
alur gerak dan pola lantai tari
bentuk tunggal daerah setempat
·
Mendeskripsikani
keunikan kostum,iringan,gerak,dan pola lantai
tari tunggal daerah setempat.
·
Membuat laporan tertulis
hasil analisis keunikan gerak pola lantai,irigan.
·
Mendeskripsikan karakteristik /keunikan karya musik
Tradisional setempat.
·
Mendeskripsikan jenis –
jenis alat musik Tradisional setempat.
·
Mendeskripsikan isi lagu
tradisional setempat kedalam bahasa Indonesia.
·
Mendemonstrasikan
bernyanyi dan bermain alat musik karya musik tradisional setempat ecara
perorangan atau kelompok.
Materi Pembelajaran
Apresiasi tari
tunggal daerah setempat dan kreasi tari tunggal
-
latar belakang tari
tunggal daerah setempat.
-
fungsi tari.
-
jenis tari.
-
unsur-unsur pendukung
tari
Tari tunggal
daerah setempat meliputi :
-
sikap tari
-
gerak tari
-
pola lantai
-
Rias
-
kostum tari
-
iringan tari
Metode Pembelajaran
Pendekatan life
skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
9. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
10. Guru menjelaskan arti “seni tari tradisional daerah setempat.
Pertemuan Inti
·
Siswa secara kelompok
mengamati pertunjukan tari tunggal daerah
setempat melalui berbagai media
·
Secara kelompok membuat
identifikasi fungsi tari, jenis,unsur pendukung tari berdsarkan pengamatan
melalui berbagai media
·
Mendeskripkan unsur
pendukung pertunjukan tari
·
Secara kelompok
menganalisis ciri-ciri bentuk tari tunggal daerah setempat berdasarkan pengamatan pertunjukan
·
Memperagakan, sikap,
alur gerak pola lantai , kostum dan iringan tari
tunggal daerah setempat.
·
Menyususn laporan hasil
analisis keunikan gerak,pola lantai,iringan dan kostum
Pertemuan Akhir
- Siswa berkumpul dalam kelompok untuk mendiskusikan latihan
- Siswa menarik kesimpulan materi.
Sumber Belajar
Sumber :
buku seni tari , media cetak, media elektronik, budaya setempat
Bahan :
tari tunggal daerah
setempat
Lembar kerja
Alat :
VCD tari , properti, iringan tari
Sumber :
buku seni tari, media cetak, media elektronik, budaya
setempat
Bahan : tari tunggal daerah
setempat
Lembar kerja
Alat :
VCD tari, properti,
iringan tari
Penilaian
Format Penilaian
Latihan
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
II
|
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati
|
|
|
|
Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya
|
|
|
|
|
III
|
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah
|
|
|
|
Jumlah karya seni yang diamati di rumah
|
|
|
|
|
Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya
|
|
|
|
|
Profil rumah mudah dipahami
|
|
|
|
|
Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
- Latihan
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Kelengkapan semua periode seni
|
|
|
|
Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya
|
|
|
|
Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada
pada setiap karya
|
|
|
|
Komentar bersifat apresiatif dan subjektif
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
- Latihan
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah
|
|
|
|
Kedalaman pengetahuan tentang istilah
|
|
|
|
Ketepatan definisi untuk tiap istilah
|
|
|
|
Definisi bersifat objektif
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, ......
……….................
Kepala Sekolah.......... Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Seni Tari
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
12 x 45 menit
Standar
Kompetensi :
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari
Kompetensi Dasar :
2.1
Mengidentifikasi gagasan
untuk disusunnya ke dalam tari kreasi daerah setempat dalam bentuk tari
tunggal.
2.2
Menampilkan seni tari tunggal berdasarkan tari Nusantara
daerah setempat.
Indikator :
·
Mengidentifikasi gagasan
tari tunggal daerah setempat .
·
Mendeskripsikan gagasan
yang digunakan sebagai landasan berkreasi tari.
·
Menjelaskan
langkah-langkah gagasan kreasi tari tunggal meliputi gerak,pola lantai,level,
iringan dan kostum.
·
Mendeskripsikan sinopsis
tari kreasi yang ditampilkan.
·
Mendemonstrasikan tari tunggal daerah setempat.
·
Menyajikan tari tunggal
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
·
Mengidentifikasi gagasan
tari tunggal daerah setempat .
·
Mendeskripsikan gagasan
yang digunakan sebagai landasan berkreasi tari.
·
Menjelaskan
langkah-langkah gagasan kreasi tari tunggal meliputi gerak,pola lantai,level,
iringan dan kostum.
·
Mendeskripsikan sinopsis
tari kreasi yang ditampilkan.
·
Mendemonstrasikan tari tunggal daerah setempat.
·
Menyajikan tari tunggal
A.
Materi Pembelajaran
Apresiasi tari tunggal daerah setempat
tari
·
Gagasan/ide tari
meliputi :
Tema, gerak, pola lantai, level, iringan, dan kostum, sinopsis tari.
Rangkaian
ragam gerak tari tunggal
Contoh
:
- Tari Ratu Graeni dari Jawa Barat
- Klana Raja dari Jawa
Tengah
- Tari Jauk dari Bali
- Tari Gegot dari Betawi
B. Metode Pembelajaran
Pendekatan life
skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
C. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
·
Guru menjelaskan arti
“seni tari tradisional daerah setempat.
Pertemuan Inti
·
Siswa Secara kelompok
menganalisis berbagai gagasan tari
tunggal.
·
Secara kelompok
menganalisis gagasan yang digunakan dalam kreasi tari tunggal daerah setempat.
·
Menerapkan gagasan
melalui eksplorasi/menggali bentuk tari
tunggal.
·
Menyusun sinopsis kreasi
tari tunggal nusantara daerah setempat.
·
Melakukan latihan tari
tunggal Daerah setempat.
·
Menampilkan tari tunggal
daerah setempat
Pertemuan Akhir
·
Siswa berkumpul dalam
kelompok untuk mendiskusikan latihan
·
Siswa menarik kesimpulan
materi.
D.
Sumber Belajar
Sumber :
buku Seni tari, media cetak, elektronik, budaya setempat
Bahan :
tari tunggal putra/putri
Lembar kerja
Alat :
VCD tari, tape recorder, iringan
Sumber :
buku Seni tari, media cetak, elektronik,budaya setempat
Bahan :
tari tunggal putra/putri
Alat :
tape Recorder,
iringan tari, properti.
E.
Penilaian
Format Penilaian
Latihan
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
II
|
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati
|
|
|
|
Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya
|
|
|
|
|
III
|
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah
|
|
|
|
Jumlah karya seni yang diamati di rumah
|
|
|
|
|
Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya
|
|
|
|
|
Profil rumah mudah dipahami
|
|
|
|
|
Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
- Latihan
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Kelengkapan semua periode seni
|
|
|
|
Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya
|
|
|
|
Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada
pada setiap karya
|
|
|
|
Komentar bersifat apresiatif dan subjektif
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
- Latihan
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah
|
|
|
|
Kedalaman pengetahuan tentang istilah
|
|
|
|
Ketepatan definisi untuk tiap istilah
|
|
|
|
Definisi bersifat objektif
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, ......
……….................
Kepala Sekolah.......... Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Seni Teater
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit
Standar
Kompetensi :
1. Mengapresiasi karya seni teater
Kompetensi Dasar :
1.1 Mendiskripsikan perkembangan
teater tradisional daerah setempat dalam
konteks budaya masyarakat
Indikator :
· Mendeskripsikan periodesasi
perkembangan teater tradisional daerah setempat.
· Mengelompokan periodesasi perkembangan
teater daerah setempat
· Membandingkan perbedaan dan
persamaan diantara periodesasi perkembangan teatertradisional daerah setempat
· Mengklasifikasikan ciri-ciri khas
teater tradisional daerah setempat
· Mendeskripsikan fungsi ciri khas
Periodesasi
teater tradisional daerah setempat
Tujuan Pembelajaran
siswa mampu untuk:
1. Mendeskripsikan periodesasi
perkembangan teater tradisional daerah setempat.
2. Mengelompokan periodesasi
perkembangan teater daerah setempat
3. Membandingkan perbedaan dan
persamaan diantara periodesasi perkembangan teatertradisional daerah setempat
4. Mengklasifikasikan ciri-ciri khas
teater tradisional daerah setempat
5. Mendeskripsikan fungsi ciri khas.
6. Periodesasi teater tradisional daerah setempat
Materi Pembelajaran
Perkembangan teater tradisional daerah setempat, yaitu:
1.Masa sebelum kemerdekaan.
2.Masa setelah kemerdekaan.
3.Masa Indonesia modern
Contoh: Indonesia bagian
1.Barat: Randai
2.Tengah:
Dardanela
3.Timur:
Celepung
Metode Pembelajaran
Pendekatan life
skill, metode bermain, pemberian tugas, tanya jawab
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
11. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
12. Guru menjelaskan arti “seni teater tradisional daerah setempat” dengan peta
konsep
Pertemuan Inti
· Siswa menyiapkan bahan untuk mengelompokan periodesasi perkembangan teater daerah setempat.
·
Siswa membedakan
diantara periodesasi perkembangan teater daerah setempat
· Siswa menjelaskan ciri-ciri khas setiap periodesasi teater tradisional
daerah setempat
Pertemuan Akhir
- Siswa berkumpul dalam kelompok untuk mendiskusikan latihan
- Siswa menarik kesimpulan materi.
Sumber Belajar
Sumber:
1.Buku Teater.
2.Koran.
3.Majalah.
4.Tabloid.
5.Televisi.
6.Internet
7. Budaya setempat
Bahan :
Lembar kerja siswa
Alat-alat. Kertas,foto(gambar) Kliping media.
Penilaian
- Latihan II dan III hlm. 30—31.
Format Penilaian
Latihan
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
II
|
Keberagaman dan jumlah jenis karya seni yang diamati
|
|
|
|
Keakuratan jenis karya seni sesuai masanya
|
|
|
|
|
III
|
Kecermatan mengamati lingkungan rumah dan pengaruh seni yang ada di rumah
|
|
|
|
Jumlah karya seni yang diamati di rumah
|
|
|
|
|
Ketepatan pengamatan karya seni sesuai masanya
|
|
|
|
|
Profil rumah mudah dipahami
|
|
|
|
|
Laporan/profil menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
- Latihan V (hlm. 31).
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Kelengkapan semua periode seni
|
|
|
|
Keakuratan jenis karya seni sesuai periodenya
|
|
|
|
Kecermatan mengamati dan mendeskripsikan ciri khusus yang umumnya ada
pada setiap karya
|
|
|
|
Komentar bersifat apresiatif dan subjektif
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
- Latihan VII (hlm. 32)
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|
Kelengkapan definisi untuk tiap istilah
|
|
|
|
Kedalaman pengetahuan tentang istilah
|
|
|
|
Ketepatan definisi untuk tiap istilah
|
|
|
|
Definisi bersifat objektif
|
|
|
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, ......
……….................
Kepala Sekolah.......... Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Seni Teater
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit
Standar
Kompetensi :
1. Mengapresiasi karya seni teater
Kompetensi Dasar :
1.2 Menunjukkan sikap apresiatif
terhadap unsur estetis pertunjukan
teater tradisional daerah setempat.
1.3 Menunjukkan sikap Apresiatif
terhadap Pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater tradisional daerah
setempat.
Indikator :
·
Mendeskripsikan tentang
unsur-unsur estetis dalam pertunjukan
teater tradisional daerah setempat
·
Mengklasifikasikan
unsur-unsur estetis dalam pertunjukan
teater daerah setempat.
·
Mengidentifikasi
perbedaan unsur-unsur estetis dalam
pertunjukan teater daerah setempat.
·
Mendeskripsikan pesan moral yang terdapat
dalam pertunjukan teater tradisional daerah setempat
·
Mengklasifikasikan pesan moral yang terdapat
dalam pertunjukan teater daerah setempat
·
Mengidentifikasi pesan moral yang terdapat dalam pertunjukan
teater tradisional daerah setempat
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang unsur-unsur estetis
dalam karya seni teater tradisional daerah setempat.
Materi Pembelajaran
Pertunjukkan
teater
Tradisional
daerah setempat. Yaitu
1.Melakukan
pengamatan pergelaran teater
2.Unsur-unsur
estetis yang terdapat dalam Pergelaran
teater,contoh:
a.
bahasa sastra
b.
tata rias,busana
c.
setting pentas
d.
tata bunyi
e.
alur cerita / plot
Pengamatan pesan
moral dari pertunjukan teater tradisional daerah setempat
Contoh pesan moral:
a Kejujuran akan mengalahkan kebohongan.
b.ketekunan,keuletan akan menjadi faktor keberhasilan.
Metode Pembelajaran
Ceramah, praktik, bermain, mengerjakan latihan
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Awal
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
·
Guru menjelaskan arti
“seni teater tradisional daerah setempat” dengan peta konsep
Pertemuan Inti
·
Siswa menjelaskan
unsur-unsur estetis dari pengamatan pertunjukkan teater tradisional daerah
setempat
· Siswa menjelaskan pesan moral yang
terdapat dalam pertunjukan teater tradisional
daerah setempat
Pertemuan Akhir
1. Siswa berkumpul dalam kelompok untuk mendiskusikan latihan
2. Siswa menarik kesimpulan materi.
Sumber Belajar
Sumber:
1.Buku Teater.
2.Koran.
3.Majalah.
4.Tabloid.
5.Televisi.
6.Internet
7. Budaya setempat
Bahan:
Lembar pengamatan
Alat-alat:
Kertas/gambar/foto/Poster/katalog
F. Penilaian
Lembar Penilaian Portofolio Kelompok
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Nama Kelompok :
.................................................................................
No.
|
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|||
Penilaian kelompok
|
||||||
1.
|
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik
|
|
|
|||
2
|
Kerjasama kelompok
|
|
|
|||
3
|
Hasil tugas
|
|
|
|||
Jumlah Nilai Kelompok
|
|
|||||
Penilaian Individu siswa
|
||||||
1.
|
Terlibat dalam pengerjaan portofolio
|
|
|
|||
2.
|
Inisiatif
|
|
|
|||
Jumlah Nilai Individu
|
|
|||||
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
·
Latihan V halaman 31
(membuat karya seni dengan pengaruh budaya tertentu).
Format Penilaian
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Deskripsi
|
|
Hasil karya
|
|
|
|
Siswa memiliki hasil karya yang konkret yang orisinil
|
Keindahan dan kreativitas pada karya
|
|
|
|
Karya seni menimbulkan kesan estetis dalam diri penikmat karya
|
Kandungan unsur budaya
|
|
|
|
Karya mengandung satu unsur budaya tertentu
|
Hubungan dan kesesuaian antara
jenis benda dan unsur budaya
|
|
|
|
Ciri khas budaya dan benda hasil karya dapat berhubungan atau tidak / dapat
sesuai atau tidak sesuai satu sama lain, tergantung apresiasi penikmat karya
|
Orisinalitas gagasan
|
|
|
|
Karya seni merupakan hasil buatan sendiri
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, ......
……….................
Kepala Sekolah.......... Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
Seni Teater
Kelas/Semester :
X/1
Alokasi Waktu :
12 x 45 menit
Standar
Kompetensi :
2. Mengapresiasi karya seni teater
Kompetensi Dasar :
2.1 Mengeksplorasi
teknik olah tubuh, pikiran,dan suara.
Indikator :
· Mengklasifikasikan olah tubuh dengan gerakan-gerakan berirama / ritmis
· Mengidentifikasi percobaan Olah pikir dengan mengungkapkan
gagasan/imajinasi
· Menerapkan olah suara dalam suatu latihan vokal atau dialog.
· Mendiskripsikan perbedaan teknik olah tubuh,olah pikir dan olah bunyi.
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang unsur-unsur estetis
dalam karya seni teater tradisional daerah setempat.
B.
Materi Pembelajaran
Teknik olah
tubuh,pikir, dan suara. Dapat dilakukan yaitu:
OLAH TUBUH :
Gerakan tubuh, Yang berirama.
OLAH PIKIR :
Ungkapan pikiran Melalui imajinasi
OLAH SUARA :
Ekspresi bunyi , Melalui suara mulut
Cacatan:
Teknik olah tubuh,pikiran dan suara dapat diberikan sesuai dengan potensi
daerah setempat.
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, praktik, bermain, mengerjakan latihan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Awal
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
·
Guru menjelaskan arti
“seni teater tradisional daerah setempat” dengan peta konsep
Pertemuan Inti
·
Siswa Melakukan olah
tubuh dengan gerakan-gerakan berirama / ritmis
·
Memperlihatkan olah
pikir dengan mengungkapkan Gagasan / imajinasi.
·
Mengekspresikan olah
suara dengan membunyikan Huruf-huruf vokal,kata dan kalimat.
Pertemuan Akhir
1. Siswa berkumpul dalam kelompok untuk mendiskusikan latihan
2. Siswa menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
Sumber:
1.Buku Teater.
2.Koran.
3.Majalah.
4.Tabloid.
5.Televisi.
6.Internet
7. Budaya setempat
Bahan:
Lembar pengamatan
Alat-alat:
Kertas/gambar/foto/Poster/katalog
F. Penilaian
Lembar Penilaian Portofolio Kelompok
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Nama Kelompok :
.................................................................................
No.
|
Sikap/Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
|||
Penilaian kelompok
|
||||||
1.
|
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik
|
|
|
|||
2
|
Kerjasama kelompok
|
|
|
|||
3
|
Hasil tugas
|
|
|
|||
Jumlah Nilai Kelompok
|
|
|||||
Penilaian Individu siswa
|
||||||
1.
|
Terlibat dalam pengerjaan portofolio
|
|
|
|||
2.
|
Inisiatif
|
|
|
|||
Jumlah Nilai Individu
|
|
|||||
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
·
Latihan V halaman 31
(membuat karya seni dengan pengaruh budaya tertentu).
Format Penilaian
Aspek yang dinilai
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
Deskripsi
|
|
Hasil karya
|
|
|
|
Siswa memiliki hasil karya yang konkret yang orisinil
|
Keindahan dan kreativitas pada karya
|
|
|
|
Karya seni menimbulkan kesan estetis dalam diri penikmat karya
|
Kandungan unsur budaya
|
|
|
|
Karya mengandung satu unsur budaya tertentu
|
Hubungan dan kesesuaian antara
jenis benda dan unsur budaya
|
|
|
|
Ciri khas budaya dan benda hasil karya dapat berhubungan atau tidak /
dapat sesuai atau tidak sesuai satu sama lain, tergantung apresiasi penikmat
karya
|
Orisinalitas gagasan
|
|
|
|
Karya seni merupakan hasil buatan sendiri
|
Jumlah Nilai
|
|
|
|
Kriteria
Penilaian :
Kriteria Indikator
|
Nilai Kualitatif
|
Nilai Kuantitatif
|
80-100
|
Memuaskan
|
4
|
70-79
|
Baik
|
3
|
60-69
|
Cukup
|
2
|
45-59
|
Kurang cukup
|
1
|
Mengetahui, ......
……….................
Kepala Sekolah.......... Guru
Mata Pelajaran
……………………........ ...................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK....................
joz,,,,,,,
BalasHapussemangat kawan kudoakan semoga lancar , lancar juga kopi paste ku
Haha, iya sama-sama..
BalasHapusWuah...ini dia yang saya cari...
BalasHapusMakasih sob dah share,, Boleh sya copy y buat bhan pembelajaran.
Izin copy ya, buat pribadi tapi sedikit diganti materinya krn sudah perwilayah sekarang. Sekali lgi thanks ya
BalasHapus