KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
BAHASA INGGRIS UMUM SMA/MA/SMK/MAK
KELAS: X
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap
sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin,bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis tentang pemaparan jati diri,
sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.1 mengkomunikasikan teks lisan
dan tulis untuk memberi dan meminta informasi terkait jati diri, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
3.2 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks lisan
dan tulis tentang ungkapan memberikan dan menanggapi
ucapan selamat dan memuji bersayap (extended), sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.2 mengkomunikasikan
teks lisan dan tulis untuk memberikan dan menanggapi ucapan selamat dan memuji bersayap (extended) dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.3 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks lisan dan
tulis tentang ungkapan
menunjukan perhatian (showing care) serta responnya, sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.3 mengkomunikasikan teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan merespon ungkapan perhatian (showing
care) dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
3.4 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
lisan dan tulis tentang kegiatan
rutin/kebiasaan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.4 mengkomunikasikan
teks lisan dan tulis untuk memberi dan meminta informasi mengenai kegiatan rutin/kebiasaan, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
3.5 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
lisan dan tulis tentang niat melakukan
suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.5 mengkomunikasikan
teks lisan dan tulis untuk memberi dan meminta informasi tentang niat melakukan suatu
tindakan/kegiatan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.6 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks mengenai pengandaian
jika terjadi suatu keadaan/kejadian di waktu yang akan datang (Conditional Sentence type 1), sesuai
dengan konteks.
|
4.6 mengkomunikasikan
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang pengandaian jika
terjadi suatu keadaan/kejadian di waktu yang akan datang, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
3.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan dari teks
deskriptif lisan dan tulis tentang
orang,tempat
dan benda, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.7 mengkomunikasikan
teks deskriptif lisan dan tulis untuk
mendeskripsikan tentang orang, tempat dan benda
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks.
|
3.8 menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis tentang memberi dan meminta informasi terkait
tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu
terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.8 mengkomunikasikan teks tulis dan
lisan untuk memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kejadian yang
dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan
kesudahannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.9 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks recount sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.9 menyajikan teks recount
sederhana, lisan dan tulis, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
3.10 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.10 menyajikan teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat secara lisan dan
tulis dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
3.11 menganalisis fungsi sosial dan unsur kebahasaan pada lirik lagu terkait kehidupan remaja
|
4.11 mengapresiasi
makna/pesan secara kontekstual lirik lagu
terkait kehidupan remaja
|
KELAS: XI
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap
sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan
rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin,bertanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual,prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
tentang ungkapan meminta dan memberi
saran (suggestion), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.1 mengkomunikasikan teks lisan dan
tulis untuk meminta
dan memberi saran, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.2 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
tentang ungkapan memberi dan meminta
pendapat (opinion), sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.2 mengkomunikasikan
teks lisan dan tulis untuk memberi dan meminta
pendapat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.3 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks undangan resmi sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.3 mengkomunikasikan teks undangan resmi, lisan dan tulis, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
3.4 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari
teks ilmiah faktual ( factual report)
terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.4 menyajikan
teks ilmiah faktual terkait isu aktual, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
3.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada ungkapan permintaan
(request),
sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.5. mengkomunikasikan teks untuk menyatakan dan menanggapi ungkapan permintaan
(request),
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
3.6 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
surat pribadi sesuai dengan konteks penggunaannya
|
4.6 mengkomunikasikan
teks surat pribadi, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
3.7
menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
pemberitahuan/pengumuman (announcement), sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.7
mengkomunikasikan teks pemberitahuan/pengumuman lisan dan tulis, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.8 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan yang menyatakan keharusan (obligation), sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.8 mengkomunikasikan teks lisan dan tulis untuk menyatakan
keharusan, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.9 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada ungkapan pengandaian tentang suatu
hal yang
tidak terjadi di waktu sekarang
(conditional sentence type 2), sesuai dengan
konteks penggunaannya.
|
4.9 mengkomunikasikan teks lisan dan
tulis untuk menyatakan pengandaian tentang suatu hal tidak terjadi di waktu sekarang,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang
benar dan sesuai konteks
|
3.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan teks tentang ungkapan penawaran barang dan jasa (offering things and service), sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
4.10 mengkomunikasikan teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon penawaran barang dan jasa, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.11 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
tulis dalam bentuk memo, menu, jadwal, and simbol di tempat umum dan kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.11 menyajikan
teks tulis dalam bentuk memo, menu, jadwal, and simbol di tempat umum dan kerja
dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
3.12 menganalisis
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tentang ungkapan memberi dan meminta
informasi petunjuk arah (asking &
giving direction) , sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
4.12
mengkomunikasikan teks lisan dan tulis untuk
memberi
dan meminta informasi petunjuk arah, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.13 menilai hal yang dapat diteladani dari
tokoh dalam teks biografi dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.13 mengungkapkan kembali
hal-hal yang dapat diteladani dari
tokoh dalam teks biografi secara tertulis dan lisan serta menyusun dan menyajikan
teks biografi tokoh dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar
dan sesuai konteks
|
3.14 menganalisis
fungsi sosial dan unsur kebahasaan pada lirik lagu
terkait kehidupan remaja
|
4.14 mengapresiasi
makna/pesan secara kontekstual lirik
lagu terkait kehidupan remaja
|
KELAS:
XII
Tujuan kurikulum
mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap
sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi
sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan
rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan
kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan
pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik
lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
4. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
laporan sederhana, sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
4.1 menyajikan teks laporan sederhana lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
3.2 menganalisis fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan pengandaian tentang hal
yang tidak terjadi di masa lampau (conditional sentence type 3), sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.2 mengkomunikasikan
teks lisan dan tulis untuk menyatakan pengandaian tentang hal yang tidak
terjadi di masa lampau, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktu rteks,
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
3.3 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks tentang tugas pekerjaan dan latar belakang
pendidikan /pengalaman kerja, sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.3 menyajikan teks lisan dan
tulis untuk memberi dan meminta informasi tentang tugas pekerjaan latar belakang
pendidikan/pengalaman kerja , dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
|
3.4 menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks surat lamaran kerja, sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.4 menyusun teks surat lamaran kerja,
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan,
secara benar dan sesuai konteks
|
3.5 menganalisis fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
prosedur sederhana sesuai dengan konteks
penggunaannya
|
4.5
menyajikan teks prosedur sederhana lisan dan tulis, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
3.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks eksposisi terkait isu aktual, sesuai
dengan konteks penggunaannya
|
4.5. menyajikan teks eksposisi lisan dan tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai
konteks
|
3.7
menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada
teks surat bisnis sederhana sesuai dengan konteks penggunannnya
|
4.7 menyusun teks surat
bisnis sederhana dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
|
3.8 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan pada teks monolog lisan dan tulis di tempat umum dan kerja sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
4.8 mengkomunikasikan teks monolog
lisan dan tulis di tempat umum dan kerja dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai kontekks.
|
3.9 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks news item sederhana, lisan dan tulis, sesuai dengan
konteks penggunaannya
|
4.9 menyaji teks news items lisan dan tulis, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks
dan unsur kebahasaan secara benar dan sesuai konteks.
|
Keterangan
Penambahan KD dan pertimbangannya:
No
|
Kelas
|
KD yang ditambahkan
|
Pertimbangan
|
1
|
X
|
1. Ungkapan menunjukan perhatian
|
Ini merupakan ungkapan bahasa dasar (basic language
function) yang siswa harus kuasai
untuk dapat melakukan percakapan sederhana
|
2. Menceritakan kegiatan rutin
|
Siswa harus mampu menceritakan kegiatan
rutin/kebiasaan dengan baik.
|
||
3. Ungkapan pengandaian masa datang
|
Ini merupakan ungkapan pengandaian dasar (tipe 1)
yang harus siswa kuasai sebelum mempelajari ungkapan pengandaian selanjutnya
di kelas XI dan XII
|
||
4. Teks deskriptif orang dan benda
|
Siswa harus mampu mendeskripsikan tidak hanya tempat
tapi juga orang dan benda.
|
||
|
|
|
|
2
|
XI
|
1. Ungkapan permintaan
|
Ini merupakan ungkapan bahasa dasar (basic language
function) yang siswa harus kuasai
untuk dapat melakukan percakapan sederhana
|
2. Ungkapan keharusan
|
Ini merupakan ungkapan bahasa dasar (basic language
function) yang siswa harus kuasai
untuk dapat melakukan percakapan sederhana
|
||
3. Ungkapan pengandaian masa sekarang
|
Ini merupakan ungkapan pengandaian lanjutan (tipe 2)
yang harus siswa kuasai sebelum mempelajari ungkapan pengandaian tipe
terakhir di kelas XII
|
||
4. Ungkapan menawarkan
|
Ini merupakan ungkapan bahasa dasar (basic language
function) yang siswa harus kuasai
untuk dapat melakukan percakapan sederhana
|
||
5. Memahami memo, menu, jadwal & simbol
|
Siswa harus mampu memahami bentuk-bentuk teks
seperti ini yang sering ditemui di tempat umum dan tempat kerja
|
||
6. Memberikan petunjuk arah
|
Siswa harus mampu bertanya dan menunjukkan arah
dalam konteks yang sederhana dengan baik
|
||
7. Teks biografi tokoh
|
Siswa dapat meneladani nilai-nilai baik pada tokoh
dalam biografi yang dibaca.
|
||
|
|
|
|
3
|
XII
|
1. Menulis dan mempresentasikan laporan
|
Siswa kelas XII harus mampu menulis laporan
sederhana dan mampu menyajikannya dengan baik. Keterampilan ini akan
menunjang kompetensi siswa di dunia kerja
|
|
|
2. Ungkapan pengandaian masa lampau
|
Ini merupakan ungkapan pengandaian tipe terakhir
yang harus siswa kuasai setelah mempelajari 2 jenis ungkapan pengandaian
sebelumnya
|
3. Merinci tugas pekerjaan dan latar pendidikan
|
Siswa kelas XII harus mampu menulis merinci tugas
pekerjaan dan latar pendidikan dengan baik. Keterampilan ini akan menunjang
kompetensi siswa di dunia kerja.
|
||
4. Surat Bisnis
|
Siswa SMK harus mampu mengenali dan memahami
berbagai surat bisnis sederhana yang akan bermanfaat saat memasuki dunia
kerja.
|
||
5. Memahami teks monolog di tempat umum dan kerja
|
Siswa kelas XII harus mampu memahami berbagai teks
monolog di tempat umum dan kerja dengan baik. Keterampilan ini akan menunjang
kompetensi siswa di dunia kerja.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar