Senin, 13 November 2017

TIPS CEPAT JAGO MAIN GITAR


Berikut merupakan artikel mengenai cara cepat bermain gitar, walaupun anda adalah pemula sekalipun, asalkan ada keinginan belajar yang kuat, semua hal bisa dicapai termasuk main gitar:

A.       Bagian-bagian Gitar
o   Kepala Gitar
Kepala gitar dapat disebut juga sebagai head yang memiliki fungsi untuk meletakkan pemutar-pemutar pengikat senar atau stemmer. Umumnya kepala gitar/head terletak di bagian atas gitar ,tapi ada juga yang terletak di bagian bawah.
o   Stemmer/Pemutar dan pengikat senar
Selain berfungsi untuk mengikat senar pada bagian atas gitar ,juga berfungsi untuk mengencangkan atau mengendorkan senar saat ingin menyetem gitar.  Sebaiknya saat menyetem gitar jangan terlalu kencang memutar senarnya karena akan membuat senar menjadi tegang dan mudah putus .
o   Penyangga Senar (atas)
Berfungsi sebagai bantalan senar dan terletak di leher/neck gitar. Berdasarkan pengalaman saya bermain gitar, semakin rendah posisi penyangga senar maka semakin nyaman jari-jari kita saat memainkan senar ,selain itu juga membuat senar gitar tidak terlalu menegang.
o   Leher gitar/neck
Untuk memainkan kunci-kunci gitar dan tempat diletakkannya fret-fret gitar. Leher gitar/neck juga dapat disebut sebagai fretboard atau kayu yang memiliki fret . Biasanya bentuk leher gitar semakin kebawah semakin lebar , tapi ada juga beberapa jenis gitar yang memiliki lebar neck yang sama.
o   Fret
digunakan untuk membatasi wilayah nada-nada yang ada pada gitar, fret sendiri adalah besi-besi pembatas nada yang terletak di leher gitar/neck. Dan jumlah maksimal fret (setahu saya) pada gitar adalah 24 fret. Biasanya jarak antar fret pada gitar akustik lebih panjang jika dibandingkan dengan gitar listrik.
o   Senar
Nah inilah bagian terpenting dari gitar yang berfungsi untuk menghasilkan suara . Untuk gitar akustik memiliki dua jenis senar yaitu senar nilon dan senar kawat tapi saat ini senar yang terbuat dari kawat lebih banyak digunakan. Dari segi suara/nada yang dihasilkan ,baik senar nilon maupun kawat meskipun memiliki suara yang sama tapi karakteristik-nya berbeda. 
o   Badan gitar
Untuk gitar akustik di badan gitar terdapat lubang yang berfungsi untuk menggemakan suara yang dihasilkan selain itu juga untuk membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih keras. Tak hanya terdapat lubang suara tetapi juga terdapat penyangga senar bagian bawah dan handle
o   Lubang gitar
Hanya ada pada gitar akustik yang berfungsi agar suara yang dihasilkan menjadi lebih keras .
o   Penyangga Senar (Bawah)
Sebagai bantalan senar bagian bawah dan terletak di badan gitar . Dan sama seperti penyangga senar bagian bawah yaitu semakin rendah posisinya maka semakin nyaman saat dimainkan.
o   Handle
Memiliki fungsi untuk mengikat senar pada bagian bawah dan juga untuk memasukkan senar.

B.    Belajar dasar chord gitar
Pada tahap permulaan, yang paling saya sarankan ialah untuk mengetahui beberapa dasar chord atau kunci gitar yang sering digunakan. Contohnya: C, F, G, Am, Em, Dm. Usahakan untuk bisa menghapal satu chord per-hari dari ke 6 chord tersebut. Jadi fokuskan untuk latihan penempatan jari di fretboard gitar dan menghapal posisi nada dari setiap chord tersebut. Kebanyakan orang biasanya bisa hapal 2 atau 3 kunci perhari, tapi kalau masih baru memulai jangan terlalu memaksakan diri. Lebih baik santai tapi pasti. Karena untuk belajar gitar, kita butuh penyesuaian. Termasuk tubuh dan jari jari tangan kita. Apalagi kalau masih baru, mulai biasanya jari kita masih kaku dan tidak terbiasa. Lebih baik fokus pada 1 kunci perhari, hapalkan, dan kuasai. Sebagai contoh:
Senin belajar kunci C, selasa belajar kunci F, Rabu kunci G, dst. Trus pada hari ke7(minggu) saya akan coba memainkan ke-6 kunci yang sudah saya pelajari sebelumnya dan lihat sejauh mana saya bisa mengingatnya.Chord dasar gitar tersebut adalah yang dasar dan paling sering digunakan pada band band pop Indonesia maupun luar negeri. Jadi dengan menguasai kunci tersebut nantinya anda bisa dengan mudah untuk mengiringi lagu. Sebenarnya ada puluhan bahkan ratusan chord, tapi itu tidak terlalu penting untuk tahap ini. Hapal saja yang ke6 itu baru kita bisa melangkah ke level selanjutnyadi kemudian hari.

C.    Mengiringi Lagu dengan chord

Pada tahap selanjutnya setelah teman-teman hapal beberapa chord penting diatas. Kita bisa segera belajar mengiringi lagu dengan kunci gitar tersebut. Untuk mengetahui chord apa yang digunakan, teman-teman bisa liat di internet, dan majalah gitar. Ketika belajar dulu saya punya banyak koleksi kunci gitar beserta lagu-lagu, namun sekarang lebih mending cari di internet karena sumbernya banyak dan gratis. hehehe.. Terserah lagu apa, bisa itu lagu Indonesia, Barat, Korea, apapun yang penting kesukaan anda.
Tahap yang agak menantang disini adalah menggabungkan strumming(meng-genjreng) gitar dengan tepat sesuai pergantian chord lagu. Biasanya waktu masih awal, kita akan sedikit kaku dan canggung berganti chord dengan cepat. Itu wajar, karena memang koordinasi tangan kita belum sepenuhnya terbentuk. Lama-kelamaan pasti bisa kok.
Teman-teman bisa coba memainkan lagu dengan tempo lambat dulu, seperti lagu peterpan (mimpi yang sempurna, semua tentang kita) atau lagu tradisional indonesia seperti gundul pacul,gelang sipatu gelang. Kuncinya biasanya seputar: C,F,G,Am,Em,Dm.
Coba memainkannya dengan sangat lambat terlebih dahulu, jangan terburu-buru agar kita dapat feel nya. Karena yang paling penting adalah melakukan strumming dan pergantian chord yang tepat. Kecepatan akan terbangun sendirinya seiring semakin sering anda bermain gitar.
Ketika menekan fret gitar, usahakan pakai ujung jari kita jangan pakai kuku. Karena suaranya jauh lebih bagus kalau kita pakai ujung jari kita. Kalau perlu gunting saja kukunya, biar proses belajar gitarnya lebih lancar Lakukan teknik ini dalam 2 minggu pertama, maka hasilnya akan terlihat.

D.    Latihan gitar yang teratur

Namanya mempelajari sesuatu kita butuh pengorbanan dan ketekunan. Sama waktu belajar jalan dulu, kita harus jatuh bangun dan terus mencoba. Sama prisipnya dengan gitar, kita sebaiknya meluangkan 1 atau 2 jam perhari untuk belajar gitar. Tidak perlu terlalu banyak porsi latihannya, yang penting konsisten. Untuk belajar gitar memang dibutuhkan koordinasi yang tepat agar bisa menghasilkan musik yang enak didengar. Dan untuk mendapatkan kemampuan tersebut kita butuh latihan yang teratur.
Selamat Mencoba!!!!! ^^

Mimpi yang Sempurna
Peterpan




Em                 C            G
Mungkinkah bila kubertanya
D                                    Em
Pada bintang-bintang
                C                         G
Dan bila kumulai merasa
 D                            Em C G D
Bahasa kesunyian

Em           C             G
Sadarkan aku yang berjalan
D                               Em
Dalam kehampaan               C                         G
Terdiam, terpana terbata
      D                                  Em
Semua dalam keraguan

Bridge
C              G   D
Aku dan semua
     Em        C     G     D
Yang terluka karena kita

Chorus:
Em C                        G           
A…ku kan menghilang
D                                 Em
dalam pekat malam
       

 C                          G     D
Lepas kumelayang


Em  C          G
Biarlah kubertanya
D                                  Em
pada bintang-bintang
    C           G
Tentang arti kita
      D                               
Dalam mimpi yang sempurna

Melody: Em-C-G-D 2x
Back to Bridge









TINGGAL KENANGAN
Gabby


C            G     Am          Em
pernah ada rasa cinta
       F              C            Dm                 G
di antara kita kini tinggal kenangan
C                    G
ingin kulupakan
            Am                Em
semua tentang dirimu

F                     C         Dm                  G                     C
namun tak lagi kan seperti dirimu oh bintangku Reff :
C                  G               Am               Em
jauh kau pergi meninggalkan diriku
F            C               Dm               G
disini aku merindukan dirimu
C                G            Am                     Em
kini ku coba mencari penggantimu
F                      C                 Dm          G                  C
namun tak lagi kan seperti dirimu oh kekasih










SIMFONI HITAM
   Sherina Munaf





Am       F              E           Am
malam sunyi ku impikanmu
Am       F       E           Am
ku lukiskan kita bersama
Am       F           E           Am
namun selalu aku bertanya
F           G       E           Am
adakah aku di mimpimu
Am       F       E           Am
di hatiku terukir namamu
Am       F       E           Am
cinta rindu beradu satu
Am       F       E           Am
namun selalu aku bertanya
F           G       E           Am
adakah aku di hatimu
reff:
F     G           Am                  F      G       Am
Telah ku nyanyikan alunan-alunan senduku
F     G           Am                  F      G   Am
telah ku bisikkan cerita-cerita gelapku
F     G           Am                  F      G            Am
telah ku abaikan mimpi-mimpi dan ambisiku
 F    G     Am           G          Dm   F           G    Am
tapi mengapa ku takkan bisa sentuh hatimu

 Am   F     E        Am
Bila saja kau di sisiku
Am       F       E           Am
‘kan ku beri kau segalanya
Am       F       E           Am
namun tak henti aku bertanya
Am       F       E       Am
adakah aku di rindumu
repeat reff: 1x
F                  G                      F                       G
Tak bisakah kau sedikit saja dengar aku
F                       G                   F                         G
dengar simfoniku, simfoni hanya untukmu



Tidak ada komentar:

Posting Komentar