I.
Pilihan Ganda
1. Informasi verbal adalah informasi yang
berbentuk..
a.
Uraian
b.
Diagram
c.
Matriks
d.
Angka-angka
e.
Denah
2. Informasi verbal terdapat pada hal tersebut di
bawah ini, kecuali..
a.
Pidato
b.
Wawancara
c.
Skema
d.
Puisi
e.
Prosa
3. Cara menyimpulkan informasi dengan
mengedepankan ide-ide penjelas dan diakhiri ide utama disebut...
a.
Induktif
b.
Deduktif
c.
Campuran
d.
Produktif
e.
silogisme
4. Perhatikan paragraf di bawah ini!
Penyu hijau adalah reptilia penting di suaka margasatwa
Cikepuh. Usaha pengelolaannya dengan penetasan semi ilmiah dilaksanakan sejak tahun
1980. Penyu memang mepunyai keunikan. Ia tidak dapat menarik leher dan keempat
kakinya sama sekali. Melihat penyu
bertelur mungkin merupakan atraksi paling unik yang dapat dilihat tiap malam,
pada Juli hingga September seetiap tahun.
Gagasan utama paragraf di atas adalah ....
a.
Usaha pengelolaannya dengan penetasan semi-ilmiah dilaksanakan sejak tahun 1980.
b.
Penyu hijau adalah reptilia penting di suaka margasatwa
Cikepuh.
c.
Penyu memang mepunyai keunikan.
d.
Ia tidak dapat menarik lehernya dan keempat kakinya.
e.
Meliahat penyu bertelur mungkin merupakan salah satu
atraksi paling unik yang dapat
dilihat tiap malam, pada Juli hingga September
setiap tahun.
5. Perhatikan
paragraf berikut!
Untuk menentukan sebuah bacaan bermanfaat atau
tidak, bergantung pada opini yang sifatnya subjektif. Masing-masing individu
memiliki kemampuan dan selera yang berbeda-beda mengenai hal-hal yang di anggap
menarik untuk dibaca. Tetapi, secara umum dapat dikatakan manfaat memabaca
sangat basar, manfaat tersebut terlihat jelas dalam pembentukan keperibadian
seseorang. Salian itu, membca juga dapat memperkaya informasi
dalam alam pemikiran kita.
Simpulan dalam paragraf di atas adalah ….
a.
Biaskan
memabaca bacaan yang bermanfaat untuk
membentuk kepribadian dan memperkaya informasi.
b.
Bacalah
bacaan yang manfaatnya sesuai dengans selera.
c.
Ambilah
bacaan apa saja karena sangat besar manfatnya.
d.
Tanamkan
kebiasaan mambaca dalam masyarakat karena sangat besar manfaatnya.
e.
Banyaklah
membaca karena manfaatnya subjektif.
6.
Karangan yang menggambarkan suatu penjelasan, merincikan
dalam berbagai hal.....
a.
Narasi c. Eksposisi e. Argumentasi
b.
Deskripsi d. Persuasi
7. Perhatikan paragraf di bawah ini Khuusus no 5-6!
Ventilasi rumah memiliki banyak fungsi. Fungsi pertama adalah untuk menjaga agar aliran udara di
dalam rumah tersebut tetap segar. Fungsi kedua adalah mebebaskan udara ruangan
dari bakteri-bakteri, terutama bakteri fatogen yang cenderung hidup dan berkembang dalam ruangan dengan
tingkat kelembapan tinggi.
Jenis pola penelaran paragraf di atas adalah ....
a.
Induktif c. Campuran e. Induktif-deduktif
b.
Deduktif d. Deduktif –induktif
8.
Bentuk Paragraf tersebut dikembangkan dalam jenis
paragraf ....
a.
Deskripsi c.
Persuasi e. Arguentasi
b.
Narasi d.
Eksposisi
9. Perhatikan
penggalan paragraf berikut!
(1)
Di stasiun Bogor Jumlah penumpang Kereta Rel Listrik (KRL)
dari Jakarta mengalami penurunan. (2)Pada tanggal 22 Desember kemarin penumpang
KRL jalur Bogor-Jakarta bisa mencapai
23.619 orang. (3)Sedangkan pada 25 Desember
lalu, jular tersebut menurun,
jauh menjadi 15.792 penumpang. (4) Stap
Tata Usaha Stasiun Bogor, Syamsul mengatakan
bahwa kecendrungan ini terjadi
karena subtitusi penumpang. (5) Para pekerja yang biasanya memanfaatkan jalur KRL Bogor –Jakarta pada hari-hari biasa, saat liburan akhir
tahun ini digantikan tempatnya oleh pelancong.
Kalimat yang termasuk fakta dalam paragraf tersebut dapat ditandai dengan nomor ....
a.
(1) dan (5) c. (2) dan (4) e. (4) dan (5)
b.
(2) dan (3) d. (3) dan (4)
10.
Kalimat berikut yang merupakan kalimat tanya retorik
adalah ....
a.
Apakah Anda sudah menemukan tempat kuliah yang sesuai
dengan pilihan Anda?
b.
Siapa yang memotivasi Anda untuk melanjutkan kuliah
terlebih dahulu sebelum bekerja?
c.
Bagamana Anda\bisa memilih tempat kuliah yang baik kalau Anda tidak
mengenalnya?
d.
Jika Anda kuliah sambil bekerja, apakah Anda bisa
mengatur waktu?
e.
Apakah orang tua Anda mendukung apa yang Anda
cita-citakan?
11.
Kalimat yang mengadung unsur antonim dan sinomin yang
benar adalah ....
a.
Dia mempertaruhkan hidup dan mati demi seseorang yang
paling dicintainya.
b.
Andi bahagia saat kedatangan pamanya.
c.
Hiruk-pikuk kehidupanya selalu dijalankan dengan penuh
ketabahan.
d.
Ibu itu selalu waswas dan khawatir saat menunggu anaknya
yang belum pulang.
e.
Aku akan datang ke pesta ulang tahunmu nanti sore, jika
hari tidak hujan.
12. Kalimat yang mengandung makna konotatif yang
benar adalah ….
a.
Walaupun hujan turun,
Arin tetap datang ke sekolah.
b.
Hatiku berbunga-bunga
setelah mendengar anakku juara pertama.
c.
Aku minum kopi pahit
untuk mengusir rasa ngantuk
d.
Akhirnya pemuda itu
saling bersalaman setelah melakukan pertengkaran
e.
Pahitnya rasa jamu masih
lebih pahit rasa empedu.
13. Amir terbilang anak yang pintar dan mandiri.
Dia tak pernah meminta bantuan kepada temannya jika mengalami prmasalahan dalam
dirinya. Dia mempu menyelesaikan masalah dengan caranya sendiri. Apalagi dalam
memperjuangkan hidup, dia harus menghidupi kedua adik dan dirinya sendiri
sebagai tukang kuli panggul beras di pasar.
Pernyataan
ungkapan yang sesuai dengan paragraf di atas adalah ….
a.
Buah hati c. Habis manis sepah dibuang e. Kambing hitam
b.
Panjang tangan d. Lempar batu sembunyi tangan
14. Kalimat perintah yang menggunakan intonasi
keras, terutama perintah yang berupa larangan adalah ….
a.
“Maaf, dapatkah Anda membantu saya?”
b.
“Jangan kau dekati tempat
itu?” Mengerti !
c.
“Silahkan Anda duduk”
d.
“Berikan ini pada ibu,
tapi jangan bilang keberadaanku!”
e.
“Bisakah kamu menemani
aku untuk malam ini saja?”
15. Perhatikan paragraf berikut ini!
Yang
sekarang terjadi adalah tarik- menarik kepentingan yang disebabkan
ketidakpuasan terhadap SU 2009 lalu. Kita tidak boleh begitu. Kita harus
memperhatikan diri sebagai negarawan yang baik. Kalau hasil SU demikian,ya apa
boleh buat. Harus tetap dipertahankan.
Pernyataan
yang bersifat persuasif terdapat dalam kalimat ….
a.
Pertama c. Ketiga e. Kelima
b.
Kedua d. Keempat
16. Perhatikan penggalan puisi di
bawah ini!
Nisan
Untuk nenek kanda
Bukan
kematianmu benar menusuk kalbu
Kerihidoanmu
menerima segala tiba
Tak kuatahu
setinggi itu atas debu
Dan duka maha
tuan bertakhta
(Cahairil Anwar)
Tema puisi
tersebut adalah ....
a.
Ketabahan mengahadapi kesulitan
b.
Nenek yang duka mengadapi kematian
c.
Kesenangan yang menusuk kalbu
d.
Orag yang bersedin melihant nisan
e.
Orang yang senang
melihat nisan
17. Perhatikan penggalan puisi di bawah ini!
Kami sudah coba apa yang kami bisa
Tapi kerja belum selesai , belum bisa
Memperhitungkan arti 4-5 ribu nyawa
Kami Cuma tulang-tulang
Tapi adalah kepunyaanmu
Kaulah lagi yang tetntukan tulang-tulang
Berserakan
(Deru campur Debu, Chairil Anwar)
Sikap penyair pada penggalan puisi di atas adalah ....
a.
Pasrah dengan keadaan
b.
Puas dengan pengorbanan
c.
Menunjukkan adanya pahlawan
d.
Berkorban tanpa pamrih
e.
Merasa pengorbanannya sia-sia
18.
Berkibarlah benderaku
Lambang suci gagah perwira
Di seluruh pantai Idonesia kau tetap pujaan bangsa.
Tema di atas tentang....
a.
Perjuangan c. Patriotisme e. Kebanggaan
b.
Kepahlawanan d. Keadilan
19. Perhatikan
pengalan puisi berikut!
Benteng
Tentara
rakyat telah meluciti kebatilan
Setalah
mereka menyimakkan deru sejarah
Dalam regu
perkasa mulailah melangkah
Karena
perjuangan pada hari-hari ini
Adalah
perjuang dari kalbu yang murni
Belum pernah
kesatuan terasa begini eratnya
Kecuali dua
puluh tahun yang lalu
Maksud
pengarang dalam penggalan puisi di atas adalah ....
a.
Mengemukakan kejujuran kemanusian
b.
Melambangkan pergolakan batin dan keputusan
c.
Menjunjung nilai sejarah dan eratnya persatuan
d.
Memancarkan bara perjuangan dan menegakkan kebenaran.
e.
Mengungkapkan keikhlasan dan ketulusan
20.
Pergesaran kalimat berameliorasi yang benar adalah ....
a.
Ibu itu telah melahirkan bayi kembar.
b.
Agar Anda tidak terjerat hukum, beri saja hakim itu amplop.
c.
Perempuan itu tewas mengenaskan.
d.
Kini dia menjadi babu
e.
Putri pak Ahmad kini di rumah sakit
21.
Kalimat yang mengalami penyempitan makna ....
a.
Bapak Ahmad kini diangkat menjadi presiden direktur di
perusahannya.
b.
Para sarjana ekonomi kini banyak yang menganggur
c.
Dapatkah Saudara membantu kami?
d.
Sinta menangis saat kakaknya berbaring di rumah
sakit.
e.
Para putra bangsa sedang mengikuti olimpiade
22.
Kalimat yang bermakna asosiatif adalah ....
a.
Andi minum kopi pahit untuk mengusir rasa ngatuk.
b.
Para bajing loncat kini telah diamankan oleh pihak
kepolisian
c.
Kedua anak itu saling baku hantam.
d.
Kedua penjahat itu saling tikam-menikam.
e.
Berita itu sudah basi untuk kami sampaikan lagi.
23.
Kalimat yang
beramakna konotatif adalah ....
a.
Kedua orang itu saling berjabatan tangan.
b.
Bunga desa itu
menjadi buah bibir di kalangan warga .
c.
Andi mengirimkan surat untuk ibunya di desa.
d.
Anak itu tertawa terbahak-bahak
e.
Gadis itu menangisi cincinya yang hilang.
24.
Cermati kalimat berikut ini!
Perusahaan garmen mengurai .... pakaian anak-anak karena
stok masih banyak.
Disksi (pilihan kata) yang tepat untuk melangkapi kalimat
yang dirupangkan adalah ....
a.
Produksi c. Produktif e. Produktivitas
b.
Produk d. Produsen
25.
Cermati teks Berikut!
Departemen kesaehatan memberikan prioritas tinggi dalam
pemberian ....pelayanan kesehatan kepada masyarakat miskin melalui Program
Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).
Istilah yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas
adalah ....
a.
Askes c. Asuransi e.
Apotek
b.
Akses d. Antibodi
26. Perhatikan penggalan Cerpen berikut!
“Pergi jagan harap engkau bisa
menipuku!”
“Aku tidak akan menipumu, ini
buktinya bahwa aku disuruh untuk mengambil barang ini.”
Tidak. Tidak, pokoknya tidak,
bangsat! Pergi!” Kata Anton dengan kasar, sambil melempar sapu lidi yang sudah
ada di tangannya.
“Jangan!” Heri lari tunggang
langgang karena ketakutan.
Watak yang paling tepat untuk
tokoh Anton adalah ….
a. Jahat c. Pedendam e. Masa bodo
b.
Kasar
dan beringas d. Tidak bertanggung jawab
27.
Perhatikan penggalan Cerpen
berikut!
Tamparan berkali-kali dari lelaki itu membuat tubuh
Sih terhuyung-huyung. Perempuan itu jatuh terduduk di sudut kamar setelah
pelipisnya terbentur ujung lemari kayu yang lancip. Darah menetes dari sana, juda dari bibirnya yang seakan
pecah
(Pertempuran Di
Taman Hening:Helvy)
Latar penggalan cerpen adalah ….
a.
Sudut
kamar c. Ujung lemari e. Lemari kayu
b.
Pelipis d. Kayu lancip
28.
Bacalah penggalan
naskah drama yang rumpang berikut ini!
Ambu :
Abah teh kesal sama Ambu? Cemburu?
Abah :
Cemburu? Abah cemburu sama Ambu? Tidak, tidak, tidaaak!
Ambu :
….
Abah :
Abah sudah tahu segalanya tentang Ambu
Ambu :
Tahu apa?
(Singan Abah dalam Serial Si Kabayan)
Kalimat
yang tepat untuk melengkapi dialog yang rumpang di atas adalah ….
a.
Jadi
Abah sudah main rahasia-rahasiaan?
b.
Kalau
tidak, kenapa atauah tidak mau makan?
c.
Memangnya
tidak boleh cemburu?
d.
Ceritanya
…., Abah teh cemburu?
e.
Jangan
cemburu sama Ambu
29.
Kemilau
mutiara telah membiaskan dolar dan dolar telah menyebabkan hutan-hutan bakau di
kepulauan Aru punah dibabat. Tak syak lagi tangan jail ada di mana-mana dan Aru
yang terletak di pojok tenggara provinsi
Inti permasalahan yang tersirat dalam paragraf di
atas adalah ….
a.
Kerang
mutiara dapat menghasilkan kerang.
b.
Akibat
pencaian mutiara, hutan bakau di kepulauan Aru di babat.
c.
Akibat
pengembang biakan kerang, mutiara hutan bakau di kepulauan Aru dibabat.
d.
Hutan-hutan
bakau di kepulauan Aru punah dibabat.
e.
Akibat
tangan-tangan jail, hutan bakau di kepulauan Aru punah dibabat!
30.
Berikut
yang bukan arti dari memorandum
adalah ….
a.
Nota
c. Surat penyataan e.
Berupa saran dari atasan
b.
Peringatan
tidak resmi d. Surat pernyataan
31.
Ragam
lisan yang memungkinkan orang menggunakan parafrasa, terdapat dalam situasi
kebahasaan..
a.
Pidato
b.
Tanya
jawab
c.
Panel
d.
Wawancara
e.
Kampanye
32.
Nilainya
sangat mengecewakan membuat ia tidak naik kelas.
Kata yang bergaris bawah merupakan parafrasa dari..
a.
Baik
b.
Bagus
c.
Jelek
d.
Puas
e.
Cukup
33.
Parafrasa
yang disampaikan secara lisan dapat menggunakan pola pola penyajian di bawah
ini, kecuali..
a.
Sebab
akibat
b.
Proses
c.
Kronologis
d.
Contoh
e.
Perbandingan
34.
Di
bawah ini yang tidak termasuk ke dalam penyimpulan secara deduktif adalah…
a.
Silogisme
b.
Penalaran
sebab-akibat
c.
Analogi
d.
Penaliran
akibat-akibat
e.
Penalaran
akibat-sebab
35.
Cara pengambilan simpulan
dengan menganggap 2 hal memiliki kesamaan mendasar yang berhubungan dengan
simpulan disebut...
- Silogisme
- Generalisasi
- Penalaran sebab-akibat
- Analogi
- Penalaran akibat-sebab
II. Esai
1.
Jelaskan pengertian Parafrasa menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia!
2.
Buatlah
satu buah memo!
3.
Sebutkan 4 buah contoh surat perintah!
4.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan Verba, adjektiva,
Nomina, dan Numeralia!
5.
Buatlah satu buah percakapan yang di dalamnya terdapat
pertanyaan retoris!
SELAMAT BEKERJA
{N.H}
Tidak ada komentar:
Posting Komentar