1. Perhatikan Paragraf di bawah i
Isu
hidupnya lembaga bredel dalam legislasi pers nasional kembali menghantui insan
pers Indonesia. Beberapa kalangan mengaku telah menerima draft perubahan
UU Pers yang di dalamnya konon antara lain memuat pengaturan mengenai bredel.
Ketakutan akan kembalinya rezim otoriter yang menaburkan kritik dan
membudayakan sensor, pembungkaman, serta pembutatulian warga kembali menyeruak.
Tidak heran wacana yang hendak dimunculkannya kembali dibredel dalam pembaruan
hukum pers yang sebenarnya masih dalam tataran isu menimbulkan gelombang
penolakan.
Boleh
dikata tidak ada satu pun insan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi di
negeri ini yang mau lembaga bredel dihidupkan kembali. Eksisnya lembaga bredel dikhawatirkan
memberi peluang bagi kekuasaan untuk secara diskredit menghentikan operasi
lembaga pers jika dianggap merongrong kewibawaan pemerintah. Pertanyaan
mendasar yang layak dikemukakan adalah sejauh mana kekhawatiran akan kembalinya
lembaga bredel harus diterima khususnya di era keterbukaan ini? Yang jelas, isu
munculnya bredel di era kebebasan pers akan ditolak karena akan menghambat
kreativitas insan pers.
A. Mengapa Pemerintah membuat Undang-undang
Pers yang mengatur pembredelan?
B. Bagaimana sikap insan pers terhadap
rencana munculnya kembali lembaga bredel?
C. Sejak kapan pembaharuan hukum pers
yang meresahkan insan pers itu terjadi di Indonesia?
D. Siapa sajakah yang diuntungkan
secara konseptual dan finansial di era kebebasan pers?
E. Pada media apa lembaga bredel
berwenang mencabut hak untuk terbit dan siaran?
2. Mengapa insan pers dan pegiat hak
atas kebebasan informasi menolak lembaga bredel dihidupkan kembali?
Jawaban yang tepat adalah karena ....
A. dengan hidupnya lembaga bredel dalam
legislasi pers nasional akan menghantui insan pers
B. insan pers dan pegiat merasa takut
akan kembalinya rezim otoriter yang membudayakan sensor
C. lembaga bredel dikhawatirkan akan
memasung kreativitas lembaga pers dan pegiat dalam pemberitaan
D. lembaga bredel dikhawatirkan memberi
peluang lebar bagi kekuasaan untuk menghentikan operasi lembaga pers
E. lembaga bredel akan menyensor
berita-berita yang dimunculkan di media massa dengan ketat
3. Pernyataan yang sesuai dengan paragraf
kedua adalah ....
A. Wacana menghidupkan kembali lembaga bredel ditentang insan
pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi.
B. Eksistensi lembaga bredel di Indonesia menyebabkan
pemerintah sering menindak tegas insan pers.
C. Di era keterbukaan ini lembaga pers mempunyai peranan serta
tanggung jawab yang besar kepada masyarakat.
D. Insan pers dan pegiat hak atas kebebasan informasi merasa
dirugikan karena menjadi kambing hitam lembaga bredel.
E. Lembaga bredel bertugas menghentikan penertiban dan
penyiaran yang dikategorikan merongrong pemerintah.
4. Simpulan isi teks tersebut adalah
...
A. Lembaga pers dan lembaga bredel
seharusnya bekerja sama demi kemajuan, bangsa.
B. Pemerintah memandang perlu adanya
lembaga bredel untuk meredam pers yang kebablasan.
C. Kehidupan pers di era keterbukaan
ini lebih baik bebas dan rasa takut dan khawatir.
D. Rasa saling curiga antara pemerintah
dan insan pers berdampak negatif pada arus informasi.
E. Isu munculnya lembaga bredel di era
kebebasan pers akan ditolak karena menghambat eksistensi insan pers.
Semburan
Baru Muncul di Mindi
Semburan
lumpur, air, dan gas baru keluar dari halaman belakang rumah salah seorang
penduduk, warga Desa Mindi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. Semburan itu
merupakan semburan ke-59 yang muncul di sekitar pusat semburan utama.
Menurut
seorang ahli dan Leader Team Fergaco, perusahaan yang mengawasi gas-gas
berbahaya di sekitar pusat semburan, semburan itu sama dengan 58 semburan liar
sebelumnya. Semburan liar itu juga tidak berbahaya dan tidak akan membesar.
Kalau dibiarkan semburan itu akan mengecil sendiri. Untuk menutup semburan,
hari ini akan dimasukkan 100 kilogram semen ke dalam lubang asal semburan.
5. Ide pokok paragraf kedua teks
tersebut yang tepat adalah ....
A. Pengawasan gas oleh tim ahli.
B. Pendapat tentang semburan liar.
C. Munculnya semburan liar.
D. Mengecilnya semburan liar.
E. Penutupan lubang semburan.
6. Fakta dalam teks tersebut yang tepat
adalah ...
A. Semburan lumpur baru merupakan
semburan ke-59.
B. Semburan liar itu tidak berbahaya seperti
semburan yang lainnya.
C. Semburan liar itu sama dengan
semburan sebelumnya.
D. Semburan liar itu akan mengecil
dengan sendirinya.
E. Untuk menutup semua semburan liar
itu, diperlukan 100 kilogram semen.
7. Opini dalam teks tersebut adalah
....
A. Semburan liar itu terjadi di halaman
rumah seorang warga.
B. Semburan liar itu tidak berbahaya
dan akan mengecil dengan sendirinya.
C. Semburan itu merupakan semburan yang
ke-59.
D. Rumah warga yang terkena semburan
terletak di Desa Mindi, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo.
E. Hari ini ke dalam lubang asal
semburan dimasukkan 100 kilogram semen.
8. Simpulan yang tepat untuk paragraf
kedua adalah ....
A. Semburan lumpur, air, dan gas baru
yang keluar di Desa Mindi berbahaya.
B. Semburan yang keluar di Desa Mindi
merupakan semburan liar yang ke-59.
C. Warga Desa Mindi menemukan semburan
lumpur liar di belakang rumah seorang warga.
D. Semburan liar yang ke-59 tersebut
tidak berbahaya dan akan mengecil sendiri.
E. Untuk menutup semburan liar yang
baru di Desa Mindi diperlukan 100 kilogram semen.
(1)
Objek wisata Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk memudahkan
wisatawan menikmati keindahan pantai. (2) Wisatawan domestik maupun mancanegara
dapat menggunakan transportasi untuk menikmati keindahan alam. (3) Di sepanjang
tepi Pantai Pangandaran terlihat berjejer perahu untuk disewakan. (4) Dengan
biaya Rp 1.000,00 saja per orang, para wisatawan dapat berputar di sekitar
pantai dan menikmati keindahaan taman laut. (5) Para pedagang ikut meramaikan
situasi pantai Pangandaran.
9. Kalimat utama paragraf tersebut
terdapat pada nomor ...
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
10. Makna kata domestik dalam
paragraf tersebut adalah ...
A. asli Indonesia
B. pribumi
C. dalam negeri
D. luar negeri
E. kenegaraan
11. Kalimat penjelas yang tidak
mendukung kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah nomor ....
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
(1)
Badan kependudukan PBB atau United Nations Population Fund (UNPF, dulu UNFPA),
Rabu 27 Juni 2007, menerbitkan laporan tentang kependudukan dunia. (2) Laporan
tersebut menyebutkan lebih dari setengah penduduk dunia atau 3,3 miliar akan
tinggal di kawasan perkotaan pada tahun 2008. (3) Jumlah ini diperkirakan akan
meningkat menjadi lima miliar pada tahun 2030. (4) Penghuni baru perkotaan ini
adalah keluarga berpenghasilan rendah. (5) Kalau saja tidak dilakukan langkah
responsif, banyak kota yang tidak akan mampu menampung pertumbuhan cepat
tersebut. (6) Penyebabnya bukan migrasi, tetapi pertumbuhan alami dengan jumlah
kelahiran lebih banyak daripada jumlah kematian.
12. Kalimat yang merupakan opini
penulisan terdapat pada nomor ...
A. (1) dan (2)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
E. (5) dan (6)
13. Pernyataan yang sesuai dengan tabel
Kualifikasi Tenaga Pendidik di Indonesia Tahun 2002/2003 adalah :
a. Berdasarkan ijazah tertinggi, tenaga
pendidik SMA lebih banyak yang berijazah sarjana daripada tenaga pendidik SMK.
b. Sebagian besar tenaga pendidik
sekolah dasar hanya memiliki ijazah SMA dan D2.
c. Tenaga pendidik SMK berijazah
tertinggi D3 lebih banyak daripada tenaga pendidik pada sekolah dasar.
d. Berdasarkan persentase ijazah
tertinggi, seluruh tenaga pendidik pada perguruan tinggi berijazah sarjana dan
pascasarjana. (pernyataan sudah tepat)
e. Berdasarkan jumlah guru, tenaga
pendidik SMP lebih banyak berijazah sarjana daripada tenaga pendidik SMK.
14. Simpulan isi tabel tersebut yang
tepat adalah ....
A. Tenaga pendidik pada SMK tidak ada
yang memiliki ijazah S3.
B. Jumlah guru untuk SLB tidak berbeda
dengan TK.
C. Jumlah guru SLTP paling banyak di
Indonesia.
D. Ijazah S3 banyak dimiliki oleh guru
SLTP.
E. Tenaga pendidik pada SMA paling
banyak memiliki ijazah sarjana.
Melihat
tingkah kedua remaja itu, ditambah dengan ajakannya yang menggoda, serta musik
pengiringnya yang merangsang, penumpang-penumpang yang banyak itu pun tergelitik
ikut menari. Semua mereka sekarang menari. Anak gadis yang duduk di sebelahku
mungkin tergoda pula untuk menari. Dia menoleh kepadaku dan berkata," Mari
kita ikut menari, Pak."
"Taklah.
Badan Bapak masih terasa sakit. Kau sajalah yang menari."
"Tapi
tak ada pasangan yang tersisa untukku. Ayolah! Temani saya. Tak apalah
sakit-sakit sedikit. Apa kata anak muda itu? Lupakan sejenak segala duka! Ayo.
Mari sejenak kita ikut berlupa-lupa."
"Bapak
tidak pantas menari bersamamu. Malu dilihat orang. Apa kata mereka nanti? Si
tua yang tak tahu dituanya!"
"Semua
orang sekarang ini sedang gila menari! Tak pantas kalau tak ikut menari di
tengah orang yang sedang menari. Ayolah, Pak. Ayolah. Malu bukan lagi milik
orang sekarang ini. Ayolah. Lupakan sejenak segala duka! Mari bergembira."
Ditariknya tanganku.
"Saya
ingin sekali menari di atas kereta rel listrik yang sedang berjalan. Bagaimana
rasanya melenggok di atas lantai yang bergoyang. Tak pernah saya temukan
suasana gila seperti ini, seumur-umur. Ayolah, Pak. Mumpung ada orang yang
mengambil inisiatif."
Di Atas Kereta Rel Listrik, Hamsad Rangkuti
15. Masalah yang diungkapkan dalam
kutipan cerpen tersebut adalah ....
A. ajakan seorang gadis kepada tokoh
"aku" untuk ikut menari
B. keinginan tokoh "aku"
terhadap ajakan gadis untuk menari
C. suasana gila di atas kereta rel
listrik yang sedang berjalan
D. seorang gadis yang ingin ikut menari
di atas kereta rel listrik
E. kesadaran tokoh "aku"
untuk menari mengikuti ajakan seorang gadis
16. Amanat yang terdapat dalam kutipan
cerpen tersebut adalah ....
A. Rasa malu hendaknya disesuaikan
dengan situasi dan kondisi pada saat itu.
B. Anak-anak muda sebaiknya tidak
mengikuti perkembangan budaya asing.
C. Orang harus mempertimbangkan sesuatu
sebelum melakukan perbuatan.
D. Sebaiknya orang harus pandai
menyesuaikan diri dengan lingkungan saat itu.
E. Anak-anak muda sebaiknya jangan
mudah tergoda oleh budaya dalam negeri.
Syahdan
akan Permaisuri Kuripan pun ingin rasanya ia hendak berputra laki-laki yang
baik parasnya. Maka kata permaisuri: "Kakang Aji, ingin pula rasanya kita
ini peroleh anak." Maka kata Nata: "Sungguh seperti kata Tuan;
Kakanda pun demikianlah juga bila gerangan Kakang ini beroleh putera dengan pun
Yayi, akan jadi ganti pun Kakang di dalam dunia ini, kalau-kalau kita kedua
dikehendaki oleh Shangyang Sukma kembali ke kayangan kita." Maka kata
Permaisuri: "Kakang Aji, marilah kita memuja pada segala Dewa-dewa
memohonkan kalau-kalau dianugerahkan oleh Dewa mulia raya akan kita akan anak
ini."
17. Watak permaisuri dalam kutipan
tersebut adalah ....
A. takut pada suami
B. keras hati
C. taat beribadah
D. suka berkhayal
E. tinggi hati
18. Amanat yang sesuai dengan isi
kutipan tersebut adalah ....
A. Janganlah memuja dewa-dewa.
B. Bersabarlah dalam menghadapi
musibah.
C. Bersikaplah saling menghormati
antara suami-isteri.
D. Hindarilah perbuatan yang tidak
terpuji.
E. Berdoa dan berusahalah jika
menginginkan sesuatu.
(1)
Sepeninggal kedua orang tuanya, anak itu sering terlihat duduk termenung di
pinggir sungai sambil memandang ke arah riak air. (2) Benar saja seperti yang
dikatakan oleh orang tuanya. (3) Pada suatu hari yang panas, hujan turun
rintik-rintik dan ada pelangi. (4) Terlihat air di sungai berubah menjadi putih
seperti air susu. (5) Itulah tanda bahwa kedua orang tuanya telah menang dalam
perkelahian maut dengan naga putih. (6) Namun, anak itu tak dapat hidup sendiri
tanpa orang tuanya. (7) Oleh karena itu, ia tetap duduk termenung sampai akhir
hayatnya.
(Legenda
Lok Si Naga: Cerita Rakyat dari Kalimantan, oleh James Danandjaja)
19. Nilai moral yang terkandung dalam
kutipan karya sastra di atas adalah ...
A. Seorang anak yang merasa bahagia
atas kemenangan kedua orang tuanya.
B. Seorang anak yang sering duduk
termenung di pinggir sungai sambil memandang ke arah air sungai.
C. Seorang anak yang setia menunggu
kedatangan orang tua sampai akhir hayat.
D. Seorang anak yang selalu patuh dan
menurut nasihat orang tua.
E. Seorang anak yang senang melihat air
sungai berwarna putih seperti susu.
20. Bukti latar tempat digambarkan pada
kalimat nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (5)
D. (3) dan (6)
E. (4) dan (7)
"Bangsat,
siapa kau," Haji Basuni membentak dan ketika menajami mukaku dengan
geramnya ia hendak mencengkeram aku. Setengah takut aku undur dan menjawab:
"Aku
Leman Umi dan Latifah." Dan tiba-tiba benciku timbul terhadap haji itu.
"Tapi,
aku larang kau dekati mereka, mengerti anak lapar?"
Betapa
tersinggungku mendengar kata-kata terakhir haji itu. Tapi, aku tak berani dan
tak bisa berbuat apa-apa selain kecut dan mendongkol.
Sesudah
haji itu meninggalkan aku dan baru saja aku melangkah, dari rumah Umi terdengar
suara gaduh diiringi tangis perempuan, dan itu suara Umi. Ia melolong-lolong
dalam sela bentak dan rotan, mungkin bersama kakaknya.
21. Watak tokoh Haji Basuni dalam cerpen
tersebut adalah ....
A. keji, tetapi sangat sayang pada
anaknya
B. berwibawa dan tegas dalam bersikap
C. kejam dan kasar dalam berucap
D. bijaksana, tetapi keras dalam
bertindak
E. kejam dan sangat disiplin
22. Pendeskripsian watak dalam penggalan
cerpen di atas dilakukan dengan cara ....
A. tanggapan tokoh lain dan dialog
antartokoh
B. tanggapan tokoh lain dan lingkungan
tokoh
C. dialog antartokoh dan
pikiran-pikiran tokoh
D. deskripsi ciri fisik dan tanggapan
tokoh lain
E. deskripsi gerak-gerik dan lingkungan
tokoh
Menurut
Ibu yang didengarnya dari Ayah, sebab terjadi penikaman terhadap Opzichter Belanda
itu karena Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka, dan
rupanya kuli-kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan
hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka
memutuskan ramai-ramai menyerang Opzichter.
Kuli
Kontrak,
Mochtar Lubis
23. Konflik dalam kutipan tersebut
adalah ....
A. Rasa benci istri kuli-kuli kontrak
terhadap Opzichter yang kurang ajar.
B. Opzichter merasa marah karena istri
kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya.
C. Rasa marah (gelap mata) kuli-kuli
kontrak terhadap Opzichter.
D. Rasa tertekan perasaan istri-istri
kuli kontrak terhadap suami mereka.
E. Opzichter merasa terhina istri
kuli-kuli kontrak menolaknya.
24. Penyebab konflik pada diri kuli
kontrak adalah ....
A. Kuli-kuli kontrak memaki-maki
Opzichter yang mengganggu istri mereka.
B. Istri kuli-kuli kontrak mengadukan
Opzichter kepada suami mereka.
C. Opzichter tidak dapat lagi menahan
marahnya terhadap istri kuli kontrak.
D. Istri kuli kontrak merasa dihina
oleh perlakuan Opzichter.
E. Opzichter selalu mengganggu istri
kuli-kuli kontrak.
25. Peristiwa akibat konflik tersebut
adalah ...
A. Opzichter menyerang kuli-kuli
kontrak yang melawan.
B. Kuli kontrak memutuskan untuk
menyerang Opzichter.
C. Opzichter mengutuk kuli-kuli kontrak
mengekang istrinya.
D. Istri kuli kontrak mengadukan
perbuatan Opzichter kepada mereka.
E. Kuli kontrak melindungi istri-istri
mereka dan bahaya.
MENYESAL
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Aku lalai di hari pagi
Beta lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati
Miskin ilmu, miskin harta
...
A. Hasymi
26. Kata petang pada larik ketiga
puisi tersebut mempunyai makna lambang ...
A. waktu sore hari
B. kehidupan manusia
C. suasana senja
D. masa tua
E. perasaan manusia
27. Maksud bait kedua puisi tersebut
adalah ...
A. seseorang yang lengah di pagi hari
sehingga hidupnya sangat menderita di usia muda
B. seseorang yang menderita hidupnya
karena tidak mempunyai ilmu dan harta
C. seseorang yang miskin harta dan
miskin ilmu pada masa muda karena ia lupa waktu
D. seseorang yang telah menyia-nyiakan
masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga hidup menderita di hari tua
E. seseorang yang melalaikan waktu di
masa muda karena dia tidak memiliki ilmu dan harta
28. Premis umum : Pada hari raya Idul
Fitri jalur pantura macet.
Premis khusus : ...
Kesimpulan : Hari ini jalur pantura
macet.
Premis khusus yang tepat untuk
melengkapi silogisme tersebut adalah ....
A. Hari ini hari raya.
B. Hari ini hari Minggu.
C. Hari ini banyak orang berlibur.
D. Hari ini sebagian jalur pantura
macet.
E. Hari ini hari raya Idul Fitri.
29. Manusia yang memiliki ilmu yang luas
akan merasa dirinya tidak memiliki apa-apa. Dia merasa dirinya banyak
kekurangan, banyak orang yang lebih pintar daripada dirinya. Ia pun merasa
kecil. Bila berjalan dia akan merunduk. Sama halnya dengan setangkai padi. Padi
itu bila bulirnya makin berisi, makin berat sehingga tangkainya tidak kuat
menahan, dan akhirnya batang tangkai menjadi merunduk. ...
Kalimat simpulan yang tepat untuk
mengakhiri paragraf tersebut adalah ....
A. Begitulah bila padi itu berisi,
bulirnya semakin berat dan tidak akan kuat tangkainya menahan.
B. Contohlah ilmu padi bila Anda tidak
dikatakan seorang sombong dan tidak memiliki ilmu.
C. Ilmu itu akan berguna bila diamalkan
seperti halnya bulir padi yang berbuah bernas (padat).
D. Jadi, orang yang berilmu luas sama
halnya dengan tangkai padi yang berbulir bernas (padat) akan semakin merunduk.
E. Demikianlah kesamaan padi dan diri
seseorang yang tidak memiliki rasa sombong dan tinggi hati.
30. Saya melihat orang-orang asyik
membaca koran di halte bus. Kegiatan serupa juga saya jumpai di peron stasiun
kereta api. Saat saya jalan-jalan di taman-taman hal yang sama juga saya lihat,
orang duduk bersantai sambil membaca koran. Bahkan, ketika saya keluar ruangan
dan sampai di trotoar, saya melihat berderet anak sekolah, kawula muda, dan
orang dewasa semua sedang membaca ....
Simpulan yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah ...
A. Di berbagai tempat semua orang mulai
membutuhkan koran.
B. Kapan
pun waktunya semua orang membutuhkan koran.
C. Akhir-akhir
ini semua orang menginginkan membaca.
D. Demi
tuntutan zaman semua orang menginginkan kemajuan dalam membaca.
E. Jadi,
banyak orang yang memanfaatkan waktu untuk membaca.
31. Pada masa lalu bila seseorang mau
menabung atau mengambil uang di bank, harus dating langsung ke bank tersebut
dengan memenuhi segala persyaratan. Demikian juga ketika seorang nasabah mau
mentransfer dana ke rekening lain, harus datang ke bank tersebut dengan
memenuhi segala persyaratan. Segala sesuatu harus diselesaikan di bank tempat
nasabah tersebut menyimpan uang. Sekarang, para nasabah semakin dimanjakan
dengan ditawarkannya berbagai pelayanan baru dalam perbankan. Bila nasabah akan
mengadakan transaksi mulai dari menabung, mengambil uang, mengecek saldo akhir,
transfer antarrekening, membayar telepon, listrik, dan lain-lain dapat
melakukan dari jarak jauh dengan cara menelepon. Telebanking harus dimiliki
setiap orang untuk bertransaksi.
Simpulan pada akhir paragraf salah,
perbaikannya adalah ........
A. Telebanking
merupakan inovasi baru untuk mempermudah para nasabah melakukan berbagai
kegiatan transaksi perbankan.
B. Telebanking
memanjakan nasabah asal memenuhi persyaratan perbankan.
C. Sebelum
ada telebanking nasabah harus datang ke bank untuk melakukan berbagai
transaksi.
D. Telebanking
bersifat multifungsi selain untuk transaksi perbankan dapat juga digunakan
untuk transaksi pembayaran rekening telepon, listrik, dan lain-lain.
E. Telebanking
adalah transaksi perbankan yang dilakukan dan jarak jauh melalui telepon.
32. Udara berkabut. Dingin menusuk
kulit, sunyi, dan sepi sekali. Pepohonan pun terlihat tidak bergerak. Terdengar
sayup-sayup dari radio nyanyian Mozart Night mengalun lambat beriba-iba
.....
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah ...
A. Pelan-pelan
air mata meluncur membasahi pipinya.
B. Udara
membawa kristal, menebar di sepanjang halaman.
C. Lantas
ia menarik gorden, memandang keluar jendela.
D. Salju
menaburi jalanan asrama mahasiswa yang tegak di tengah kota.
E. Ia
tersenyum ketika mengingat saat-saat indah.
33. Warung internet (warnet) di Tokyo
sudah menjadi alternatif tempat tinggal baru. Dengan ........ harga sewa yang
jauh lebih murah daripada hotel, sejumlah warnet dilengkapi dengan kursi nyaman
yang bisa direbahkan sandarannya untuk tidur. Selain itu, tersedia pula mircrowave
dan shower. Selain mirip tempat tinggal, warnet tersebut juga
........ ratusan buku komik.
Kata berimbuhan yang tepat untuk
mengisi bagian rumpang dalam paragraf tersebut adalah...
A. tawaran, penyajian
B. ditawarkan, disajikan
C. penawaran, tersaji
D. menawarkan, menyajikan
E. menawarkan, sajikan
34. Tujuan pelatihan kecerdasan
emosional ini ........ orang tua sadar terhadap emosi mereka sendiri dan dapat
menggunakan kepekaan mereka ........ menyelaraskan diri secara tulus dengan
perasaan anak mereka.
Kata penghubung antarklausa yang
tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah ....
A. demi, bagi
B. bila, agar
C. agar, untuk
D. kalau, demi
E. bahwa, yang
35. Hasil percobaan masyarakat desa
dalam membudidayakan lele dumbo.
Penulisan judul karangan tersebut
yang sesuai dengan EYD adalah ........
A. Hasil Percobaan Masyarakat desa
dalam Membudidayakan lele Dumbo
B. Hasil Percobaan Masyarakat Desa
dalam Membudidayakan Lele Dumbo
C. Hasil Percobaan Masyarakat Desa
Dalam Membudidayakan Lele Dumbo
D. Hasil Percobaan Masyarakat Desa
dalam Membudidayakan lele Dumbo
E. Hasil Percobaan Masyarakat desa
dalam Membudidayakan Lele Dumbo
36. Dalam film ini ingin mengatakan
bahwa orang-orang yang menghakimi itu sesungguhnya tidak tahu betul soal diri
Ajeng alias cuma sok tahu.
Perbaikan yang tepat terhadap
struktur yang salah pada kalimat tersebut adalah ...
A. Dalam film ini ingin menceritakan
orang-orang yang menghakimi Ajeng itu cuma sok tahu.
B. Film ini ingin mengatakan bahwa
orang-orang yang menghakimi itu sesungguhnya tidak tahu betul soal diri Ajeng
alias cuma sok tahu.
C. Film ini ingin mengatakan tentang
orang-orang yang dihakimi itu, bahwa sesungguhnya diri Ajeng itu cuma sok tahu.
D. Film ini ingin menceritakan
orang-orang yang menghakimi diri Ajeng itu cuma sok tahu.
E. Film ini dikatakan oleh orang-orang
yang menghakimi Ajeng itu sebagai orang yang cuma sok tahu.
37. Penerapan Ejaan yang Disempurnakan
(EYD) dalam karangan siswa SMA di Jakarta Latar belakang karya tulis yang
sesuai dengan tema tersebut adalah ...
A. Sering ditemukan kesalahan
penggunaan EYD dalam karangan siswa SMA di Jakarta.
B. Siswa SMA di Jakarta perlu belajar
tentang cara mengarang yang baik.
C. Setiap mengarang siswa SMA di
Jakarta selalu menggunakan kalimat baku.
D. Siswa SMA harus menggunakan kaidah
penulisan dalam mengarang.
E. Setiap mengerjakan tugas bahasa
Indonesia sejak SMA tidak menggunakan EYD.
38. Penulis tergelitik hatinya untuk
melakukan penelitian iklim organisasi di sekolah tersebut. Makna lugas (yang
sebenarnya) untuk pengganti kelompok kata yang tercetak tebal tersebut adalah...
A. terkesan
B. tertarik
C. terpanggil
D. terpaksa
E. tersentuh
39. BANK MASPION
Bank Swasta Devisa yang berkembang,
memberi kesempatan kepada ANDA bergabung dengan tim kami yang dinamis, dengan
spesifikasi sebagai berikut:
KADIV PENGEMBANGAN PRODUK DAN JASA
(KADIV PPJ)
§ Pengalaman min. 3 tahun sebagai Product
Manager atau min. 5 tahun sebagai staff pengembangan produk pada perbankan,
asuransi atau periklanan.
§ Untuk ditempatkan di
Jakarta/Surabaya.
STAFF INFORMATION TECHNOLOGY (STAFF
IT)
- S1/D3 Teknik Informatika dari
universitas terkemuka dengan IPK > 3,00
- Untuk ditempatkan di kota
Malang dan bersedia dimutasi di kota-kota lainnya di Indonesia.
Jika ANDA memiliki kualifikasi untuk
posisi tersebut di alas, kirimkan lamaran disertai daftar riwayat hidup dan
foto terbaru ke:
Kalimat pembuka surat lamaran
pekerjaan yang tepat berdasarkan iklan di atas adalah...
A. Dengan hormat, melalui lamaran ini
saya mengajukan permohonan untuk bergabung dengan tim Saudara.
B. Bersama ini saya ajukan lamaran
pekerjaan kepada Direksi PT Bank Maspion Indonesia.
C. Setelah membaca dalam harian Kompas,
tanggal 7 Juli 2007, saya mengajukan surat lamaran pekerjaan dan siap bergabung
dengan tim Saudara.
D. Berkenaan dengan iklan yang dimuat
pada harian Kompas, tanggal 7 Juli 2007, saya mengajukan lamaran pekerjaan
untuk posisi staff IT.
E. Dengan ini saya mohon agar Bapak berkenan
menerima lamaran ini untuk ditempatkan pada posisi yang mana saja.
40. Demikian surat lamaran ini kami
ajukan dan atas perhatiannya kami ucapkan beribu-ribu terima kasih.
Perbaikan yang tepat untuk penutup
surat lamaran pekerjaan tersebut adalah ........
A. Atas perhatian saudara kami ucapkan
banyak terima kasih.
B. Atas perhatian dan perkenan Saudara
kami ucapkan beribu terima kasih.
C. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya
mengucapkan terima kasih.
D. Atas perhatian Bapak/Ibu kami
menyampaikan rasa terima kasih.
E. Atas perhatiannya saya sampaikan
terima kasih banyak.
41. Adapun identitas saya adalah sebagai
berikut.
Penulisan identitas pelamar yang
tepat untuk melanjutkan kalimat tersebut adalah ........
a. Nama :
Hanun Sulistyorini
Tempat dan tanggal lahir : Malang, 12 Januari 198
Alamat :
Jalan Magelang 12, Malang
Pendidikan :
SMA
b. nama : Hanun Sulistyorini
tempat dan tanggal lahir : Malang, 12 Januari 1982
alamat :
Jalan Magelang 12, Malang
pendidikan :
SMA
c. nama : Hanun Sulistyorini
tempat dan tanggal lahir : Malang, 12 Januari 1982
alamat :
Jln. Magelang 12, Malang
pendidikan : SMA
d. Nama : Hanun Sulistyorini
Tempat dan tanggal lahir : Malang, 12 Januari 1982
Alamat :
Jln. Magelang 12, Malang
Pendidikan : SMA
e. Nama :
Hanun Sulistyorini
Tempat dan tanggal lahir : Malang, 12 Januari 1982
Alamat :
Jl. Magelang 12, Malang
Pendidikan : SMA
42. Buku Pengkajian Puisi karya
Rahmad Joko Pradopo ini pembahasannya sangat agus karena dilengkapi dengan
contoh-contoh analisis semiotiknya maupun hubungan intertekstualnya. Analisis
yang cukup rinci akan menambah pengetahuan pembaca untuk memahami puisi.
Kalimat simpulan yang tepat dalam
resensi sesuai ilustrasi tersebut adalah ........
A. Buku tersebut wajib kita beli karena
isinya sangat bermanfaat.
B. Buku itu sangat bagus dan sudah
dilengkapi dengan pembahasan.
C. Karena kita bukan ahli dalam bidang
puisi sebaiknya kita membaca buku ini.
D. Buku ini layak dimiliki pembaca yang
ingin belajar memahami puisi.
E. Kita perlu membaca buku ini meskipun
kita tidak suka dengan puisi.
43. (1) Syukur-syukur jadi anak superior
dengan IQ di atas 130.
(2) Dalam paradigma IQ dikenal
kategori hamper atau genius kalau seorang punya IQ di atas 140.
(3) Hingga hari ini pun masih banyak
orang tua yang mengharapkan anak-anaknya pintar, terlahir dengan IQ
(intelligence quotient) di atas level normal (lebih dari 100).
(4) Harapan ini tentu sah saja.
(5) Albert Einstein adalah ilmuwan
yang IQ-nya disebut-sebut lebih dari 160.
Agar menjadi paragraf yang baik
urutan kalimat-kalimat di atas yang benar adalah ........
A. (1), (2), (3), (4), (5)
B. (2), (3), (4), (5), (1)
C. (3), (1), (4), (2), (5)
D. (4), (2), (5), (3), (1)
E. (5), (3), (1), (4), (2)
44. Dalam perjalanan menuju lokasi
Festival Seni di Jepang, saya melihat tulisan besar. Tulisan ini terus terang
menggelitik imajinatif dan pikiran saya. Saya bertanya pada teman apa
arti "Osama". Ternyata berarti raja. Jepang memang mempunyai beberapa
obyek wisata menarik.
Perbaikan kata-kata tidak baku
dalam paragraf tersebut adalah ...
A. festifal, imaji, obyek
B. festival, imajinasi, objek
C. pestipal, imaji, objek
D. festival, imajinasi, obyek
E. festifal, imajinasi, objek
45. Pada dasarnya ada dua jenis keritik
sastra, yakni kritik sastra intrinsik dan kritik sastra extrinsik.
Kritik sastra intrinsik menganalisis karya berdasarkan bentuk dan gayanya,
secara komplek. Penulisan kata serapan dalam kutipan di atas tidak
sesuai dengan EYD.
Perbaikan penulisan kata serapan
yang sesuai EYD adalah ...
A. kritik, ektrinsik, komplek
B. kritiks, ekstrinsik, kompleks
C. kritis, ekstrinsik, komplek
D. kritik, ekstrinsik, kompleks
E. kritis, ekstrinsik, komplek
46. Namun semua terjadi di luar
perhitungan. Tidak dapat dihindari, mereka melihat anak itu dan dapat menandai
dari seragam sekolah yang dikenakannya. Seorang dari mereka datang ke arah
kami, mencengkeram, dan merenggut kerah baju di bagian lehernya.Terdengar
benang putus di bagian kerah yang direnggut anak itu. Mereka menyeretnya dari sisiku.
Aku langsung bertindak mencegahnya. ....
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
paragraf tersebut adalah ........
A. Kelompok pelajar yang sedang diamuk
marah itu langsung memukuli anak itu.
B. Kemudian dengan sangat brutal mereka
melakukan penganiayaan pada anak itu.
C. Akan tetapi, mereka mendorongku
dengan kasar, membiarkan aku terjungkal di atas lantai.
D. Mereka dengan berang kembali
menendang, memukul, dan menghempas anak itu.
E. Untunglah pada saat yang sama
seorang polisi sedang merazia pelajar di gerbong lain.
47. (1) Hanya helaan napas yang
terdengar berat dan panjang. (2) Pak Kus gelisah sejak tadi, perasaannya campur
aduk. (3) Jangan-jangan Ketua Yayasan telah tahu kalau dirinya suka menerima
amplop dari orang tua murid. (4) Gajinya dibawa pulang untuk kebutuhan
keluarga. (5) Sebab orang nomor satu di sekolah itu terkenal tegas, disiplin,
dan mengagungkan kejujuran dalam hidupnya.
Kalimat yang tidak padu atau
sumbang dalam paragraf tersebut adalah nomor........
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
48. AKU
Kalau sampai waktuku
Kumau tak seorang kan merayu
Tidak juga kau
Tak perlu sedu sedan itu
........
Dari kumpulannya terbuang
Biar peluru menembus kulitku
Aku tetap meradang menerjang
Luka dan bisa kubawa berlari
Berlari
Hingga hilang pedih peri
Dan aku akan lebih tidak peduli
Aku mau hidup seribu tahun lagi
Karya: Chairil Anwar
Larik bermajas metafora yang tepat
untuk melengkapi puisi tersebut adalah .....
A. Aku ini binatang jalang
B. Aku manusia biasa
C. Aku orang tak berguna
D. Aku memang miskin
E. Aku bodoh dan malas
49. Ica : Sudah lama kita tidak bertemu
teman kita ya, Gus?
Gus : Benar, Ca. Sudah rindu rasanya
berkumpul seperti dulu.
Ica : ........
Gus : Itu ide yang bagus. Kapan kita
wujudkan?
Ica : Liburan akhir tahun pelajaran
saja.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi
dialog tersebut adalah ....
A. Bagaimana kalau kita adakan reuni?
B. Berkumpul-kumpul seperti apa yang
kamu maksudkan?
C. Kapan kita berkumpul dengan
teman-teman?
D. Di mana kita laksanakan acara kumpul
tersebut?
E. Ah, itu sangat mudah untuk dilakukan
lagi, asal mau saja?
50. (1) Siswadi : (tertawa sendirian)
(2) Sarbini : Jangan tertawa. Saya
sungguh-sungguh ini. Kau tahu bahwa aku sudah lama hidup sendirian.
(3) Siswadi : Kau sudah pernah
berbicara dengan dia?
(4) Sarbini : Sudah.
(5) Siswadi : Jadi, bagaimana kau
bisa kira-kira dia mau menerima kau?
(6) Sarbini : Aku takut,
jangan-jangan ...
Perbaikan kalimat nomor (4) pada
dialog tersebut adalah ...
A. Kemarin lusa.
B. Belum pernah.
C. Kakakku yang bicara.
D. Tadi pagi.
E. Pastilah itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar