Senin, 13 November 2017

LK PENDAMPINGAN PLUS KUCI JAWABAN

Lampiran 4: Struktur Program Bimtek TPK/Pendamping Kabupaten/Kota bagi Peserta Mata Pelajaran
STRUKTUR PROGRAM BIMBINGAN TEKNIS PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TINGKAT SMP BAGI TPK/PENDAMPINGKAB/KOTA (5 HARI – 50 JAM PELATIHAN @ 45 MENIT)
No.
Kegiatan
Alokasi Waktu
(JP)
1.      
Pembukaan dan Penutupan

1.1.   Pembukaan(Kebijakan Umum Kurikulum 2013)
-
1.2.   Penutupan
-
2.      
Pelaksanaan Kurikulum 2013
12
2.1. Manajemen Pelaksanaan Kurikulum 2013
2
2.2. Refleksi Pelaksanaan Kurikulum 2013
2
2.3. Pembelajaran Saintifik, Penilaian dan RPP
2
2.4.Bridging Coursedan Pengembangan KTSP
2
2.5. Kepramukaan dan Muatan Lokal
2
2.6. Bimbingan Konseling dan Penelusuran Bakat/minat
2
3.      
Pendampingan Kurikulum 2013
8
3.1. Kebijakan, Teknik Pendampingan  dan Laporan Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP pada 2014
2
3.2. BimbinganTeknis Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kabupaten/Kotadan Sekolah (termasuk instrumen)
2
3.3. Penyusunan Rencana Tindak Lanjut
4
4.      
Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum 2013
26
4.1. Pemodelan Proses Pembelajaran dan Penilaian (menganalisis tayangan video)
2
4.2. Praktik Membedah Buku Guru dan Buku Siswa
2
4.3. Praktik Merancang Langkah-langkah Pembelajaran Berdasarkan Materi di Buku Siswa dengan Pendekatan Saintifikdan Mendisain Penilaian
4
4.4. Praktik Menyusun & menelaah RPP, Instrumen dan Rubrik Penilaian Berdasarkan Materi-materi di Buku Siswa
8

4.5. Praktik Mengisi Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik
4
4.6. Simulasi Pembelajaransesuai RPP yang telah disusun
4
5.      
Simulasi Pendampingan di Kluster dan Sekolah
2
6.      
Pre-test dan Post-test
2
JUMLAH
50


Lampiran 5:  Struktur Program Bimtek TPK/Pendamping Kabupaten/Kota bagi Peserta Bimbingan Konseling
STRUKTUR PROGRAM BIMBINGAN TEKNIS PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TINGKAT SMP BAGI TPK/PENDAMPINGKABUPATEN/KOTA
 (5 HARI – 50 JAM PELATIHAN @ 45 MENIT)

No.
Kegiatan
Alokasi Waktu
(JP)
  1.

Pembukaan dan Penutupan

1.1.   Pembukaan(Kebijakan Umum Kurikulum 2013)
-
1.2.   Penutupan
-
2.      
Pelaksanaan Kurikulum 2013
12
2.1. Manajemen Pelaksanaan Kurikulum 2013
2
2.2. Refleksi Pelaksanaan Kurikulum 2013
2
2.3. Pembelajaran Saintifik, Penilaian dan RPP
2
2.4.Bridging Coursedan Pengembangan KTSP
2
2.5. Kepramukaan dan Muatan Lokal
2
2.6. Bimbingan Konseling dan Penelusuran Bakat/minat
2
3.      
Pendampingan Kurikulum 2013
8
3.1. Kebijakan, Teknik Pendampingan  dan Laporan Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP pada 2014
2
3.2. BimbinganTeknis Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Kabupaten/Kotadan Sekolah (termasuk instrumen)
2
3.3. Penyusunan Rencana Tindak Lanjut
4
4.      
Pelayanan BK dan Penelusuran Minat dalam Kurikulum 2013
26
4.1. Praktik Membedah Buku Panduan Pelayanan BK  dan Penelusuran Minat di SMP
4
4.2. Pemodelan dan Analisis Proses Pelayanan BK
4

4.3. Praktik Menyusun Program Tahunan, Semesteran, Bulanan, Mingguan, dan Harian BK di SMP dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013
6
4.4. Praktik Penelusuran Minat Peserta Didik di SMP
4

4.5. Praktik Menyusun Instrumen Penilaian Pelayanan BK di SMP
4
4.6. PraktikPelayanan BK di SMP
4
5.      
Simulasi Pendampingan di Kluster dan Sekolah
2
6.      
Pre-test dan Post-test
2
JUMLAH
50



Lampiran 6: Lembar Kerja 1 s.d 7 bagi Peserta Mata Pelajaran

Lembar Kerja 1
PRAKTIK MENGANALISIS PROSES PEMBELAJARAN
(2JP)

A.     Tujuan
Peserta dapat:
1.   Mengidentifikasi bagian-bagian pembelajaran yang merupakan tahap mengamati, menanya, mencoba/mengumpulkan data (informasi), menganalisis/mengolah data (informasi), mengomunikasikan (jawaban terhadap pertanyaan (kesimpulan)), dan mencipta;
2.   mengidentifikasi pengembangan sikap dalam pembelajaran;
3.   mengidentifikasi kelebihan proses pembelajaran yang dianalisis pada setiap tahap;
4.   mengidentifikasi kelemahan proses pembelajaran yang dianalisis;
5.   memberi masukan perbaikan pada proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian.

B.      Petunjuk
1.   Bentuk kelompok yang beranggotakan tiga sampai empat orang.
2.   Baca LK 1, Permendikbud 68/2013, Permendikbud 81A/2013,  dan Panduan Penilaian pada Kurikulum 2013. (10 menit)
3.   Saksikan video pembelajaran yang diputar oleh fasilitator dengan seksama hingga selesai. Selama menyaksikan video, buat catatan-catatan sesuai dengan LK 1 mengenai langkah-langkah dan kegiatan-kegiatan pembelajaran serta penilaian. Video HANYA akan diputar satu kali.
4.   Diskusikan catatan-catatan tersebut dalam kelompok Anda. Lalu tulis hasil diskusi di kertas plano. (20 menit)

Kompetensi Dasar: _______________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________

No.
Pertanyaan
Jawaban/Hasil Diskusi
1.
Bagian-bagian pembelajaran mana yang merupakan tahap

a.  mengamati?

b.  menanya?

c.  mencoba/mengumpulkan data (informasi)?

d. menganalisis/mengolah data (informasi)?

e.  mengomunikasikan (jawaban terhadap pertanyaan (kesimpulan))?

f.   Mencipta?

2.
a. Sikap apa yang ditumbuhkembangkan dalam pembelajaran yang Anda saksikan?
b. Pada kegiatan apa sikap tersebut ditumbuhkembangkan?






3.
Apa kelebihan proses pembelajaran yang Anda saksikan pada setiap tahap pembelajaran dengan pendekatan saintifik?



4.
Apa kelemahan proses pembelajaran yang Anda saksikan?


5.
Apa saranAnda agar  proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian yang Anda saksikan dalam video tadi menjadi lebih baik?





5.     Sajikan jawaban/hasil diskusi kelompok Anda kepada kelompok mata pelajaran Anda dan diskusikan. (20 menit)

SELAMAT BEKERJA















Lembar Kerja 2
PRAKTIK BEDAH BUKU SISWA DAN BUKU GURU
(4JP)

A.     Tujuan
Peserta dapat:
1.   menjelaskan isi masing-masing bagian buku siswa;
2.   menunjukkan kelebihan dan kekurangan isi buku siswa;
3.   menjelaskan isi masing-masing bagian buku guru;
4.   menunjukkan kelebihan dan kekurangan isi buku guru;
5.   merumuskan alternatif tindak lanjut perbaikan bila isi buku siswa belum layak;
6.   merumuskan alternatif tindak lanjut perbaikan  apabila langkah-langkah pembelajaran dan penilaian yang disarankan dalam buku guru kurang layak.

B.      Petunjuk
1.           Bentuk kelompok yang beranggotakan kurang lebih empat orang.
2.           Diskusikan dan jawab pertanyaan 1 - 3 berikut ini. (20 menit)
No.
Pertanyaan
Jawaban/Hasil Diskusi
a.
Baca Kata Pengantar pada halaman iii buku guru dan buku siswa. Apa yang perlu dilakukan oleh guru terhadap buku-buku tersebut untuk mengoptimalkan pencapaian kompetensi peserta didik?
Dalam Kurikulum 2013, Bahasa Indonesia berperan sebagai penghela mata pelajaran lain. Oleh karena itu, Mapel Bahasa Indonesia harus berada di depan mapel lainnya. Guru harus berperan dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.
b.
Baca Daftar Isi Buku Guru dan Buku Siswa. Secara umum apa beda antara isi Buku Guru dan Buku Siswa?
Perbedaan yang terdapat adalah sebagai berikut.
-        Pada buku guru berisi petunjuk umum, petunjuk khusus, penilaian, bahan pengayaan, dan bahan remidi untuk kebutuhan KBM
-        Sementara pada buku siswa berisi tema, subtema, dan kompetensi dasar yang harus dikuasai siswa
c.
Baca penjelasan  awal pada Buku Guru. Tulis ringkasan isinya.
Petunjuk umum berisi latar belakang pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks, organisasi penataan materi dan metode yang harus digunakan dalam pembelajaran.


3.       Sajikan kesimpulan kelompok Anda  kepada kelas dan perhatikan umpan balik dari para peserta dan fasilitator. (15 menit)

4.       Pilih satu bab dari buku siswa dan lakukan analisis isi buku. Setiap kelompok memilih bab yang berbeda. Tulis hasil analisis Anda pada Tabel 1. (35 menit)



Tabel 1: Analisis Buku Siswa
Bab: 1 Cinta Lingkungan Hidup


Kompetensi Dasar (Tulis Nomor KD)
Keberadaan dalam buku
Alternatif Tindak Lanjut Perbaikan
Hlm.
Permasalahan (kesesuaian dengan KD, kecukupan isi, kedalaman isi, kebenaran isi langkah pembelajaran, dan penilaian)
3.1, 3.2, 4.1
3—8
KD 3.1 telah tercantum dan sesuai dengan kurikulum

KD 3.2 belum tercantum secara jelas

KD 4.1 telah tercantum dan sesuai dengan kurikulum
Dapat dijadikan sumber belajar dengan penambahan dari sumber belajar lain
3.4, 4.1, 4.2, 4.3, dan 4.4

9—17
KD 3.4 Belum tercantum
Dapat dijadikan sumber belajar dengan penambahan dari sumber belajar lain
KD 4.1  telah tercantum dan sesuai dengan langkah pembelajaran
KD 4.2 telah tercantum dan sesuai dengan kurikulum
KD 4.3 belum tercantum
KD 4.4 telah tercantum dan sesuai dengan kurikulum

5.     Sajikan kesimpulan kelompok Anda kepada kelas dan perhatikan umpan balik dari para peserta dan fasilitator. (25 menit)



6.     Pilihsatu bab pada buku guru yang bersesuaian dengan  bab pada Buku Siswa yang Anda analisis. Analisis bab tersebut dan tulis hasil analisis Anda pada Tabel 2. (40 menit)

Tabel 2: Analisis Buku Guru

Bab                                              : II (Petunjuk Khusus)
Nomor KD-KD yang Dicakup: 3.1, 3.2, 3.4, 4.1, 4.2, 4.3, 4.4

Hal yang Dianalisis
Tingkat Kelayakan beserta Alasan
Alternatif Tindak Lanjut Perbaikan
Indikator pencapaian kompetensi
Layak karena telah sesuai kurikulum

Dapat dijadikan pegangan guru




Tujuan pembelajaran

Tersirat di dalam indikator pencapaian kompetensi    
Langkah-langkah pembelajaran (pendekatan saintifik) yang disarankan
-        Mengamati
-        Menalar
-        Menalar
-        Mengumpulkan informasi
-        Mongkomunikaskan
-        Mencipta
Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan
Layak karena telah sesuai kurikulum

7.     Sajikan kesimpulan kelompok Anda kepada kelas dan perhatikan umpan balik dari para peserta dan fasilitator. ( 20 menit)
8.   Sempurnakan rumusan tindak lanjut kelompok Anda dan serahkan    kepada fasilitator. (10 menit)


SELAMAT BEKERJA



Lembar Kerja 3a
PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
(1 JP)

A.     Tujuan
Peserta dapat:
1.     menjelaskan langkah-langkah umum pembelajaran dengan pendekatan saintifik;
2.     memberikan contoh kegiatan-kegiatan pembelajaran di setiap langkah untuk masing-masing mata pelajaran.

B.      Petunjuk
1.       Bentuk kelompok yang beranggotakan kurang lebih empat orang.
2.       Baca Permendikbud 65/2013, 58 lampiran 3/2013, dan Panduan Penguatan Proses Pembelajaran. (5 menit)
3.       Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut. (30 menit)

a.       Apa yang dimaksud dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran?


Pendekatan saintifik adalah pendekatan ilmiah dalam pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta

b.       Mengapa pendekatan saintifik perlu diterapkan?

Berkaitan dengan pendekatan pembelajaran dan perkembangan kurikulum dapat dilihat bahwa proses pembelajaran harus dipandu oleh kaidah-kaidah pendekatan ilmiah. Pendekatan ini bercirikan penonjolan dimensi pengamatan, penemuan, penalaran, penemuan, pengabsahan, dan penjelasan tentang suatu kebenaran. Dengan demikian proses pembelajaran harus dilaksanakan dengan dipandu nilai-nilai, prinsip-prinsip, atau kriteria ilmiah. Oleh karena itulah dibutuhkan pendekatan saintifik.

c.       Tulis langkah-langkah umum pembelajaran dengan pendekatan saintifik, tujuan masing-masing langkah, dan contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Anda.


 LANGKAH
TUJUAN
CONTOH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Mengamati

Melalui pengamatan tersebut peserta didik bisa mendapatkan fakta bahwa ada hubungan antara objek yang diamati  dan dianalisis dengan materi yang diberikan oleh guru
-        Peserta didik membaca contoh teks hasil observasi
1.     Menanya
2.      
Melalui langkah menanya, guru dapat menstrukturkan tugas-tugas siswa dan mengukur kemampuan siswa terhadap pencapaian kompetensi terhadap suatu materi. Hal ini, sekaligus juga bermanfaat bagi siswa dalam membangkitkan keterampilan berbicara, mengajukan pertanyaan yang kritis, objektif, dan bernalar serta dapat member jawabaan secara logis, sistematis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang apik dan lancar.
-        Peserta didik bertanya tentang struktur teks hasil observasi
3.     Menalar
Langkah ini bertujuan agar peserta didik terbiasa memiliki kemampuan mengelompokkan beragam ide dan mengasosiasikan beragam peristiwa untuk kemudian memasukannya menjadi penggalan memori.
-        Peserta didik menentukan struktur teks hasil observasi
4.     Mengumpulkan informasi
Langkah ini bertujuan agar peserta didik mendapatkan informasi atau pengetahuan yang berkaitan dengan pembelajaran dari berbagai sumber
-        Peserta didik mencari dan mendapatkan contoh teks hasil observasi dari berbagai sumber
5.     Mengomunikasikan
Mengomunikasikan bertujuan agar peserta didik terbiasa atau terlatih menyampaikan informasi secara lisan dan tulisan
-        Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok  tentang menentukan struktur teks hasil observasi

4.     Sajikan jawaban-jawaban kelompok Anda untuk mendapatkan masukan dari kelompok lain. (10 menit)











































Lembar Kerja 3b
MERANCANG KEGIATAN PEMBELAJARAN
DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
(3JP)

A. Tujuan
Peserta dapat merancang kegiatan pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik.

B.  Petunjuk
1.   Bentuk kelompok yang beranggotakan kuranglebih empat orang.
2.   Rancang kegiatan pembelajaran untuk materi pada sub-bab dari bab dalam Buku Siswa dan Buku Guru yang telah dianalisis pada LK 2 dengan menerapkan pendekatan saintifik.Tulis secara rinci rancangan pembelajarannya pada kolom yang tersedia. (45 menit)

BAB      :
I Cinta Lingkungan
SUB-BAB :
Pemodelan Teks Laporan Observasi

TAHAPPEMBELAJARAN
 KEGIATAN
Mengamati



þ  Memahami keadaan alam melalui sajian  gambar
þ  Membaca teks hasil observasi dengan cermat dan menjawab pertanyaan

Menanya
þ  mempertanyakan tentang teks hasil observasi (struktur dan ciri-ciri bahasa )

Mencoba/
mengumpulkan data (informasi)
þ  Mendiskusikan  struktur isi teks hasil observasi
þ  Mendiskusikan  ciri bahasa teks hasil observasi

Mengasosiasikan/
mengolah data (informasi)
þ  Menemukan contoh teks hasil observasi dengan pemahaman

Mengomunikasikan

þ  Mempresentasikan hasil diskusi tentang struktur dan fitur bahasa teks observasi dengan penuh percaya diri
þ  Menanggapi hasil presentasi secara santun
þ  Menjawab/mengajukan pertanyaan isi teks hasil observasi  (pertanyaan literal, inferensial, integratif, dan kritis)Saling menilai kebenaran jawaban teman


(Dapat dilanjutkan) Mencipta

þ  Menyusun teks laporan hasil observasi secara mandiri
                                     

3.   Presentasikan rancangan kegiatan pembelajaran kelompok Anda. (40 menit)
4.   Sempurnakan rancangan langkah-langkah pembelajaran yang telah Anda buat dengan memperhatikan masukan kelompok lain. (15 menit)



Lembar Kerja 3c
PERANCANGAN PENILAIAN
(2 JP)

A. Tujuan
Peserta dapat merancang penilaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan pembelajaran bab tertentu pada Buku Siswa.

B.   Petunjuk
1.   Bentuk kelompok yang beranggotakan kuranglebih empat orang.
2.   Pilih bab yang sama dengan bab yang Anda telah rancang kegiatan-kegiatan pembelajarannya ketika menyelesaikan LK 3b.
3.   Tulis kompetensi dasar yang dibelajarkan sesuai dengan bab yang Anda pilih.
4.   Rancang penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk bab tersebut. Rumuskan indikator pencapaian kompetensi secukupnya dan tetapkan teknik-teknik penilaian yang sesuai.

Kompetensi Dasar (Tulis KD-KD dari keempat KI)
:
KI 1  : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3  : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4  : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Bab
:
I (Cinta Lingkungan Hidup)

a.   Sikap yang akan dinilai: menghayati dan mengamalkan nilai2 agama yg dianut
b.  Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap(Pilih minimal 1 yang paling cocok dengan mencentang)

Pilihan 1: Observasi  (V)
Pilihan 2: Penilaian Diri (V)
Pilihan 3: Antar Siswa (V)






Indikator: 
-        Peserta didik berdoa sebelum dan sesudah KBM
-        Peserta didik mampu mengerjakan tugas tanpa menyontek kepada teman
-        Peserta didik berani menyampaikan pikiran dan pendapatnya dalam diskusi
 
 









Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan(Pilih minimal 1 yang paling cocok dengan mencentang)

Pilihan 1: Tes Tertulis
Pilihan 2: Tes Lisan
Pilihan 3: Penugasan

Indikator: 
ü  Memahami struktur teks hasil laporan observasi dalam
ü  Menjelaskan struktur teks hasil obeservasi
ü  Menjelaskan ciri-ciri bahasa (fitur bahasa) teks hasil observasi
ü  Memaknai kata dan istilah dalam teks hasil observasi
Memaknai isi teks hasil observasi
 
 










c.   Instrumen Penilaian Kompetensi Keterampilan (Pilih minimal 1 yang paling cocok dengan mencentang)

Pilihan 1: Praktik (V)
Pilihan 2: Projek
Pilihan 3: Produk
Pilihan 4: Portofolio

Indikator: 
ü  Menjelaskan struktur teks hasil obeservasi secara lisan
ü  Menjelaskan ciri-ciri bahasa (fitur bahasa) teks hasil observasi secara lisan

 
 











SELAMAT BEKERJA



Lembar Kerja 4
MENYUSUN DAN MENELAAH RPP
(10 JP)

A.     Tujuan
Peserta dapat menyusun RPP berdasarkan ketentuan Kurikulum 2013.

B.      Petunjuk
1.       Bentuk kelompok yang beranggotakan lebih kurang empat orang.
2.       Susun RPP untuk KD-KD yang telah dikembangkan rancangan kegiatan pembelajaran dan penilaiannya pada LK 3b dan 3c sesuai dengan ketentuan penyusunan RPP. (300 menit)
3.       Telaah  RPP kelompok kelompok lain dengan menggunakan instrumen yang disediakan. (60 menit)
4.       Presentasikan hasil telaah kelompok Anda. (50 menit)
5.       Sempurnakan RPP kelompok Anda dan serahkan kepada fasilitator. (25 menit)



Lembar Kerja 5
PRAKTIK MENGISILAPORAN HASIL PENCAPAIAN KOMPETENSIPESERTA DIDIK
(4 JP)

A. Tujuan
Peserta dapat:
6.   menjelaskan format buku laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik;
7.   mengolah nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
8.   menulisnilai (predikat)dan deskripsi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam buku laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik.

B.  Petunjuk:
      1.     Bentuk kelompok yang beranggotakan kurang lebih empat orang.
      2.     Baca Panduan Penilaian dan Model Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik. (30 menit)
      3.     Diskusikan  pertanyaan/tugas berikut ini. (80 menit)

No.
Pertanyaan
Jawaban
a.
Bagaimana format buku laporan hasil pencapaian peserta didik menurut Model Penilaian PencapaianKompetensiPesertaDidik SMP dari Direktorat PSMP tahun 2014?

b.
Bagaimana penulisan nilai peserta didik untuk kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam laporan hasil pencapaian kompetensi pesertadidik?

c.
Menurut Permendikbud 81A/2013, bagaimana melaporkan hasil kegiatan ekstrakurikuler dalam buku rapor?






d.
Bagaimana penghitungan nilai akhir kompetensi pengetahuan? Beri contoh.






e.
Bagaimana penghitungan nilai akhir kompetensi keterampilan? Beri contoh.




f.
Bagaimana pengolahan nilai akhir kompetensi sikap dalam mata pelajaran? Beri contoh.



g.
Bagaimana pengolahan nilai akhir kompetensi sikap antarmata pelajaran? Beri contoh.





h.
Bagaimana penulisan deskripsi nilai kompetensi pengetahuan? Beri contoh.





i.
Bagaimana penulisan deskripsi nilai kompetensi keterampilan? Beri contoh.



j.
Bagaimana penulisan deskripsi nilai kompetensi sikap? Beri contoh.


k.
Beri contoh kasus nilai (pencapaian kompetensi) peserta didik yang naik kelas dan tidak naik kelas.



l.
Apa yang perlu dilakukan apabila seorang peserta didik tidak mencapai KKM pada mata pelajaran tertentu setelah ulangan akhir semester?





      4.     Sajikan jawaban-jawaban kelompok Anda kepada kelas untuk mendapatkan masukan. (60 menit)
      5.     Sempurnakan jawaban-jawaban kelompok Anda berdasarkan masukan yang Anda peroleh lalu serahkan kepada fasilitator. (10 menit)

SELAMAT BEKERJA



Lembar Kerja 6
SIMULASI  PEMBELAJARAN (PEER TEACHING)
(6 JP)

A.   Tujuan
Peserta dapat menyimulasikan pembelajaran berdasarkan RPP yang telah dikembangkan.

B.    Petunjuk
1.   Secara bergantian lakukan pembelajaran berdasarkan RPP yang telah disempurnakan. Waktu penyajian setiap kelompok 40 menit. Selama kelompok tertentu menyajikan pembelajaran, satu orang dari tiap kelompok lainnya berperan sebagai pendamping, dan peserta lain berperan sebagai peserta didik.

2.   Dengan menggunakan instrumen pendampingan (instrumen terlampir), pendamping:
a.   mengamati proses pembelajarandengan menggunakan instrumen pendampingan pelaksanaan pembelajaran (untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan-kegiatan pembelajaran pada setiap tahap (mengamati, merumuskan pertanyaan, mencoba/mengumpulkan data (informasi), mengolah/menganalisis data (informasi), mengomunikasikan kesimpulan (jawaban terhadap pertanyaan), dan mencipta guna memberi masukan untuk penyempurnaan;
b.   mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan guna memberi masukan untuk penyempurnaan dengan membuat catatan dan saran.

3.   Lakukan refleksi antara pendamping dan kelompok penyaji pembelajaran  dengan menerapkan prinsip-prinsip pendampingan.

4.   Lakukan refleksi bersama setelah semua kelompok memodelkan dan memberi pendampingan pembelajaran dan penilaian untuk memperoleh masukan umum terhadap praktik pembelajaran.


SELAMAT BEKERJA


Lampiran 7: Lembar Kerja 1 s.d 7  Bagi Peserta Bimbingan Konseling
Lembar Kerja 1
Lampiran 8:

AKTIVITAS PENDAMPINGAN DIINDUK KLASTER (SEKOLAH INTI)
(IN) UNTUK GURU MAPEL
No.
Materi
Kegiatan Pendampingan
Tujuan
Referensi
     1.           
Mereview dan merevisi RPP
Membedah KI-KD dan silabus (melalui kerja dalam kelompok kecil dan paparan (konfirmasi) narasumber)
Mengidentifikasi kompetensi (materi) dan hubungan antar kompetensi (materi) pada masing-masing mata pelajaran
LK, KI-KD (Permendikbud Nomor 68 tahun 2013), silabus mata pelajaran
Memahami Proses Pembelajaran (Pendekatan SaIndukfik) (melalui kerja dalam kelompok kecil dan paparan (konfirmasi) narasumber)
Menjelaskan langkah-langkah umum pembelajaran dengan pendekatan saIndukfik dan memberikan contoh kegiatan-kegiatan pembelajaran di setiap langkah untuk masing-masing mata pelajaran
LK, Standar Proses Pembelajaran (Permendikbud Nomor 65 tahun 2013; Permendikbud Nomor 81A tahun 2013), bahan presentasi narasumber tentang proses pembelajaran
Memahami Standar Penilaian (melalui kerja dalam kelompok kecil dan paparan (konfirmasi) narasumber)
Menjelaskan teknik-teknik dan bentuk instrumen penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan; memberi contoh butir instrumen kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan; mengolah nilai; mengisi rapor
LK, Standar Penilaian (Permendikbud Nomor 66 tahun 2013; Permendikbud Nomor 81A tahun 2013) , bahan presentasi narasumber tentang penilaian
Memahami isi buku siswa dan buku guru (melalui kerja dalam kelompok kecil dan paparan (konfirmasi) narasumber)
Menunjukkan KD-KD yang disajikan pada masing-masing bab pada buku siswa; mengidentifikasi kegiatan pembelajaran yang disarankan pada buku guru;  merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran yang relevan berdasarkan materi dan kegiatan pembelajaran pada buku guru dan buku siswa; mengidentifikasi tambahan materi dan kegiatan pembelajaran yang diperlukan
LK, buku siswa dan buku guru sesuai mata pelajaran masing-masing
Memahami format RPP (melalui kerja dalam kelompok kecil dan paparan (konfirmasi) narasumber)
Mengidentifikasi komponen-komponen RPP, menyusun komponen-komponen, dan mengisi masing-masing komponen RPP dengan rumusan yang layak
LK, Permendikbud Nomor 65 tahun 2013; Permendikbud Nomor 81A tahun 2013, bahan presentasi narasumber tentang penyusunan RPP
Menyusun RPP (melalui kerja dalam kelompok kecil dan paparan (konfirmasi) narasumber)
Menghasilkan 1 (satu) RPP yang layak berdasarkan ketentuan Kurikulum 2013
LK, KD-KD, silabus, buku ajar, buku guru, standar proses, standar penilaian, sumber lainnya yang relevan.
     2.           
Menyusun instrumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan
Menyusun instrumen penilaian (melalui kerja dalam kelompok kecil dan paparan (konfirmasi) narasumber)
Menghasilkan 1 (satu) model instrumen dan rubrik penilaian untuk masing-masing teknik penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan
LK, RPP
     3.           
Pemodelan/ simulasi Pembelajaran
Kelompok-kelompok kecil satu-satu menyajikan rancangan pembelajaran dan penilaian yang telah disusun melalui simulasi pembelajaran
Memodelkan pembelajaran dan penilaian













Lampiran 9:

AKTIVITAS PENDAMPINGAN DIINDUK KLASTER (SEKOLAH INTI)
(IN) DAN SEKOLAH SASARAN (ON) UNTUK GURU BIMBINGAN KONSELING/KONSELOR

A. Tahap IN KE-1dilakukan selama satu hari di Induk Kluster (Sekolah
     Inti) SMP
     Tujuan     : Guru BK atau Konselor sasaran dapat memahami:
  1. Isi Buku Panduan BK dan Pedoman Penelusuran Minat Peserta Didik SMP
  2. Proses pelayanan bimbingan dan konseling dalam kaidah-kaidah pembelajaran dalam Kurikulum 2013.
  3. Format assesmen kebutuhan dan permasalahan peserta didik, tuntutan lingkungan,harapan sekolah, harapan orang tua, harapan guru, sebagai dasar penyusunan program bimbingan dan konseling di SMP.
  4. Cara menyusun program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan dan rencana  pelaksanaan layanan/ kegiatan pendukung (RPL/RKP).
     Kegiatan  : 
  1. Mengkaji Buku Panduan BK dan Pedoman Penelusuran  Minat Peserta Didik di SMP
  2. Mengkaji tayangan video layanan klasikal dan non klasikal (konseling perorangan dan bimbingan kelompok),  serta merancang  penampilan layanan nyata kepada peserta didik sesuai dengan kaidah-kaidah pembelajaran dalam implementasi  kurikulum 2013.
3.  Mengkaji berbagai format assesmen kebutuhan, permasalahan  peserta didik, tuntutan lingkungan, harapan sekolah, harapan orang tua, harapan guru, sebagai dasar penyusunan program bimbingan dan konseling di SMP.
  1. Mengkaji program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan dan penyusunan rencana pelaksanaan layanan/kegiatan pendukung  (RPL/RPK) yang telah disusun sebelumnya, serta pengembangan RPL/RPK yang akan dilaksanakan.
Materi
1.   Buku Panduan BK dan Pedoman Penelusuran Minat Peserta Didik SMP.
2. Tayangan video layanan klasikal.
3.   Berbagai format assesmen, permasalahan  peserta didik, tuntutan lingkungan, harapan sekolah, harapan orang tua, harapan guru, sebagai dasar penyusunan program bimbingan dan konseling.
4.   Program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, dan rencana pelaksanaan layanan/kegiatan pendukung (RPL/RPK) yang telah disusun sebelumnya.

B. Tahap ON KE-1dilakukan di Sekolah Sasaran selama 1 hari (8 jam)
Tujuan : Guru BK atau Konselor sasaran dapat:
  1. Menelaah dan menyempurnakan program tahunan, program semesteran, program bulanan, program mingguan, RPL/RPK yang telah disusun oleh masing-masing Guru BK atau Konselor sesuai dengan karakteristik sekolah masing-masing.
  2. Menganalisis hasil pengalaman layanan bimbingan klasikal.
Kegiatan:
1. Diskusi dan revisi  program tahunan, semesteran, program bulanan, mingguan dan RPL yang telah disusun masing-masing guru BK atau konselor sebagai hasil kajian kegiatan In 1 sesuai dengan karakteristik sekolah masing-masing.
2. Guru BK atau konselor bersama-sama dengan pendamping melakukan kajian pembelajaran(lesson study) terhadap layanan bimbingan klasikal  yang dilakukan guru BK atau konselor.
Materi :
1.  Program tahunan, program semesteran, program bulanan, program mingguan dan program harian BK
2.  Buku Panduan BK SMP

C. Tahap IN KE-2dilakukan selama satu hari di Induk Klaster (Sekolah Inti)
Tujuan : Guru BK atau Konselor sasaran dapat:
  1. Memahami proses layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok
  2. Mempraktikan layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok
  3. Menganalisis hasil praktik layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok.
Kegiatan :
1. Mengkaji tayangan video layanan konseling perorangan dan atau  konseling kelompok untuk menemukan kekuatan dan kelemahan layanan yang diberikan guru BK atau konselor dalam video.  
2. Masing-masing guru BK atau konselor secara bergantian melakukan praktik layanan konseling perorangan dan atau  konseling kelompok.
3.   Masing-masing guru BK atau konselor secara bergantian memberikan umpan balik (feed back) atas praktik layanan konseling perorangan dan atau  konseling kelompok yang dilakukan oleh guru BK atau konselor lain.
Materi :
1.     Video layanan konseling perorangan dan konseling kelompok
2.     Buku Panduan BK SMP

D. Tahap ON KE-2dilakukan di sekolah sasaran selama satu hari
 ( 8 jam)
Tujuan   : Guru BK atau Konselor sasaran dapat:
  1. Mempraktikan layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok.
  2. Menganalisis hasil praktik layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok.
  3. Membuat laporan kegiatan layanan konseling perorangan dan atau  konseling kelompok.

Kegiatan :
1. Praktik konseling individual danatau konseling kelompok dan selanjutnya bersama-sama dengan pendamping melakukan lesson study terhadap proses dan hasil praktik layanan konseling individual dan/atau  konseling  kelompok yang telah dilakukan guru BK atau konselor.
2. Guru BK atau konselor dengan pendamping melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil layanan konseling individual dan/atau konseling kelompok yang telah dilaksanakan, kemudian guru BK atau konselor merumuskan tindak lanjut hasil evaluasi.
3. Guru BK atau konselor dengan pendamping membuat laporan pelayanan konseling  individual dan/atau  konseling kelompok.
Materi:
1.     RPL Bimbingan dan Konseling
2.     Instrumen Evaluasi proses dan hasil pelayanan BK
3.     Buku Panduan BK SMP
E. TahapIN KE-3dilakukan selama satu hari di Induk Klaster ( Sekolah Inti)
Tujuan : Guru BK atau Konselor sasaran dapat :
  1. Merefleksikan (melalui BMB3: berpikir, merasa, bersikap,bertindak dan bertanggungjawab) berkenaan dengan kegiatanIN dan ON yang telah dilakukan
  2. Membahas kasus dalam layanan konseling individual dan konseling kelompok.
  3. Membuat rencana tindak lanjut dalam kegiatan MGBK
Kegiatan:
1.      Refleksi (BMB3) kegiatan pendampingan baik IN maupun ON yang telah dilakukan di kluster.
2.  Konferensi kasus tentang pelayanan konseling peroranganl dan/atau konseling kelompok yang telah dilakukan oleh masing-masing guru BK atau konselor.
3.  Penyusunan rencana tindak lanjut.

Materi :
1.     Hasil kegiatan IN dan ON pelayanan BK di SMP
2.     Buku Petunjuk Teknis Pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP tahun 2014.
3.     Buku Panduan Bimbingan dan Konseling di SMP.



Lampiran 10: Format Laporan Pelaksanaan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013

LAPORAN HASIL PENDAMPINGAN
PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 JENJANG SMP
KAB./KOTA ………………………. PROVINSI ………………………..
Tanggal ….. s.d. …..


Halaman Judul/Cover
Lembar Pengesahan (ditandatangani oleh para petugas Pendampingan)
Daftar isi

Bab     I          PENDAHULUAN
                        A.   Latar Belakang
                        B.    Landasan Hukum                     Disalin dari Juknis Pendampingan  
                        C.   Tujuan
                        D.   Hasil yang Diharapkan

Bab     II         PELAKSANAAN PENDAMPINGAN
A.     Persiapan
B.       Pelaksanaan
C.      Hasil Pendampingan
D.      Dukungan dan Hambatan

Bab     III        PENUTUP
A.     Simpulan
B.       Saran-saran


1.                  Semua Instrumen Pendampingan (yang sudah diisi lengkap, ditandatangani petugas pendamping)
2.                  Nama Peserta Pendampingan (Guru/Petugas Pendamping dan Guru Sasaran)
3.                  Soft file Biodata Guru/Petugas Pendampingan dan Guru Sasaran
4.                  Daftar Hadir Guru/Petugas Pendamping dan Guru Sasaran (5 hari)
5.                  Soft file RPP yang dibuat Guru Sasaran (sebelum dan sesudah pendampingan)
6.                  Rekaman Dokumen Lainnya (seperti jurnal, bahan ajar, dll.)
7.                  Soft fileDokumentasi Photo Kegiatan Pendampingan


















Lampiran 11:
DISTRIBUSI PESERTA BIMTEK PENDAMPINGAN, INDUK KLASTER (SEKOLAH INTI) DAN SEKOLAH SASARAN
No.
Provinsi
Jumlah Kab./Kota
Jumlah Cluster/ Sekolah Inti
Jumlah Sekolah Imbas
Total Sekolah
Jumlah Tim  TPK Kab/Kota
Guru Mata Pelajaran
Jumlah Peserta Bimtek TPK
Jumlah Guru Imbas
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
1.
Aceh
23
199
795
994
45
10
450
9.940
2.
Bali
9
81
320
401
27
10
270
4.010
3.
Banten
8
263
1.051
1.314
20
10
200
13.140
4.
Bengkulu
10
82
324
406
25
10
250
4.060
5.
D.I Yogyakarta
5
88
350
438
13
10
130
4.380
6.
DKI Jakarta
6
217
866
1.083
19
10
190
10.830
7.
Gorontalo
6
65
256
321
16
10
160
3.210
8.
Jambi
11
126
501
627
25
10
250
6.270
9.
Jawa Barat
27
929
3.713
4.642
61
10
610
46.420
10.
Jawa Tengah
35
671
2.684
3.355
69
10
690
33.550
11.
Jawa Timur
38
885
3.539
4.424
82
10
820
44.240
12.
Kalimantan Barat
14
235
936
1.171
31
10
310
11.710
13.
Kalimantan Selatan
13
121
481
602
32
10
320
6.020
14.
Kalimantan Tengah
14
147
587
734
28
10
280
7.340
15.
Kalimantan Timur
15
141
559
700
28
10
280
7.000
16.
Kep. Bangka Belitung
7
39
152
191
16
10
160
1.910
17.
Kepulauan Riau
7
59
232
291
16
10
160
2.910
18.
Lampung
15
259
1.032
1.291
32
10
320
12.910
19.
Maluku
11
115
458
573
33
10
330
5.730
20.
Maluku Utara
10
82
325
407
25
10
250
4.070
21.
Nusa Tenggara Barat
10
172
687
859
27
10
270
8.590
22.
Nusa Tenggara Timur
22
286
1.141
1.427
61
10
610
14.270
23.
Papua
28
111
442
553
44
10
440
5.530
24.
Papua Barat
13
50
197
247
20
10
200
2.470
25.
Riau
12
203
810
1.013
24
10
240
10.130
26.
Sulawesi Barat
6
65
258
323
15
10
150
3.230
27.
Sulawesi Selatan
24
323
1.289
1.612
55
10
550
16.120
28.
Sulawesi Tengah
12
162
645
807
30
10
300
8.070
29.
Sulawesi Tenggara
14
139
552
691
39
10
390
6.910
30.
Sulawesi Utara
15
137
548
685
35
10
350
6.850
31.
Sumatera Barat
19
151
603
754
36
10
360
7.540
32.
Sumatera Selatan
17
246
980
1.226
39
10
390
12.260
33.
Sumatera Utara
33
481
1.922
2.403
66
10
660
24.030

TOTAL
7.120
29.235
36,565
1,134
-
11,340
365,650







Lampiran 12:
Contoh Format : Laporan Penggunaan Dana
Block Grant Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013
A.    Rekap Pengeluaran

No.
Jenis Pengeluaran
Jumlah dana ( RP )
Keterangan




1
Pembelian Barang/Konsumsi


2
Honor Narasumber


3
Transport







TOTAL




B.    Rincian Pengeluaran

1. Rincian Pembelian Barang/Konsumsi/Penggandaan Bahan
No.
Barang/Konsumsi yang dibeli
Tanggal/ bulan
Nama Toko/ Penyedia Jasa
Jumlah dana
( RP )





















2. Rincian Penerima Honor Narasumber
No.
Nama Penerima
Instansi
Tanggal/ bulan
Jumlah dana
( RP )





















3. Rincian Pengeluaran Transport
No.
Nama Penerima
Instansi
Tanggal/ bulan
Jumlah dana
( RP )
























                                                                                    …, …. 2014

                                                                                    Kepala Sekolah Induk Klaster


                                                                                    ………………………………………..
                                                                                    NIP.



  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar