Lampiran 4: Struktur
Program Bimtek TPK/Pendamping Kabupaten/Kota bagi Peserta Mata Pelajaran
STRUKTUR PROGRAM BIMBINGAN
TEKNIS PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TINGKAT SMP BAGI
TPK/PENDAMPINGKAB/KOTA (5 HARI – 50 JAM PELATIHAN @ 45 MENIT)
No.
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
(JP)
|
1.
|
Pembukaan dan Penutupan
|
|
1.1.
Pembukaan(Kebijakan Umum Kurikulum 2013)
|
-
|
|
1.2. Penutupan
|
-
|
|
2.
|
Pelaksanaan Kurikulum
2013
|
12
|
2.1.
Manajemen Pelaksanaan Kurikulum
2013
|
2
|
|
2.2.
Refleksi Pelaksanaan Kurikulum
2013
|
2
|
|
2.3.
Pembelajaran
Saintifik, Penilaian dan RPP
|
2
|
|
2.4.Bridging
Coursedan Pengembangan KTSP
|
2
|
|
2.5. Kepramukaan dan Muatan Lokal
|
2
|
|
2.6. Bimbingan Konseling dan Penelusuran
Bakat/minat
|
2
|
|
3.
|
Pendampingan
Kurikulum 2013
|
8
|
3.1. Kebijakan, Teknik Pendampingan dan Laporan Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum
2013 di SMP pada 2014
|
2
|
|
3.2. BimbinganTeknis Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum
2013 di Kabupaten/Kotadan Sekolah (termasuk instrumen)
|
2
|
|
3.3. Penyusunan Rencana Tindak Lanjut
|
4
|
|
4.
|
Pembelajaran dan Penilaian Kurikulum
2013
|
26
|
4.1. Pemodelan
Proses Pembelajaran dan Penilaian (menganalisis tayangan video)
|
2
|
|
4.2. Praktik Membedah Buku Guru
dan Buku Siswa
|
2
|
|
4.3. Praktik Merancang Langkah-langkah Pembelajaran Berdasarkan
Materi di Buku Siswa dengan Pendekatan Saintifikdan Mendisain Penilaian
|
4
|
|
4.4. Praktik Menyusun & menelaah RPP, Instrumen
dan Rubrik Penilaian Berdasarkan Materi-materi di Buku Siswa
|
8
|
|
4.5. Praktik Mengisi Laporan Pencapaian Kompetensi
Peserta Didik
|
4
|
|
4.6. Simulasi Pembelajaransesuai RPP yang telah
disusun
|
4
|
|
5.
|
Simulasi Pendampingan di Kluster dan Sekolah
|
2
|
6.
|
Pre-test
dan Post-test
|
2
|
JUMLAH
|
50
|
Lampiran 5: Struktur Program Bimtek TPK/Pendamping
Kabupaten/Kota bagi Peserta Bimbingan Konseling
STRUKTUR PROGRAM BIMBINGAN
TEKNIS PENDAMPINGAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 TINGKAT SMP BAGI
TPK/PENDAMPINGKABUPATEN/KOTA
(5 HARI – 50 JAM PELATIHAN @ 45 MENIT)
No.
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
(JP)
|
1.
|
Pembukaan dan Penutupan
|
|
1.1.
Pembukaan(Kebijakan Umum Kurikulum 2013)
|
-
|
|
1.2. Penutupan
|
-
|
|
2.
|
Pelaksanaan Kurikulum
2013
|
12
|
2.1.
Manajemen Pelaksanaan Kurikulum
2013
|
2
|
|
2.2.
Refleksi Pelaksanaan Kurikulum
2013
|
2
|
|
2.3.
Pembelajaran
Saintifik, Penilaian dan RPP
|
2
|
|
2.4.Bridging
Coursedan Pengembangan KTSP
|
2
|
|
2.5. Kepramukaan dan Muatan Lokal
|
2
|
|
2.6. Bimbingan Konseling dan Penelusuran
Bakat/minat
|
2
|
|
3.
|
Pendampingan
Kurikulum 2013
|
8
|
3.1. Kebijakan, Teknik Pendampingan dan Laporan Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum
2013 di SMP pada 2014
|
2
|
|
3.2. BimbinganTeknis Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum
2013 di Kabupaten/Kotadan Sekolah (termasuk instrumen)
|
2
|
|
3.3. Penyusunan Rencana Tindak Lanjut
|
4
|
|
4.
|
Pelayanan BK dan Penelusuran Minat dalam
Kurikulum 2013
|
26
|
4.1. Praktik Membedah Buku
Panduan Pelayanan BK dan Penelusuran
Minat di SMP
|
4
|
|
4.2. Pemodelan dan Analisis Proses Pelayanan
BK
|
4
|
|
|
4.3. Praktik Menyusun Program Tahunan, Semesteran,
Bulanan, Mingguan, dan Harian BK di SMP dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013
|
6
|
4.4. Praktik Penelusuran Minat
Peserta Didik di SMP
|
4
|
|
4.5. Praktik Menyusun Instrumen Penilaian Pelayanan
BK di SMP
|
4
|
|
4.6. PraktikPelayanan BK di SMP
|
4
|
|
5.
|
Simulasi Pendampingan di Kluster dan Sekolah
|
2
|
6.
|
Pre-test
dan Post-test
|
2
|
JUMLAH
|
50
|
Lampiran 6: Lembar Kerja 1 s.d 7 bagi Peserta Mata
Pelajaran
Lembar
Kerja 1
PRAKTIK MENGANALISIS PROSES PEMBELAJARAN
(2JP)
A.
Tujuan
Peserta dapat:
1.
Mengidentifikasi
bagian-bagian pembelajaran yang merupakan tahap mengamati, menanya,
mencoba/mengumpulkan data (informasi), menganalisis/mengolah data (informasi),
mengomunikasikan (jawaban terhadap pertanyaan (kesimpulan)), dan mencipta;
2.
mengidentifikasi
pengembangan sikap dalam pembelajaran;
3.
mengidentifikasi
kelebihan proses pembelajaran yang dianalisis pada setiap tahap;
4.
mengidentifikasi
kelemahan proses pembelajaran yang dianalisis;
5.
memberi masukan
perbaikan pada proses pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian.
B.
Petunjuk
1.
Bentuk kelompok yang beranggotakan tiga sampai
empat orang.
2.
Baca LK 1, Permendikbud 68/2013, Permendikbud
81A/2013, dan Panduan Penilaian pada
Kurikulum 2013. (10 menit)
3.
Saksikan video pembelajaran yang diputar oleh
fasilitator dengan seksama hingga selesai. Selama menyaksikan video, buat
catatan-catatan sesuai dengan LK 1 mengenai langkah-langkah dan
kegiatan-kegiatan pembelajaran serta penilaian. Video HANYA akan diputar satu kali.
4.
Diskusikan catatan-catatan tersebut dalam
kelompok Anda. Lalu tulis hasil diskusi di kertas plano. (20 menit)
Kompetensi Dasar:
_______________________________________________________
________________________________________________________________________
________________________________________________________________________
No.
|
Pertanyaan
|
Jawaban/Hasil Diskusi
|
1.
|
Bagian-bagian pembelajaran mana yang
merupakan tahap
|
|
a.
mengamati?
|
|
|
b.
menanya?
|
|
|
c. mencoba/mengumpulkan
data (informasi)?
|
|
|
d. menganalisis/mengolah
data (informasi)?
|
|
|
e. mengomunikasikan
(jawaban terhadap pertanyaan (kesimpulan))?
|
|
|
f. Mencipta?
|
|
|
2.
|
a. Sikap apa yang ditumbuhkembangkan dalam pembelajaran
yang Anda saksikan?
b. Pada kegiatan apa sikap tersebut
ditumbuhkembangkan?
|
|
3.
|
Apa kelebihan proses pembelajaran yang
Anda saksikan pada setiap tahap pembelajaran dengan pendekatan saintifik?
|
|
4.
|
Apa kelemahan proses pembelajaran yang
Anda saksikan?
|
|
5.
|
Apa saranAnda agar proses pembelajaran dengan pendekatan
saintifik dan penilaian yang Anda saksikan dalam video tadi menjadi lebih
baik?
|
|
5.
Sajikan jawaban/hasil diskusi kelompok Anda
kepada kelompok mata pelajaran Anda dan diskusikan. (20 menit)
SELAMAT BEKERJA
Lembar Kerja 2
PRAKTIK BEDAH BUKU SISWA DAN BUKU GURU
(4JP)
A.
Tujuan
Peserta dapat:
1. menjelaskan isi masing-masing bagian buku siswa;
2. menunjukkan kelebihan dan kekurangan isi buku siswa;
3. menjelaskan isi masing-masing bagian buku guru;
4. menunjukkan kelebihan dan kekurangan isi buku guru;
5. merumuskan alternatif tindak lanjut perbaikan bila
isi buku siswa belum layak;
6. merumuskan alternatif tindak lanjut perbaikan apabila langkah-langkah pembelajaran dan
penilaian yang disarankan dalam buku guru kurang layak.
B.
Petunjuk
1.
Bentuk kelompok yang beranggotakan kurang lebih empat orang.
2.
Diskusikan dan jawab pertanyaan 1 - 3 berikut
ini. (20 menit)
No.
|
Pertanyaan
|
Jawaban/Hasil
Diskusi
|
a.
|
Baca Kata Pengantar pada halaman iii buku guru dan buku
siswa. Apa yang perlu dilakukan oleh guru terhadap buku-buku tersebut untuk
mengoptimalkan pencapaian kompetensi peserta didik?
|
Dalam Kurikulum 2013, Bahasa Indonesia berperan sebagai penghela
mata pelajaran lain. Oleh karena itu, Mapel Bahasa Indonesia harus berada di
depan mapel lainnya. Guru harus berperan dalam meningkatkan dan menyesuaikan
daya serap siswa dengan memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk
kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan
sosial dan alam.
|
b.
|
Baca Daftar Isi Buku Guru dan Buku Siswa. Secara umum
apa beda antara isi Buku Guru dan Buku Siswa?
|
Perbedaan yang terdapat adalah sebagai berikut.
-
Pada
buku guru berisi petunjuk umum, petunjuk khusus, penilaian, bahan pengayaan,
dan bahan remidi untuk kebutuhan KBM
-
Sementara
pada buku siswa berisi tema, subtema, dan kompetensi dasar yang harus
dikuasai siswa
|
c.
|
Baca penjelasan
awal pada Buku Guru. Tulis ringkasan isinya.
|
Petunjuk umum berisi latar belakang pembelajaran bahasa
Indonesia berbasis teks, organisasi penataan materi dan metode yang harus
digunakan dalam pembelajaran.
|
3.
Sajikan kesimpulan kelompok Anda kepada kelas dan perhatikan umpan balik dari
para peserta dan fasilitator. (15 menit)
4.
Pilih satu bab dari buku siswa dan lakukan
analisis isi buku. Setiap kelompok memilih bab yang berbeda. Tulis hasil
analisis Anda pada Tabel 1. (35 menit)
Tabel 1: Analisis Buku Siswa
Bab: 1 Cinta Lingkungan Hidup
Kompetensi
Dasar (Tulis Nomor KD)
|
Keberadaan dalam buku
|
Alternatif Tindak Lanjut Perbaikan
|
|
Hlm.
|
Permasalahan (kesesuaian dengan KD, kecukupan
isi, kedalaman isi, kebenaran isi langkah pembelajaran, dan penilaian)
|
||
3.1,
3.2, 4.1
|
3—8
|
KD 3.1 telah
tercantum dan sesuai dengan kurikulum
KD
3.2 belum tercantum secara jelas
KD
4.1 telah tercantum dan sesuai dengan
kurikulum
|
Dapat dijadikan sumber belajar dengan
penambahan dari sumber belajar lain
|
3.4,
4.1, 4.2, 4.3, dan 4.4
|
9—17
|
KD 3.4 Belum tercantum
|
Dapat dijadikan sumber belajar dengan
penambahan dari sumber belajar lain
|
KD 4.1 telah tercantum dan sesuai dengan langkah pembelajaran
|
|||
KD
4.2 telah tercantum dan sesuai dengan kurikulum
|
|||
KD 4.3 belum tercantum
|
|||
KD
4.4 telah tercantum dan sesuai dengan kurikulum
|
5.
Sajikan kesimpulan kelompok Anda kepada kelas dan
perhatikan umpan balik dari para peserta dan fasilitator. (25 menit)
6.
Pilihsatu bab pada buku guru yang bersesuaian
dengan bab pada Buku Siswa yang Anda
analisis. Analisis bab tersebut dan tulis hasil analisis Anda pada Tabel 2. (40
menit)
Tabel 2: Analisis Buku Guru
Bab :
II (Petunjuk Khusus)
Nomor KD-KD yang Dicakup: 3.1, 3.2, 3.4, 4.1, 4.2, 4.3, 4.4
Hal
yang Dianalisis
|
Tingkat
Kelayakan beserta Alasan
|
Alternatif
Tindak Lanjut Perbaikan
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Layak
karena telah sesuai kurikulum
|
Dapat
dijadikan pegangan guru
|
Tujuan pembelajaran
|
Tersirat
di dalam indikator pencapaian kompetensi
|
|
Langkah-langkah pembelajaran (pendekatan
saintifik) yang disarankan
|
-
Mengamati
-
Menalar
-
Menalar
-
Mengumpulkan
informasi
-
Mongkomunikaskan
-
Mencipta
|
|
Penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan
|
Layak
karena telah sesuai kurikulum
|
7.
Sajikan kesimpulan kelompok Anda kepada kelas dan
perhatikan umpan balik dari para peserta dan fasilitator. ( 20 menit)
8. Sempurnakan
rumusan tindak lanjut kelompok Anda dan serahkan kepada fasilitator. (10 menit)
SELAMAT BEKERJA
Lembar Kerja 3a
PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
(1 JP)
A.
Tujuan
Peserta dapat:
1.
menjelaskan
langkah-langkah umum pembelajaran dengan pendekatan saintifik;
2.
memberikan contoh
kegiatan-kegiatan pembelajaran di setiap langkah untuk masing-masing mata
pelajaran.
B. Petunjuk
1.
Bentuk kelompok yang beranggotakan kurang lebih
empat orang.
2.
Baca Permendikbud
65/2013, 58 lampiran 3/2013, dan Panduan Penguatan Proses Pembelajaran. (5
menit)
3.
Diskusikan
pertanyaan-pertanyaan berikut. (30 menit)
a. Apa
yang dimaksud dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran?
Pendekatan saintifik adalah pendekatan
ilmiah dalam pembelajaran yang meliputi mengamati, menanya, mencoba,
mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta
|
b. Mengapa
pendekatan saintifik perlu diterapkan?
Berkaitan dengan pendekatan
pembelajaran dan perkembangan kurikulum dapat dilihat bahwa proses
pembelajaran harus dipandu oleh kaidah-kaidah pendekatan ilmiah. Pendekatan
ini bercirikan penonjolan dimensi pengamatan, penemuan, penalaran, penemuan,
pengabsahan, dan penjelasan tentang suatu kebenaran. Dengan demikian proses
pembelajaran harus dilaksanakan dengan dipandu nilai-nilai, prinsip-prinsip,
atau kriteria ilmiah. Oleh karena itulah dibutuhkan pendekatan saintifik.
|
c. Tulis
langkah-langkah umum pembelajaran dengan pendekatan saintifik, tujuan masing-masing
langkah, dan contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran Anda.
LANGKAH
|
TUJUAN
|
CONTOH KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Mengamati
|
Melalui pengamatan tersebut
peserta didik bisa mendapatkan fakta bahwa ada hubungan antara objek yang
diamati dan dianalisis dengan materi
yang diberikan oleh guru
|
-
Peserta didik
membaca contoh teks hasil observasi
|
1. Menanya
2.
|
Melalui langkah menanya, guru
dapat menstrukturkan tugas-tugas siswa dan mengukur kemampuan siswa terhadap
pencapaian kompetensi terhadap suatu materi. Hal ini, sekaligus juga
bermanfaat bagi siswa dalam membangkitkan keterampilan berbicara, mengajukan
pertanyaan yang kritis, objektif, dan bernalar serta dapat member jawabaan
secara logis, sistematis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang apik dan
lancar.
|
-
Peserta didik
bertanya tentang struktur teks hasil observasi
|
3. Menalar
|
Langkah ini bertujuan agar
peserta didik terbiasa memiliki kemampuan
mengelompokkan beragam ide dan mengasosiasikan beragam peristiwa untuk
kemudian memasukannya menjadi penggalan memori.
|
-
Peserta didik
menentukan struktur teks hasil observasi
|
4. Mengumpulkan informasi
|
Langkah ini bertujuan agar
peserta didik mendapatkan informasi atau pengetahuan yang berkaitan dengan
pembelajaran dari berbagai sumber
|
-
Peserta didik
mencari dan mendapatkan contoh teks hasil observasi dari berbagai sumber
|
5. Mengomunikasikan
|
Mengomunikasikan bertujuan
agar peserta didik terbiasa atau terlatih menyampaikan informasi secara lisan
dan tulisan
|
-
Peserta didik
mempresentasikan hasil kerja kelompok
tentang menentukan struktur teks hasil observasi
|
4.
Sajikan jawaban-jawaban
kelompok Anda untuk mendapatkan masukan dari kelompok lain. (10 menit)
Lembar Kerja 3b
MERANCANG KEGIATAN PEMBELAJARAN
DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
(3JP)
A. Tujuan
Peserta dapat merancang kegiatan
pembelajaran yang menerapkan pendekatan saintifik.
B. Petunjuk
1.
Bentuk kelompok yang beranggotakan kuranglebih
empat orang.
2.
Rancang kegiatan pembelajaran untuk materi pada
sub-bab dari bab dalam Buku Siswa dan Buku Guru yang telah dianalisis pada LK 2
dengan menerapkan pendekatan saintifik.Tulis secara rinci rancangan
pembelajarannya pada kolom yang tersedia. (45 menit)
BAB :
|
I Cinta Lingkungan
|
|
SUB-BAB :
|
Pemodelan Teks Laporan Observasi
|
|
TAHAPPEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
|
|
Mengamati
|
þ Memahami keadaan alam melalui
sajian gambar
þ Membaca teks hasil observasi
dengan cermat dan menjawab pertanyaan
|
|
Menanya
|
þ mempertanyakan tentang teks hasil
observasi (struktur dan ciri-ciri bahasa )
|
|
Mencoba/
mengumpulkan data (informasi)
|
þ Mendiskusikan struktur isi teks hasil observasi
þ Mendiskusikan ciri bahasa teks hasil observasi
|
|
Mengasosiasikan/
mengolah data (informasi)
|
þ Menemukan contoh teks hasil
observasi dengan pemahaman
|
|
Mengomunikasikan
|
þ Mempresentasikan hasil diskusi
tentang struktur dan fitur bahasa teks observasi dengan penuh percaya diri
þ Menanggapi hasil presentasi secara
santun
þ Menjawab/mengajukan pertanyaan isi
teks hasil observasi (pertanyaan
literal, inferensial, integratif, dan kritis)Saling menilai kebenaran
jawaban teman
|
|
(Dapat dilanjutkan) Mencipta
|
þ Menyusun teks laporan hasil
observasi secara mandiri
|
|
3.
Presentasikan rancangan kegiatan pembelajaran
kelompok Anda. (40 menit)
4.
Sempurnakan rancangan langkah-langkah
pembelajaran yang telah Anda buat dengan memperhatikan masukan kelompok lain.
(15 menit)
Lembar
Kerja 3c
PERANCANGAN
PENILAIAN
(2 JP)
A. Tujuan
Peserta
dapat merancang penilaian kompetensi sikap,
pengetahuan dan keterampilan pembelajaran bab tertentu pada Buku Siswa.
B.
Petunjuk
1.
Bentuk kelompok yang beranggotakan kuranglebih
empat orang.
2.
Pilih bab yang sama
dengan bab yang Anda telah rancang kegiatan-kegiatan pembelajarannya ketika
menyelesaikan LK 3b.
3.
Tulis kompetensi dasar
yang dibelajarkan sesuai dengan bab yang Anda pilih.
4. Rancang
penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan untuk bab tersebut.
Rumuskan indikator pencapaian kompetensi secukupnya dan tetapkan teknik-teknik
penilaian yang sesuai.
Kompetensi Dasar (Tulis KD-KD dari keempat KI)
|
:
|
KI
1 : Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
KI
2 : Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI
3 : Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori.
|
Bab
|
:
|
I (Cinta Lingkungan Hidup)
|
a.
Sikap
yang akan dinilai: menghayati dan mengamalkan nilai2 agama yg dianut
b. Instrumen Penilaian Kompetensi Sikap(Pilih
minimal 1 yang paling cocok dengan mencentang)
Pilihan 1: Observasi (V)
Pilihan 2: Penilaian Diri (V)
Pilihan 3: Antar Siswa (V)
|
Indikator:
|
Instrumen
Penilaian Kompetensi Pengetahuan(Pilih minimal 1 yang
paling cocok dengan mencentang)
Pilihan 1: Tes Tertulis
Pilihan 2: Tes Lisan
Pilihan 3: Penugasan
|
Indikator:
|
c.
Instrumen
Penilaian Kompetensi Keterampilan (Pilih minimal 1 yang
paling cocok dengan mencentang)
Pilihan 1: Praktik (V)
Pilihan 2: Projek
Pilihan 3: Produk
Pilihan 4: Portofolio
|
Indikator:
|
SELAMAT BEKERJA
Lembar
Kerja 4
MENYUSUN
DAN MENELAAH RPP
(10
JP)
A.
Tujuan
Peserta dapat menyusun RPP berdasarkan ketentuan
Kurikulum 2013.
B.
Petunjuk
1. Bentuk kelompok yang
beranggotakan lebih kurang empat orang.
2. Susun RPP untuk KD-KD
yang telah dikembangkan rancangan kegiatan pembelajaran dan penilaiannya pada
LK 3b dan 3c sesuai dengan ketentuan penyusunan RPP. (300 menit)
3. Telaah RPP kelompok kelompok lain dengan menggunakan
instrumen yang disediakan. (60 menit)
4. Presentasikan hasil
telaah kelompok Anda. (50 menit)
5. Sempurnakan RPP kelompok
Anda dan serahkan kepada fasilitator. (25 menit)
Lembar Kerja 5
PRAKTIK MENGISILAPORAN HASIL PENCAPAIAN
KOMPETENSIPESERTA DIDIK
(4 JP)
A. Tujuan
Peserta
dapat:
6.
menjelaskan format buku
laporan hasil pencapaian kompetensi peserta didik;
7.
mengolah nilai sikap,
pengetahuan, dan keterampilan;
8.
menulisnilai
(predikat)dan deskripsi sikap, pengetahuan, dan keterampilan dalam buku laporan
hasil pencapaian kompetensi peserta didik.
B. Petunjuk:
1. Bentuk
kelompok yang beranggotakan kurang lebih empat orang.
2. Baca
Panduan Penilaian dan Model Laporan Hasil Pencapaian Kompetensi Peserta Didik.
(30 menit)
3. Diskusikan pertanyaan/tugas berikut ini. (80 menit)
No.
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
a.
|
Bagaimana format buku laporan hasil pencapaian peserta didik menurut
Model Penilaian PencapaianKompetensiPesertaDidik
SMP dari Direktorat PSMP tahun 2014?
|
|
b.
|
Bagaimana penulisan nilai peserta didik untuk kompetensi sikap,
pengetahuan, dan keterampilan dalam laporan hasil pencapaian kompetensi
pesertadidik?
|
|
c.
|
Menurut Permendikbud 81A/2013, bagaimana melaporkan hasil kegiatan
ekstrakurikuler dalam buku rapor?
|
|
d.
|
Bagaimana penghitungan nilai akhir kompetensi pengetahuan? Beri
contoh.
|
|
e.
|
Bagaimana penghitungan nilai akhir kompetensi keterampilan? Beri
contoh.
|
|
f.
|
Bagaimana pengolahan nilai akhir kompetensi sikap dalam mata
pelajaran? Beri contoh.
|
|
g.
|
Bagaimana pengolahan nilai akhir kompetensi sikap antarmata
pelajaran? Beri contoh.
|
|
h.
|
Bagaimana penulisan deskripsi nilai kompetensi pengetahuan? Beri
contoh.
|
|
i.
|
Bagaimana penulisan deskripsi nilai kompetensi keterampilan? Beri
contoh.
|
|
j.
|
Bagaimana penulisan deskripsi nilai kompetensi sikap? Beri contoh.
|
|
k.
|
Beri contoh kasus nilai (pencapaian kompetensi) peserta didik yang
naik kelas dan tidak naik kelas.
|
|
l.
|
Apa yang perlu dilakukan apabila seorang peserta didik tidak
mencapai KKM pada mata pelajaran tertentu setelah ulangan akhir semester?
|
|
4. Sajikan
jawaban-jawaban kelompok Anda kepada kelas untuk mendapatkan masukan. (60 menit)
5. Sempurnakan
jawaban-jawaban kelompok Anda berdasarkan masukan yang Anda peroleh lalu
serahkan kepada fasilitator. (10 menit)
SELAMAT BEKERJA
Lembar
Kerja 6
SIMULASI PEMBELAJARAN (PEER TEACHING)
(6 JP)
A.
Tujuan
Peserta dapat
menyimulasikan pembelajaran berdasarkan RPP yang telah dikembangkan.
B. Petunjuk
1. Secara bergantian lakukan
pembelajaran berdasarkan RPP yang telah disempurnakan. Waktu penyajian setiap
kelompok 40 menit. Selama kelompok tertentu menyajikan pembelajaran, satu orang
dari tiap kelompok lainnya berperan sebagai pendamping, dan peserta lain
berperan sebagai peserta didik.
2. Dengan menggunakan
instrumen pendampingan (instrumen terlampir), pendamping:
a.
mengamati
proses pembelajarandengan menggunakan instrumen pendampingan pelaksanaan
pembelajaran (untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan-kegiatan
pembelajaran pada setiap tahap (mengamati, merumuskan pertanyaan,
mencoba/mengumpulkan data (informasi), mengolah/menganalisis data (informasi),
mengomunikasikan kesimpulan (jawaban terhadap pertanyaan), dan mencipta guna
memberi masukan untuk penyempurnaan;
b. mengidentifikasi
kelebihan dan kekurangan guna memberi masukan untuk penyempurnaan dengan
membuat catatan dan saran.
3.
Lakukan
refleksi antara pendamping dan kelompok penyaji pembelajaran dengan menerapkan prinsip-prinsip
pendampingan.
4. Lakukan refleksi bersama
setelah semua kelompok memodelkan dan memberi pendampingan pembelajaran dan
penilaian untuk memperoleh masukan umum terhadap praktik pembelajaran.
SELAMAT
BEKERJA
Lampiran 7: Lembar Kerja 1 s.d 7 Bagi Peserta Bimbingan Konseling
Lembar Kerja 1
Lampiran
8:
AKTIVITAS PENDAMPINGAN
DIINDUK
KLASTER (SEKOLAH INTI)
(IN) UNTUK GURU MAPEL
No.
|
Materi
|
Kegiatan Pendampingan
|
Tujuan
|
Referensi
|
1.
|
Mereview dan merevisi
RPP
|
Membedah KI-KD dan
silabus (melalui kerja dalam kelompok kecil dan paparan (konfirmasi) narasumber)
|
Mengidentifikasi
kompetensi (materi) dan hubungan antar kompetensi (materi) pada masing-masing
mata pelajaran
|
LK, KI-KD (Permendikbud
Nomor 68 tahun 2013), silabus mata
pelajaran
|
Memahami Proses
Pembelajaran (Pendekatan SaIndukfik) (melalui kerja dalam kelompok kecil dan
paparan (konfirmasi) narasumber)
|
Menjelaskan
langkah-langkah umum pembelajaran dengan pendekatan saIndukfik dan memberikan
contoh kegiatan-kegiatan pembelajaran di setiap langkah untuk masing-masing
mata pelajaran
|
LK, Standar Proses
Pembelajaran (Permendikbud Nomor 65
tahun 2013; Permendikbud Nomor 81A
tahun 2013), bahan presentasi narasumber tentang proses pembelajaran
|
||
Memahami Standar
Penilaian (melalui kerja dalam kelompok kecil dan paparan (konfirmasi)
narasumber)
|
Menjelaskan
teknik-teknik dan bentuk instrumen penilaian kompetensi sikap, pengetahuan,
dan keterampilan; memberi contoh butir instrumen kompetensi sikap,
pengetahuan, dan keterampilan; mengolah nilai; mengisi rapor
|
LK, Standar Penilaian
(Permendikbud Nomor 66 tahun 2013;
Permendikbud Nomor 81A tahun
2013) , bahan presentasi narasumber tentang penilaian
|
||
Memahami isi buku siswa
dan buku guru (melalui kerja dalam kelompok kecil dan paparan (konfirmasi)
narasumber)
|
Menunjukkan KD-KD yang
disajikan pada masing-masing bab pada buku siswa; mengidentifikasi kegiatan
pembelajaran yang disarankan pada buku guru;
merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran yang relevan berdasarkan
materi dan kegiatan pembelajaran pada buku guru dan buku siswa;
mengidentifikasi tambahan materi dan kegiatan pembelajaran yang diperlukan
|
LK, buku siswa dan buku
guru sesuai mata pelajaran masing-masing
|
||
Memahami format RPP
(melalui kerja dalam kelompok kecil dan paparan (konfirmasi) narasumber)
|
Mengidentifikasi
komponen-komponen RPP, menyusun komponen-komponen, dan mengisi masing-masing
komponen RPP dengan rumusan yang layak
|
LK, Permendikbud Nomor 65 tahun 2013; Permendikbud Nomor 81A tahun 2013, bahan presentasi narasumber
tentang penyusunan RPP
|
||
Menyusun RPP (melalui
kerja dalam kelompok kecil dan paparan (konfirmasi) narasumber)
|
Menghasilkan 1 (satu)
RPP yang layak berdasarkan ketentuan Kurikulum 2013
|
LK, KD-KD, silabus,
buku ajar, buku guru, standar proses, standar penilaian, sumber lainnya yang
relevan.
|
||
2.
|
Menyusun instrumen
penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan
|
Menyusun instrumen
penilaian (melalui kerja dalam kelompok kecil dan paparan (konfirmasi)
narasumber)
|
Menghasilkan 1 (satu)
model instrumen dan rubrik penilaian untuk masing-masing teknik penilaian
sikap, pengetahuan, dan keterampilan
|
LK, RPP
|
3.
|
Pemodelan/ simulasi
Pembelajaran
|
Kelompok-kelompok kecil
satu-satu menyajikan rancangan pembelajaran dan penilaian yang telah disusun
melalui simulasi pembelajaran
|
Memodelkan pembelajaran
dan penilaian
|
|
Lampiran 9:
AKTIVITAS PENDAMPINGAN
DIINDUK
KLASTER (SEKOLAH INTI)
(IN)
DAN SEKOLAH SASARAN (ON) UNTUK GURU BIMBINGAN KONSELING/KONSELOR
A. Tahap IN
KE-1dilakukan selama satu hari di Induk Kluster (Sekolah
Inti) SMP
Tujuan
: Guru BK atau Konselor sasaran dapat memahami:
- Isi
Buku Panduan BK dan Pedoman Penelusuran Minat Peserta Didik SMP
- Proses
pelayanan bimbingan dan konseling dalam kaidah-kaidah pembelajaran dalam
Kurikulum 2013.
- Format
assesmen kebutuhan dan permasalahan peserta didik, tuntutan lingkungan,harapan
sekolah, harapan orang tua, harapan guru, sebagai dasar penyusunan program
bimbingan dan konseling di SMP.
- Cara
menyusun program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan dan rencana pelaksanaan layanan/ kegiatan pendukung
(RPL/RKP).
Kegiatan
:
- Mengkaji
Buku Panduan BK dan Pedoman Penelusuran
Minat Peserta Didik di SMP
- Mengkaji
tayangan video layanan klasikal dan non klasikal (konseling perorangan dan
bimbingan kelompok), serta
merancang penampilan layanan nyata
kepada peserta didik sesuai dengan kaidah-kaidah pembelajaran dalam
implementasi kurikulum 2013.
3. Mengkaji berbagai format assesmen kebutuhan, permasalahan peserta didik, tuntutan lingkungan, harapan
sekolah, harapan orang tua, harapan guru, sebagai dasar penyusunan program
bimbingan dan konseling di SMP.
- Mengkaji
program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan dan penyusunan rencana pelaksanaan
layanan/kegiatan pendukung (RPL/RPK)
yang telah disusun sebelumnya, serta pengembangan RPL/RPK yang akan
dilaksanakan.
Materi
1.
Buku Panduan BK dan Pedoman Penelusuran
Minat Peserta Didik SMP.
2.
Tayangan video layanan klasikal.
3.
Berbagai format assesmen, permasalahan peserta
didik, tuntutan lingkungan, harapan sekolah, harapan orang tua, harapan guru,
sebagai dasar penyusunan program bimbingan dan konseling.
4.
Program tahunan, semesteran, bulanan, mingguan,
dan rencana pelaksanaan layanan/kegiatan pendukung (RPL/RPK) yang telah disusun
sebelumnya.
B. Tahap ON
KE-1dilakukan di Sekolah Sasaran selama 1 hari (8 jam)
Tujuan : Guru BK atau
Konselor sasaran dapat:
- Menelaah
dan menyempurnakan program tahunan, program semesteran, program bulanan,
program mingguan, RPL/RPK yang telah disusun oleh masing-masing Guru BK
atau Konselor sesuai dengan karakteristik sekolah masing-masing.
- Menganalisis
hasil pengalaman layanan bimbingan klasikal.
Kegiatan:
1. Diskusi dan revisi program tahunan, semesteran, program bulanan,
mingguan dan RPL yang telah disusun masing-masing guru BK atau konselor sebagai
hasil kajian kegiatan In 1 sesuai dengan karakteristik sekolah
masing-masing.
2. Guru BK atau konselor bersama-sama dengan
pendamping melakukan kajian pembelajaran(lesson
study) terhadap layanan bimbingan klasikal yang dilakukan guru BK atau konselor.
Materi :
1. Program tahunan, program
semesteran, program bulanan, program mingguan dan program harian BK
2. Buku Panduan BK SMP
C. Tahap IN KE-2dilakukan
selama satu hari di Induk Klaster (Sekolah Inti)
Tujuan : Guru BK atau
Konselor sasaran dapat:
- Memahami
proses layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok
- Mempraktikan
layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok
- Menganalisis
hasil praktik layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok.
Kegiatan :
1. Mengkaji tayangan video layanan konseling
perorangan dan atau konseling kelompok
untuk menemukan kekuatan dan kelemahan layanan yang diberikan guru BK atau
konselor dalam video.
2. Masing-masing guru BK atau konselor secara
bergantian melakukan praktik layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok.
3.
Masing-masing guru BK atau konselor
secara bergantian memberikan umpan balik (feed
back) atas praktik layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok yang dilakukan oleh guru BK
atau konselor lain.
Materi
:
1.
Video
layanan konseling perorangan dan konseling kelompok
2.
Buku
Panduan BK SMP
D. Tahap ON
KE-2dilakukan di sekolah sasaran selama satu hari
( 8 jam)
Tujuan : Guru BK atau Konselor sasaran dapat:
- Mempraktikan
layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok.
- Menganalisis
hasil praktik layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok.
- Membuat
laporan kegiatan layanan konseling perorangan dan atau konseling kelompok.
Kegiatan :
1. Praktik konseling individual danatau konseling
kelompok dan selanjutnya bersama-sama dengan pendamping melakukan lesson study terhadap proses dan hasil
praktik layanan konseling individual dan/atau
konseling kelompok yang telah
dilakukan guru BK atau konselor.
2. Guru BK atau konselor dengan pendamping
melakukan evaluasi terhadap proses dan hasil layanan konseling individual
dan/atau konseling kelompok yang telah dilaksanakan, kemudian guru BK atau
konselor merumuskan tindak lanjut hasil evaluasi.
3. Guru BK atau konselor dengan pendamping membuat
laporan pelayanan konseling individual
dan/atau konseling kelompok.
Materi:
1.
RPL
Bimbingan dan Konseling
2.
Instrumen
Evaluasi proses dan hasil pelayanan BK
3.
Buku
Panduan BK SMP
E. TahapIN KE-3dilakukan
selama satu hari di Induk Klaster ( Sekolah Inti)
Tujuan : Guru BK atau
Konselor sasaran dapat :
- Merefleksikan
(melalui BMB3: berpikir, merasa, bersikap,bertindak dan bertanggungjawab)
berkenaan dengan kegiatanIN dan
ON yang telah dilakukan
- Membahas
kasus dalam layanan konseling individual dan konseling kelompok.
- Membuat
rencana tindak lanjut dalam kegiatan MGBK
Kegiatan:
1.
Refleksi
(BMB3) kegiatan pendampingan baik IN
maupun ON yang telah dilakukan di
kluster.
2.
Konferensi
kasus tentang pelayanan konseling peroranganl dan/atau konseling kelompok yang
telah dilakukan oleh masing-masing guru BK atau konselor.
3.
Penyusunan
rencana tindak lanjut.
Materi :
1.
Hasil
kegiatan IN dan ON pelayanan BK di SMP
2.
Buku
Petunjuk Teknis Pendampingan pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP tahun 2014.
3.
Buku
Panduan Bimbingan dan Konseling di SMP.
Lampiran
10: Format Laporan Pelaksanaan Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013
LAPORAN HASIL PENDAMPINGAN
PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 JENJANG SMP
KAB./KOTA ………………………. PROVINSI ………………………..
Tanggal ….. s.d. …..
Halaman Judul/Cover
Lembar Pengesahan (ditandatangani oleh para petugas
Pendampingan)
Daftar isi
Bab I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Landasan Hukum Disalin
dari Juknis Pendampingan
C. Tujuan
D. Hasil yang Diharapkan
Bab II PELAKSANAAN PENDAMPINGAN
A.
Persiapan
B.
Pelaksanaan
C.
Hasil Pendampingan
D.
Dukungan dan Hambatan
Bab III PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran-saran
1.
Semua
Instrumen Pendampingan (yang sudah diisi lengkap, ditandatangani petugas
pendamping)
2.
Nama
Peserta Pendampingan (Guru/Petugas Pendamping dan Guru Sasaran)
3.
Soft file Biodata Guru/Petugas
Pendampingan dan Guru Sasaran
4.
Daftar
Hadir Guru/Petugas Pendamping dan Guru Sasaran (5 hari)
5.
Soft file RPP yang dibuat Guru Sasaran (sebelum dan sesudah pendampingan)
6.
Rekaman
Dokumen Lainnya (seperti jurnal, bahan ajar, dll.)
7.
Soft fileDokumentasi
Photo Kegiatan Pendampingan
Lampiran 11:
DISTRIBUSI
PESERTA BIMTEK PENDAMPINGAN, INDUK KLASTER (SEKOLAH INTI) DAN SEKOLAH SASARAN
|
|||||||||
No.
|
Provinsi
|
Jumlah
Kab./Kota
|
Jumlah
Cluster/ Sekolah Inti
|
Jumlah
Sekolah Imbas
|
Total
Sekolah
|
Jumlah
Tim TPK Kab/Kota
|
Guru
Mata Pelajaran
|
Jumlah
Peserta Bimtek TPK
|
Jumlah
Guru Imbas
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
1.
|
Aceh
|
23
|
199
|
795
|
994
|
45
|
10
|
450
|
9.940
|
2.
|
Bali
|
9
|
81
|
320
|
401
|
27
|
10
|
270
|
4.010
|
3.
|
Banten
|
8
|
263
|
1.051
|
1.314
|
20
|
10
|
200
|
13.140
|
4.
|
Bengkulu
|
10
|
82
|
324
|
406
|
25
|
10
|
250
|
4.060
|
5.
|
D.I Yogyakarta
|
5
|
88
|
350
|
438
|
13
|
10
|
130
|
4.380
|
6.
|
DKI Jakarta
|
6
|
217
|
866
|
1.083
|
19
|
10
|
190
|
10.830
|
7.
|
Gorontalo
|
6
|
65
|
256
|
321
|
16
|
10
|
160
|
3.210
|
8.
|
Jambi
|
11
|
126
|
501
|
627
|
25
|
10
|
250
|
6.270
|
9.
|
Jawa Barat
|
27
|
929
|
3.713
|
4.642
|
61
|
10
|
610
|
46.420
|
10.
|
Jawa Tengah
|
35
|
671
|
2.684
|
3.355
|
69
|
10
|
690
|
33.550
|
11.
|
Jawa Timur
|
38
|
885
|
3.539
|
4.424
|
82
|
10
|
820
|
44.240
|
12.
|
Kalimantan Barat
|
14
|
235
|
936
|
1.171
|
31
|
10
|
310
|
11.710
|
13.
|
Kalimantan Selatan
|
13
|
121
|
481
|
602
|
32
|
10
|
320
|
6.020
|
14.
|
Kalimantan Tengah
|
14
|
147
|
587
|
734
|
28
|
10
|
280
|
7.340
|
15.
|
Kalimantan Timur
|
15
|
141
|
559
|
700
|
28
|
10
|
280
|
7.000
|
16.
|
Kep. Bangka Belitung
|
7
|
39
|
152
|
191
|
16
|
10
|
160
|
1.910
|
17.
|
Kepulauan Riau
|
7
|
59
|
232
|
291
|
16
|
10
|
160
|
2.910
|
18.
|
Lampung
|
15
|
259
|
1.032
|
1.291
|
32
|
10
|
320
|
12.910
|
19.
|
Maluku
|
11
|
115
|
458
|
573
|
33
|
10
|
330
|
5.730
|
20.
|
Maluku Utara
|
10
|
82
|
325
|
407
|
25
|
10
|
250
|
4.070
|
21.
|
Nusa Tenggara Barat
|
10
|
172
|
687
|
859
|
27
|
10
|
270
|
8.590
|
22.
|
Nusa Tenggara Timur
|
22
|
286
|
1.141
|
1.427
|
61
|
10
|
610
|
14.270
|
23.
|
Papua
|
28
|
111
|
442
|
553
|
44
|
10
|
440
|
5.530
|
24.
|
Papua Barat
|
13
|
50
|
197
|
247
|
20
|
10
|
200
|
2.470
|
25.
|
Riau
|
12
|
203
|
810
|
1.013
|
24
|
10
|
240
|
10.130
|
26.
|
Sulawesi Barat
|
6
|
65
|
258
|
323
|
15
|
10
|
150
|
3.230
|
27.
|
Sulawesi Selatan
|
24
|
323
|
1.289
|
1.612
|
55
|
10
|
550
|
16.120
|
28.
|
Sulawesi Tengah
|
12
|
162
|
645
|
807
|
30
|
10
|
300
|
8.070
|
29.
|
Sulawesi Tenggara
|
14
|
139
|
552
|
691
|
39
|
10
|
390
|
6.910
|
30.
|
Sulawesi Utara
|
15
|
137
|
548
|
685
|
35
|
10
|
350
|
6.850
|
31.
|
Sumatera Barat
|
19
|
151
|
603
|
754
|
36
|
10
|
360
|
7.540
|
32.
|
Sumatera Selatan
|
17
|
246
|
980
|
1.226
|
39
|
10
|
390
|
12.260
|
33.
|
Sumatera Utara
|
33
|
481
|
1.922
|
2.403
|
66
|
10
|
660
|
24.030
|
|
TOTAL
|
7.120
|
29.235
|
36,565
|
1,134
|
-
|
11,340
|
365,650
|
Lampiran 12:
Contoh Format : Laporan Penggunaan Dana
Block
Grant Pendampingan Pelaksanaan Kurikulum 2013
A.
Rekap
Pengeluaran
No.
|
Jenis
Pengeluaran
|
Jumlah
dana ( RP )
|
Keterangan
|
|
|
|
|
1
|
Pembelian Barang/Konsumsi
|
|
|
2
|
Honor Narasumber
|
|
|
3
|
Transport
|
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL
|
|
|
B.
Rincian
Pengeluaran
1. Rincian Pembelian Barang/Konsumsi/Penggandaan
Bahan
No.
|
Barang/Konsumsi
yang dibeli
|
Tanggal/
bulan
|
Nama
Toko/ Penyedia Jasa
|
Jumlah
dana
(
RP )
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Rincian Penerima Honor Narasumber
No.
|
Nama
Penerima
|
Instansi
|
Tanggal/
bulan
|
Jumlah
dana
(
RP )
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Rincian Pengeluaran Transport
No.
|
Nama
Penerima
|
Instansi
|
Tanggal/
bulan
|
Jumlah
dana
(
RP )
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
…,
…. 2014
Kepala
Sekolah Induk Klaster
………………………………………..
NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar